Pahami Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Sangat Membantu

Jika kamu adalah orang yang rajin berolahraga, maka kamu harus mengetahui manfaat pendinginan setelah olahraga. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mereka dapat melewati pendinginan. Namun sebenarnya, pendinginan adalah bagian penting dari olahraga.

Lantas, apa saja sih manfaat dari pendinginan yang kita lakukan setelah selesai berolahraga? Yuk simak manfaat dari pendinginan setelah olahraga di bawah ini!

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Pendinginan tidak memakan waktu yang terlalu lama, mungkin hanya akan memakan waktu selama 3-10 menit untuk peregangan dan variasi gerakan yang biasanya dilakukan selama olahraga.

Kamu mungkin tergoda untuk melewatkan pendinginan setelah olahraga, tetapi ada beberapa alasan mengapa melakukan pendinginan itu penting. Berikut ini adalah tujuh manfaat dari pendinginan yang kamu lakukan setelah berolahraga:

1. Mengatur Detak Jantung

Berolahraga dapat menyebabkan detak jantung kamu meningkat dan setelah berolahraga, jantung kamu akan berdetak lebih cepat dari biasanya dan kamu perlu membawanya ke tingkat normal. Berhenti berolahraga secara tiba-tiba dan cepat tanpa memperlambat detak jantung kamu secara bertahap dapat menyebabkan pusing.

Melakukan pendinginan dapat mengatur detak jantung kamu kembali ke kondisi normal. Maka dari itu, kamu wajib melakukan pendinginan setelah berolahraga. Sebagai contoh, jika kamu melakukan lari, kamu bisa melakukan pendinginan dengan berjalan kaki sebelum menyelesaikan lari yang kamu lakukan.

Baca Juga: Physical Endurance Adalah Hal yang Wajib kamu Perhatikan

2. Mempermudah Pernafasan

Ketika detak jantung kamu meningkat karena olahraga, pernapasan kamu juga akan menjadi lebih dalam dan berat. Ini adalah tanda bahwa kamu telah bekerja keras dan membakar banyak kalori karena berolahraga. Pendinginan memungkinkan ritme pernafasan kamu secara bertahap kembali ke ritme yang sama seperti sebelum kamu memulai olahraga.

3. Mengurangi Penumpukan Asam Laktat

Setelah olahraga yang intens, asam laktat di dalam tubuh kita akan menumpuk. Hal tersebut dapat menyebabkan keram dan kekakuan otot. Jika kamu melakukan pendinginan setelah berolahraga, itu dapat membantu mempercepat proses pelepasan asam laktat dalam tubuh kita dan membuat tubuh kita dapat pulih lebih cepat.

4. Mencegah Cedera

Seperti pemanasan sebelum olahraga, pendinginan setelah olahraga juga dapat membantu mencegah cedera seperti keseleo atau otot robek. Jika kamu melewatkan pendinginan setelah berolahraga, hal tersebut tidak hanya akan memperlambat pemulihan otot, tetapi juga dapat mengurangi manfaat yang diperoleh dari olahraga yang kamu lakukan.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi Badan Sakit Semua Setelah Olahraga

5. Pemulihan Tubuh

Tubuh kita mengalami beberapa perubahan selama berolahraga seperti peningkatan adrenalin, peningkatan suhu, dan ritme pernapasan yang semakin cepat. Melakukan pendinginan setelah berolahraga dapat membantu memulihkan tubuh kamu ke kondisi yang normal.

6. Menghilangkan Stres

Berolahraga tidak hanya baik untuk tubuh, namun juga baik untuk jiwa dan pikiran. Ketika tubuh kamu melakukan pendinginan setelah berolahraga, kamu mulai memasuki suasana relaksasi yang membuat otak mulai melepaskan dopamin dan serotonin; dua hormon yang bertanggung jawab untuk membuat kita merasa baik dan tidak terlalu stres.

7. Meningkatkan Relaksasi

Salah satu manfaat terpenting dari olahraga adalah meningkatkan kepercayaan diri. Pendinginan yang kamu lakukan setelah olahraga adalah kesempatan besar untuk merenungkan apa yang kamu capai selama berolahraga serta dapat memberi semacam penghargaan pada diri sendiri atas kerja keras yang dilakukan selama berolahraga. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa relaksasi dan well-being, serta dapat meningkatkan motivasi.

Bagaimana Cara Melakukan Pendinginan?

Cara kamu melakukan pendinginan sering kali bergantung pada jenis olahraga yang kamu lakukan. Kebanyakan pendinginan biasanya berlangsung selama 3-10 menit dan mencakup gerakan yang lebih lambat dan lembut serta latihan peregangan.

Misalnya, untuk mendinginkan tubuh setelah jogging, Kamu dapat melakukan jalan cepat selama 2-3 menit, kemudian secara bertahap mengurangi kecepatan hingga menjadi jalan biasa saja. Lalu pada akhirnya, kamu bisa melakukan peregangan berdiri untuk meningkatkan jangkauan gerak pada otot kaki yang baru saja digunakan untuk berolahraga.

Kamu juga dapat melakukan pendinginan dengan peregangan duduk untuk meningkatkan fleksibilitas di seluruh tubuh serta meningkatkan relaksasi dan mempercepat pemulihan otot yang telah digunakan.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Sepeda Untuk Kamu

Jika olahraga yang kamu lakukan mencakup lebih banyak latihan kekuatan, pendinginan yang perlu kamu lakukan mungkin mencakup peregangan tubuh total untuk meningkatkan rentang gerak pada persendian yang baru saja digunakan untuk berolahraga.

Kamu harus sangat berhati-hati ketika meregangkan sendi yang baru saja digunakan untuk berolahraga. Jadi, jika kamu melakukan latihan penguatan biseps dan trisep, pendinginan yang perlu kamu lakukan salah satunya termasuk peregangan biseps dan trisep.

Memasukkan latihan relaksasi ke dalam pendinginan yang kamu lakukan juga dapat membantu. Kamu dapat melakukan beberapa menit pernapasan dalam atau savasana gaya yoga. Lakukan latihan relaksasi ini, bersama dengan gerakan lembut dan peregangan, maka hal tersebut akan membantu tubuh agar pulih lebih cepat dan kembali ke dalam kondisi normal.

Jika kamu ingin melakukan olahraga menggunakan alat-alat yang lebih baik, kamu dapat mengunjungi Gym atau Studio dari STRONGBEE di area Jakarta dan Tangerang. Selain itu, STRONGBEE juga menyediakan Private Trainer yang dapat membantu kamu secara individu, termasuk cara melakukan pendinginan yang benar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai STRONGBEE, kamu dapat klik di sini. Semoga penjelasan mengenai manfaat pendinginan setelah olahraga serta bagaimana cara melakukan pendinginan pada artikel ini dapat membantu kamu berolahraga dengan benar, ya!

Sumber:

https://www.verywellfit.com/what-is-a-cool-down-3495457

https://www.egypttoday.com/Article/6/100983/5-Reasons-Why-You-Need-to-Cool-Down-after-a

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.