5 Gerakan Gym untuk Pemula yang Mudah Diikuti

Apakah kamu baru pertama kali berolahraga di gym? Pasti ada banyak hal yang bisa membuatmu merasa kebingungan. Mulai dari alat-alat yang beraneka ragam hingga bingung harus mulai dari mana. Tapi tenang saja, bagi para pemula, ada beberapa gerakan yang bisa kamu coba tanpa harus merasa minder atau kebingungan. Berikut ini adalah beberapa gerakan gym untuk pemula yang tidak terlalu sulit untuk kamu ikuti. Dengan mengikuti informasi yang ada di bawah ini, dijamin waktu yang kamu akan habiskan di gym akan terasa menyenangkan dan tidak sia-sia.

Gerakan Gym untuk Pemula

Jika kamu baru pertama kali menginjakan kaki ke gym, pasti akan mencari latihan yang cukup mudah sehingga tidak merasa malu atau kewalahan untuk menjalaninya. Latihan tersebut juga harus cukup fungsional untuk membantu dalam membangun kekuatan pada tubuh agar bisa membantu kamu untuk mencoba berbagai macam bentuk latihan lainnya. Gerakan-gerakan ini akan mengenai beberapa kelompok otot besar sekaligus untuk memperbaiki postur, kekuatan, dan tingkat energi kamu dengan cepat. Mereka juga menawarkan titik awal untuk latihan yang lebih rumit, sehingga kamu dapat membangun rencana saat kamu menjadi lebih kuat.

Kamu dapat melakukan semua gerakan ini bersama-sama sebagai satu latihan, atau mulai dengan empat gerakan favorit kamu dan tingkatkan hingga kedelapan.

1. Arnold Press

Ini adalah gerakan pemula untuk bahu yang sempurna. Hal ini akan membantu untuk membangun fondasi yang bagus untuk banyak gerakan tubuh bagian atas lainnya. Kamu bisa melakukannya sambil duduk di bangku atau berdiri. Untuk memulai latihan ini pegang dumbbell di masing-masing tangan. Pegang kedua dumbbell setinggi bahu dengan telapak tangan menghadap ke dada, dan ujung beban saling bersentuhan. Dorong dumbbell ke atas kepala, luruskan lengan sambil berputar sehingga telapak tangan kamu menghadap ke depan di atas kepala. Posisi siku kamu masih harus sedikit ditekuk. Bawa dumbbell kembali setinggi bahu. Ulangi hingga 10-12 kali.

2. Sit-up Dengan Beban

Sit-up adalah latihan dasar yang bagus untuk membangun keseimbangan, stabilitas, dan kekuatan. Untuk memulai latihan ini, berbaring telentang di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Tahan beban di dada kamu. Gunakan otot perut untuk mengkontraksikan otot inti dan angkat tubuh dari lantai. Angkat beban di atas kepala saat melakukannya. Pinggul dan kaki harus diam dan menempel ke lantai. Lakukan sebanyak 15 repetisi.

Baca Juga: 7 Olahraga untuk Menambah Massa Otot yang Mudah Dilakukan

3. Russian Twist

Gerakan ini bisa membutuhkan kamu membangun kekuatan atau stabilitas dari otot inti, terutama pada bagian perut dan obliques atau otot pada sisi perut. Untuk mempraktekannya, kamu bisa duduk dengan lutut sedikit ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Turunkan tubuh kamu sebagian ke bawah ke tanah, sehingga tubuh membentuk “V” dan otot inti bergerak. 

Genggam tangan kamu bersama-sama di depan dan putar tubuh dari sisi ke sisi. Bawa tangan yang tergenggam ke bawah sedekat mungkin ke lantai sambil mempertahankan bentuk tubuh dengan setiap gerakan. Putar dari otot inti kamu, bukan bahu. Di awal, kamu bisa menggunakan berat badan, lalu upgrade sambil memegang beban yang ringan di tangan.

Baca Juga: Penyebab Otot Tidak Berkembang Padahal Rajin Workout

4. Bicep Curl 

Bentuk latihan ini akan membangun kekuatan di kedua lengan atas dan bawah. Ambil posisi berdiri dengan kaki selebar bahu dan pegang dumbbell di masing-masing tangan. Jaga lengan kamu dekat dengan tubuh. Pastikan siku sedikit menyentuh obliques kamu, lalu telapak tangan menghadap pinggul kamu. Jaga agar lengan atas tetap diam, tekuk siku seperti engsel pintu, angkat tangan sambil memutar telapak tangan ke arah langit hingga menyentuh dada bagian atas. 

Buang napas saat menggulung beban hingga setinggi bahu sambil mengontraksikan biseps kamu. Tarik napas dan bawa kembali ke posisi awal, ulangi hingga 15 repetisi.

Baca Juga: 12 Cara Membentuk Otot Lengan di Rumah Tanpa Barbel

5. Reverse Lunge

Latihan ini memberimu banyak keuntungan. Salah satunya untuk melatih banyak otot di kaki. Arahkan dua kaki menghadap lurus ke depan dan kaki dibuka selebar pinggul. Langkahkan satu kaki ke belakang, tekuk lutut belakang hingga melayang tepat di atas lantai. Gerakkan berat badan kamu ke kaki depan untuk kembali berdiri. Ulangi di sisi yang lain. Upgrade gerakan ini sambil memegang dua beban kecil tepat di atas bahu kamu  dengan siku ditekuk. Ulangi hingga 10 repetisi.

Selalu Konsisten

Bagi pemula, membentuk fondasi pada otot-otot tubuh adalah hal yang sangat penting. Tidak perlu latihan yang terlihat rumit, fokus pada hal-hal dasar. Jika sudah melakukan hal ini, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menjadi konsisten. Jangan pernah berhenti di tengah jalan karena setiap usaha kamu akan menjadi sia-sia. Tambahkan juga dengan diet yang bagus dan waktu istirahat yang cukup agar otot kamu bisa berkembang.

Itulah berbagai macam bentuk latihan olahraga untuk para pemula yang mudah untuk dilakukan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan maksimal, STRONGBEE siap membantu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber: 

https://www.refinery29.com/en-us/beginner-gym-workout

https://www.self.com/story/strength-exercises-all-beginners-should-learn

https://www.womenshealthmag.com/uk/fitness/workouts/a707720/gym-workout/

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.