Endurance Training Adalah Cara Menjaga Kebugaran

Kondisi tubuh yang bugar adalah kunci untuk bisa melewati hari dengan nyaman. Namun, kebugaran bukanlah sesuatu yang akan bisa didapatkan begitu saja. Diperlukan banyak usaha agar bisa mencapainya. Mulai dari makan makanan yang tepat, istirahat yang cukup, dan olahraga dengan teratur. Jika ingin bisa mendapatkan tubuh yang bugar, endurance training adalah salah satu cara yang bisa kamu coba lakukan. Jika kamu tertarik akan hal ini dan ingin tahu latihan apa saja yang termasuk dalam bentuk endurance training ini, maka berbagai informasi di bawah ini akan bisa membantu kamu. Yuk, mari kita pelajari bentuk olahraga yang satu ini.

Endurance Training Adalah Latihan yang Harus Kamu Coba

Latihan daya tahan atau endurance training adalah salah satu dari empat jenis latihan bersama dengan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Seharusnya, keempat jenis olahraga tersebut harus ada dalam rutinitas olahraga yang sehat. Namun secara khusus kita hanya akan membahas mengenai latihan yang bisa membantu kita memiliki daya tahan yang lebih baik.

Aktivitas olahraga untuk membangun daya tahan ini akan bisa menjaga jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah kamu tetap sehat sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Hasilnya, orang yang melakukan aktivitas fisik ini secara rutin dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Membangun daya tahan tubuh juga bisa membuat kamu lebih mudah dalam menjalani banyak aktivitas sehari-hari. Jika baru memulai rutinitas olahraga setelah tidak banyak bergerak, jangan terburu-buru. Lakukan secara perlahan hingga sampai pada level yang nyaman. Mulailah dengan 10-15 menit setiap kali dan kemudian secara bertahap menaikan intensitas dan waktu olahraga kamu. 

Untuk orang dewasa sangat direkomendasikan setidaknya 150 menit (2 1/2 jam) aktivitas sedang hingga berat per minggu. 30 menit sehari dalam lima hari seminggu adalah pola latihan yang mudah untuk dilakukan. Ketika siap untuk melakukan lebih banyak latihan, kamu bisa membangun rutinitas dengan menambahkan aktivitas fisik baru; meningkatkan jarak, waktu, kesulitan atau aktivitas favorit, atau menjalani latihan lebih sering. Sangat penting untuk menetapkan tujuan yang realistis berdasarkan kesehatan dan kemampuan diri sendiri.

Contoh latihan daya tahan:

  • Berjalan cepat
  • Lari/jogging
  • Bersepeda
  • Naik turun tangga

Manfaat Endurance Training untuk Tubuh

Dengan berolahraga secara teratur, hampir setiap aspek kesehatan kamu akan meningkat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kenali berbagai macam manfaat baik yang akan didapatkan setelah melewati latihan ketahanan tubuh ini.

1. Membangun Tulang yang Lebih Kuat

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang kita menurun dan melemah, banyak faktor yang tidak bisa kita diamkan begitu saja. Namun, dengan olahraga yang teratur dan perubahan pola makan yang sehat, kamu bisa mencegah hal ini terjadi. Endurance training yang dilakukan akan bisa membantu membangun tulang yang kuat. Hormon pertumbuhan akan dilepaskan ke aliran darah untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Melakukan Circuit Training untuk Ketahanan Tubuh?

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Latihan daya tahan juga membuat jantung bisa memompa darah lebih efisien dalam di setiap detaknya. Saat tubuh mulai beradaptasi dengan tingkat aktivitas yang meningkat, jantung akan menjadi lebih kuat dan tidak perlu bekerja keras untuk mengalirkan darah segar ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah juga akan meningkat secara substansial karena pembuluh darah menjadi kurang menyempit dan membentuk kapiler baru untuk mengoptimalkan pengiriman nutrisi.

Baca Juga: Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak dengan Sehat

3. Kesehatan Mental dan Kualitas Tidur yang Semakin Membaik

Karena olahraga meningkatkan sirkulasi darah, oksigen dan nutrisi juga akan bisa menjadi lebih lancar untuk masuk ke otak kamu. Hal ini membantu meningkatkan kejernihan mental dan mencegah penurunan mood sepanjang hari. Perasaan stres yang dirasakan sehari-hari juga akan perlahan pulih menjadi lebih baik. Ini karena olahraga merangsang pelepasan endorfin yang menghilangkan stres dan mengurangi tingkat kortisol dan adrenalin kita secara keseluruhan. Keduanya merupakan hormon yang akan bisa menciptakan stres pada manusia.

4. Respons Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik

Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu hal yang harus diwaspadai. Melatih daya tahan akan bisa meningkatkan sistem kekebalan dengan menciptakan protein tambahan yang diperlukan untuk produksi sel darah putih dan antibodi. Namun, perlu diingat bahwa berolahraga berlebihan atau memaksakan diri terlalu keras juga bisa menyebabkan respons sistem kekebalan yang berlawanan, menciptakan lebih banyak peradangan. Lakukan olahraga dengan teratur namun jangan memforsir diri secara berlebihan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

5. Meningkatkan Metabolisme

Tubuh kita membakar lebih sedikit kalori secara keseluruhan ketika usia kita bertambah. Salah satu penangkal proses penuaan alami ini adalah latihan olahraga. Dengan menjadi lebih aktif dan meningkatkan massa otot, maka kamu akan membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme.

Itulah berbagai macam informasi mengenai endurance training yang ternyata sangat baik untuk tubuh kita. Jika kamu ingin mencoba latihan ini, maka STRONGBEE siap membantu dengan memberikan dukungan berbentuk Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber:

https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/endurance-exercise-aerobic

https://www.ruled.me/endurance-training-health-benefits/

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.