Mencoba Berbagai Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung

Home » Fitness » Mencoba Berbagai Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung

Berbagai macam olahraga ringan untuk kesehatan jantung bisa kamu coba lakukan. Organ yang satu ini memiliki peranan yang benar-benar penting bagi kelangsungan hidup kita. Maka tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk meluangkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga demi menjaga kesehatannya. Jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung, atau hanya khawatir tentang kesehatan jantung, maka perlu untuk mengembangkan rutinitas olahraga yang teratur. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa dipilih sebagai bagian dari rutinitas dalam menjaga kesehatan tubuh dan jantung.

Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung

Kegiatan berolahraga ini bisa menjadi tameng buat kamu dalam melawan atau menghindari kolesterol tinggi, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Tidak perlu olahraga berat untuk hal ini. Kegiatan olahraga yang ringan maupun sedang bisa menjadi pilihan. Berikut ini adalah beberapa bentuk latihan fisik yang bisa kamu coba.

1. Berjalan

Mungkin bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, namun latihan yang sederhana ini bisa memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan jantung. Berjalan, terutama jalan cepat adalah cara yang bagus untuk memperkuat jantung karena akan meningkatkan detak jantung. Kegiatan ini juga tidak memberikan beban yang berlebih pada persendian kamu daripada jenis olahraga lainnya. Kamu dapat berjalan di mana saja dan kapan saja. Alat canggih? Tentu saja tidak perlu. Yang dibutuhkan hanyalah sepasang sepatu yang mendukung dan nyaman untuk digunakan. Lakukan jalan kaki singkat saat istirahat makan siang atau jalan-jalan lebih lama di akhir pekan. Kamu dapat mendengarkan musik, podcast, atau melakukan kegiatan ini dengan teman. Fleksibilitas berjalan memudahkan siapa saja untuk melakukannya dan terus melakukannya.

2. Latihan Beban

Membangun otot-otot lainnya yang ada di tubuh juga akan membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Latihan beban akan sangat bagus untuk membangun massa otot dan membakar lemak. Meskipun peralatan yang ada di gym untuk berlatih beban sangat memadai, namun jika kamu merasa lebih nyaman berlatih di rumah, maka beberapa latihan beban yang paling efektif bisa kamu lakukan menggunakan berat badan sendiri. Latihan fisik seperti push-up, squat, atau bahkan pull-up semuanya membantu kamu membangun otot dan berkontribusi pada kesehatan tulang dan jantung.

Baca Juga: Coba 5 Gerakan Yoga Ini Buat Hilangkan Insomnia

3. Berenang

Berenang bukan hanya sekedar kegiatan rekreasi yang digunakan dalam melepas stress. Mengikuti kelas aerobik air atau berenang bisa menjadi latihan seluruh tubuh yang tidak hanya akan memperkuat tubuh namun juga juga jantung kita. Berbeda dari berbagai jenis olahraga lainnya, berenang tidak terlalu memberikan beban pada persendian dan memungkinkan kamu menggerakkan tubuh tanpa banyak rasa sakit.

4. Yoga

Yoga yang terkesan seperti olahraga yang tenang ini ternyata juga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Melakukan yoga akan membantu kamu dalam menjaga dan mengencangkan otot-otot yang ada di tubuh. Bahkan ada jenis yoga tertentu yang benar-benar dapat meningkatkan detak jantung kamu, sambil tetap memberikan ketenangan yang akan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: 5 Pilihan Personal Trainer di Jakarta

5. HIIT

Latihan interval yang berganti-ganti antara latihan singkat berintensitas tinggi dengan periode istirahat yang lebih lama adalah cara yang cukup efektif untuk mendapatkan latihan penuh dalam waktu singkat. Contohnya bisa berupa sprint secepat mungkin selama 15 detik. Diteruskan dengan lari pelan atau jogging dengan kecepatan lambat selama satu hingga dua menit. Kamu bisa mengulangi pola ini selama 10 hingga 20 menit. Latihan fisik ini sangat membantu dalam meningkatkan dan menurunkan detak jantung sekaligus baik untuk membakar kalori dan meningkatkan fungsi pembuluh darah kamu.

6. Bersepeda

Bersepeda telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Latihan ini menggunakan otot-otot besar yang ada di kaki kamu. Membantu meningkatkan detak jantung dan juga berbagai otot pada bagian bawah tubuh kamu. Bersepeda santai juga bisa menjadi kegiatan rekreasi yang bagus dalam melepas penat setelah menghadapi berbagai macam seharian penuh.

Baca Juga: Makanan Sehat Anti Lapar Buat Diet

7. Mendaki

Berjalan menaiki bukit adalah salah satu bentuk latihan yang bisa kamu coba bila memiliki waktu senggang yang cukup banyak. Pada akhir pekan, kunjungi beberapa spot hiking bersama keluarga ataupun teman. Selain menjaga kesehatan jantung, kegiatan ini juga bisa memberikan kamu perasaan menyenangkan sembari melihat pemandangan yang indah bersama orang-orang tersayang. Salah satu bentuk rekreasi dan olahraga yang patut untuk kamu coba.

Itulah berbagai macam olahraga ringan untuk kesehatan jantung yang bisa kamu coba. Sediakan waktu kosong untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan fisik ini. Semoga kita tetap sehat dan kuat. Jangan lupa juga untuk jaga konsumsi makanan kamu, jauhi makanan yang mengandung kolesterol jahat. Perbanyak nutrisi yang baik untuk tubuh agar kuat dalam berolahraga. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mulai berolahraga untuk mendapatkan jantung dan tubuh yang sehat, bugar, dan kuat.

Sumber:

https://www.webmd.com/fitness-exercise/guide/exercise-healthy-heart#1

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/3-kinds-of-exercise-that-boost-heart-health

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.