Mengenal Macam-macam Alat Olahraga dan Fungsinya

Saat pertama kali masuk ke gym, pasti kita akan melihat berbagai macam alat-alat unik dengan berbagai macam fungsi. Ada yang bisa digunakan untuk latihan kekuatan dan ada yang bisa digunakan dalam latihan kardio. Untuk bisa menggunakan setiap peralatan dengan benar, maka ada baiknya untuk mempelajari dan mengenal macam-macam alat olahraga dan fungsinya. Di bawah ini adalah berbagai macam informasi yang bisa membantu kamu agar tidak malu dan salah menggunakan sebuah peralatan olahraga.

Macam-macam Alat Olahraga dan Fungsinya

Selain menggunakan anggota tubuh untuk berolahraga, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai macam alat untuk meningkatkan hasil yang ingin didapatkan. Berbagai macam mesin ini mungkin akan menakutkan bagi siapapun yang tidak terbiasa dengan berbagai peralatan olahraga. Tetapi untungnya, sebagian besar gym memiliki persediaan mesin olahraga yang serupa. Jika sudah mengenal dan terbiasa dengan mesin yang ditampilkan di sebagian besar gym, maka kamu akan dapat dengan percaya diri melangkah ke gym mana pun dan memulai latihan untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Berikut ini adalah beberapa macam peralatan yang bisa kamu temukan di tempat olahraga.

1. Treadmill

Untuk latihan kardio, maka treadmill akan menawarkan kesempatan melakukan berbagai macam bentuk latihan. Mulai dari berjalan, joging, berlari, atau mendaki tanpa perlu menginjakkan kaki di luar ruangan. Alat ini akan lebih baik dalam memberikan kenyamanan pada persendian daripada berlari di luar ruangan. Lalu ada juga bermacam fitur tambahan yang bisa mendukung latihan, seperti sensor detak jantung, pilihan kecepatan, pilihan untuk memberikan tanjakan, dan berbagai macam fitur lainnya. Jadi jangan pernah ragu lagi jika kamu ingin menggunakan alat ini karena penggunaanya juga tidak sulit.

Baca Juga: 6 Macam Latihan yang Dapat Mengencangkan Otot Lengan

2. Sepeda Stasioner

Jika tidak sempat bersepeda di luar ruangan, maka alat olahraga yang satu ini bisa kamu coba sebagai alternatif. Sepeda stasioner di gym memberikan pengalaman bersepeda di dalam ruangan. Hampir setiap pusat kebugaran memiliki alat ini. Cocok sebagai bentuk latihan kardio yang low-impact dan membangun berbagai macam otot pada bagian bawah tubuh kamu, salah satunya di kaki dan glutes.

3. Set Barbel

Peralatan yang sangat umum untuk ditemui jika kamu ingin melatih otot dengan latihan kekuatan. Jika ingin membeli peralatan ini, kamu akan dihadapi dengan dua opsi untuk barbel: rak Olimpiade seberat 25 kg pon untuk pria dan 20 kg untuk wanita. Peralatan tambahan lainnya ada rak jongkok, rak bench press, dan pelat yang dapat dilepas jika kamu mampu membelinya. Namun yang paling bagus adalah satu set barbel tetap atau yang mudah disesuaikan dengan batang yang lebih kecil. Tentu saja, jangan lupakan rak untuk penyimpanan alat ini. Penggunaan dari barbell juga tidak sulit, ada banyak variasi gerakan yang bisa dicoba dalam melatih berbagai macam otot yang ada di tubuh kamu.

Baca Juga: Mencoba Berbagai Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung

4. Set Dumbbell

Beban untuk latihan dengan ukuran yang kecil ini mudah untuk disimpan ataupun digunakan. Kamu bisa menemukan satu set dumbbell, mulai dari yang sangat ringan hingga yang sangat berat, tergantung kemampuan kamu dalam menggunakannya. Saat ini dumbbell tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan, mulai dari berlapis plastik warna-warni hingga logam. Jika kamu ingin membeli alat ini dan digunakan di rumah, jangan lupakan juga rak nya agar bisa menyimpan barang ini dengan aman.

5. Fitness Ball

Secara kasat mata, alat yang satu ini hanya terlihat seperti bola karet besar. Namun dibalik tampilannya yang terlihat biasa saja, ada banyak bentuk latihan yang bisa digabungkan dengan bola ini demi mendapatkan tubuh yang bugar. Terutama pada bagian otot inti. Latihan menggunakan alat olahraga yang satu ini juga menambah stabilitas ekstra untuk gerakan seperti chest press, bicep curls, dead bugs, atau plank knee tucks. Jadi gunakan latihan ini agar bisa mendapatkan kebugaran sekaligus melatih berbagai macam otot yang ada di tubuh kamu.

Baca Juga: Lakukan 5 Gerakan Yoga untuk Menambah Tinggi Badan Anda

6. Rowing Machine/Mesin Dayung

Kamu dapat melakukan banyak hal dengan mesin dayung ini. Berbeda dari sepeda dan treadmill yang lebih fokus pada tubuh bagian bawah, mesin ini menawarkan latihan head-to-toe, yang akan melibatkan kaki, otot inti, dan tubuh bagian atas. Ditambah juga mesin ini dapat membantu membakar banyak kalori dan merupakan pilihan lain untuk kardio yang low-impact.

Kini, jika kamu sudah mengenal berbagai macam alat di atas, maka sudah tidak perlu ragu ketika ingin menggunakannya. Kamu bisa merancang berbagai macam bentuk latihan untuk bisa mencapai tujuan kamu. Gabungkan dengan diet yang tepat dan teratur, serta waktu istirahat yang cukup. Maka setiap otot pada tubuh akan berkembang, jantung bisa lebih sehat, dan persendian serta tulang menjadi lebih kuat. Hidup menjadi lebih sehat melalui olahraga yang tepat.

Itulah berbagai macam informasi yang bisa kami berikan untuk kamu. Semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam kegiatan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Dapatkan hasil yang lebih efektif dan maksimal bersama STRONGBEE yang siap membantu dengan dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber:

https://exercise.lovetoknow.com/exercise-equipment-clothing/common-gym-exercise-machines-what-they-do

https://www.verywellfit.com/must-have-gym-equipment-3498636

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.