5 Manfaat Olahraga Sepeda Untuk Kamu

Selain digunakan sebagai alat transportasi, sepeda juga merupakan salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran pada tubuh yang bisa kamu coba. Kegiatan bersepeda menjadi salah satu bentuk olahraga yang sangat digemari berbagai macam kalangan. Pria, wanita, tua, muda, dan anak-anak menggemari kegiatan yang satu ini. Selain menyenangkan, bersepeda juga bisa memberikan banyak hal baik untuk kamu. Mari kenali berbagai macam manfaat olahraga sepeda untuk tubuh kamu dengan berbagai macam informasi yang ada di bawah ini.

Manfaat Olahraga Sepeda

Bersepeda merupakan sebuah bentuk latihan aerobik yang low-impact yang bisa disesuaikan intensitasnya, sehingga cocok untuk semua tingkatan. Bisa dijadikan sebagai cara untuk transportasi, kegiatan santai, atau bersepeda dengan kompetitif. Kegiatan mengayuh sepeda yang bisa membuat tetap aktif ini akan dapat membantu membentuk gaya hidup sehat, baik secara fisik maupun mental.

Selain hal di atas, masih ada banyak lagi manfaat baik yang akan dirasakan jika kamu mulai bersepeda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Menjaga Berat Badan

Bersepeda secara rutin, akan sangat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh, yang mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Plus, kamu juga akan bisa meningkatkan metabolisme serta membangun otot, sekaligus membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. Penelitian menyarankan kamu untuk membakar setidaknya 8.400 kilojoule (sekitar 2.000 kalori) seminggu melalui olahraga. Bersepeda secara stabil akan bisa membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam. Jika kamu bersepeda dua kali sehari, jumlah kalori yang terbakar juga akan bertambah. Inilah mengapa bersepeda saat ini menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

2. Kekuatan Kaki

Tubuh bagian bawah menjadi salah satu anggota tubuh yang akan bekerja dengan keras ketika kita bersepeda. Hal ini tentu akan bisa memperkuat otot-otot kaki, paha depan, glutes, paha belakang, dan betis kamu. Jika kamu ingin kaki yang lebih kuat, cobalah untuk menambah menu latihan seperti squat, leg press, dan lunges, beberapa kali seminggu untuk lebih meningkatkan performa bersepeda kamu juga.

3. Latihan Otot Inti

Selain memperkuat otot bagian bawah tubuh, bersepeda juga melatih otot inti kamu, seperti otot pada bagian punggung dan perut. Mempertahankan tubuh agar bisa tegak dan menjaga sepeda pada posisinya membutuhkan sejumlah kekuatan inti. Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang kamu, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

Baca Juga: Latihan Membentuk Otot Dada dengan Barbel yang Aman

4. Merefreshkan Pikiran dan Menjaga Kesehatan Mental

Bersepeda menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat kamu bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini. Hal ini sangat bagus dalam membantu kamu mengalihkan fokus dari hal yang memengaruhi mental kamu sehari-hari. Jika kamu merasa lesu, cobalah bersepeda setidaknya selama 10 menit. Kegiatan berolahraga melepaskan endorfin, yang membantu kamu merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres.

Bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang bisa menyatukan kita dengan orang lain. Kegiatan bersepeda pada dasarnya akan berputar di sekitar budaya klub sepeda, nantinya akan memunculkan budaya klub sepeda Sabtu atau Minggu. Melakukan olahraga bersama teman, sambil mengobrol, lalu diselingi istirahat di kafe tentu akan bisa membantu dalam menjernihkan kembali pikiran kita. Bergabung dengan klub atau grup bersepeda adalah cara terbaik untuk mengembangkan lingkaran sosial kamu. Akan ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan melalui kegiatan olahraga yang menyenangkan ini.

5. Bersepeda Bisa Membantu Melawan Beberapa Kondisi Kesehatan

Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Olahraga ini juga mampu membantu mencegah berbagai kondisi buruk terjadi pada tulang kita. Mengendarai sepeda adalah bentuk olahraga yang ideal jika kamu menderita osteoartritis, karena ini adalah olahraga berdampak rendah yang memberikan sedikit tekanan pada persendian. Kurangnya aktivitas fisik juga akan menjadi penyebab berbagai macam penyakit, salah satunya diabetes. Dengan bersepeda secara teratur, risiko akan terjadinya kondisi ini bisa berkurang. Tubuh sehat, tulang, kuat, dan hidup menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: Endurance Training Adalah Cara Menjaga Kebugaran

Bersepeda Setiap Hari

Kamu bisa bersepeda setiap hari, terutama jika menggunakan sepeda untuk transportasi atau berolahraga dengan intensitas rendah. Beristirahatlah jika mengalami nyeri, kelelahan, atau nyeri otot. Jika kamu bersepeda untuk kebugaran, setidaknya istirahat selama 1 hari penuh setiap minggunya. Ini sangat penting jika kamu bersepeda dengan intensitas tinggi, atau merasa tubuh mengalami rasa sakit. Jika kamu memiliki cedera yang akan dipengaruhi oleh bersepeda, maka ada baiknya menjauhi olahraga ini sampai pulih sepenuhnya.

Itulah informasi mengenai manfaat olahraga sepeda yang tentu saja baik untuk kesehatan tubuh. Jadi tunggu apalagi, siapkan sepedamu dan kayuh untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Lengkapi dengan olahraga lainnya agar mendapatkan hasil yang lebih efektif dan maksimal, STRONGBEE siap membantu dengan dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber:

https://www.cyclingweekly.com/news/latest-news/benefits-of-cycling-334144

https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/cycling-benefits

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.