Mari Coba Ikuti Olahraga untuk Pemula Di Rumah Berikut Ini

Kalau kamu baru saja mencoba untuk melakukan olahraga dengan benar, maka sangat penting untuk kamu mempelajari berbagai macam olahraga di rumah yang cocok untuk pemula. Meskipun mungkin sebagian orang masih ada yang merasa lebih nyaman untuk melakukan olahraga di tempat tertentu, namun untuk kamu yang merupakan seorang pemula, melakukan gerakan olahraga di rumah bisa sangat membantu.

Apalagi kalau kamu tidak memiliki akses untuk melakukan olahraga di luar rumah, maka melakukan gerakan olahraga di rumah bisa menjadi solusi yang sangat bagus. Kenapa? Karena kamu tidak perlu ruangan yang super besar serta peralatan super canggih untuk menunjang keperluan olahraga di rumah. Lewat beberapa gerakan olahraga di rumah di bawah ini, kamu akan bisa mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Yuk kamu cari tahu berbagai gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan dari rumah dengan sangat mudah.

Gerakan Olahraga di Rumah untuk Pemula

Bila kamu merasa lebih nyaman untuk berolahraga di rumah, maka ada beberapa latihan yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat juga. Cocok buat kamu yang tidak sempat berolahraga karena kesibukan kerja dan lain-lain. Inilah bentuk latihan 20 menit yang bisa dilakukan di rumah.

1. Bridge

Latihan ini meningkatkan bagian belakang kamu, melatih otot gluteus maximus, medius, dan minimus kamu. Ini juga akan membantu meningkatkan detak jantung sebelum melanjutkan ke latihan setelahnya. Caranya:

  • Berbaring telentang dan tekuk lutut lalu letakkan kaki rata di lantai.
  • Rentangkan lengan ke samping dan tekan telapak tangan ke lantai.
  • Dorong kaki ke lantai dan angkat pinggul hingga tubuh membentuk garis lurus dari lutut hingga bahu.
  • Tahan selama beberapa detik.
  • Kembali ke posisi awal.
  • Lakukan 3 set 10 repetisi.

2. Knee Push-up

Knee push up merupakan salah satu modifikasi dari gerakan olahraga push up. Knee push-up sangat cocok untuk dilakukan di rumah, karena knee push-up merupakan jenis olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan. Jenis olahraga ini juga bermanfaat untuk melatih otot tubuh bagian pinggang ke atas, serta melatih kekuatan dan keseimbangan lutut kaki. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Mulailah dengan tangan dan lutut, jaga agar tulang belakang sejajar dan tangan selebar bahu.
  • Tekuk siku ke sudut 45 derajat saat menurunkan tubuh ke lantai.
  • Dorong telapak tangan ke lantai untuk mengangkat diri kamu kembali.
  • Lakukan 3 set 8-10 repetisi.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Punggung Nyeri

3. Latihan Pinggul Sambil Berbaring Miring

Gerakan olahraga ini akan membantu dalam mengendurkan otot-otot yang tegang dan memperkuat sisi tubuh dan pinggul kamu. Untuk melakukannya, maka ikuti cara di bawah ini:

  • Berbaring miring pada sisi tubuh dengan kaki ditumpuk.
  • Angkat kaki kiri ke atas, lalu turunkan ke lantai.
  • Ulangi gerakan ini.
  • Bertukar sisi
  • Tembak untuk 3 set 10 repetisi di setiap sisi.

4. Wall Squat

Kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa pada perut, bokong, betis, dan paha depan dengan gerakan ini. Latihan squat ini juga dapat membantu kamu belajar untuk fokus pada bentuk tubuh dan meningkatkan stamina. Caranya adalah:

  • Sandarkan punggung dengan rata ke dinding.
  • Tekan kaki dengan kuat ke lantai, selebar bahu.
  • Tekuk lutut kamu hingga membentuk sudut 90 derajat. Jaga punggung untuk menempel ke dinding.
  • Tahan posisi ini hingga 1 menit setiap kalinya.
  • Perlahan kembali ke posisi awal.

Baca Juga: 5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5. Donkey Kick dengan Kaki yang Lurus

Olahraga ini membantu dalam memperkuat dan mengencangkan glutes sekaligus menambahkan beberapa gerakan yang bisa memperkuat otot bahu kamu. Untuk melakukannya, ikuti cara di bawah ini:

  • Mulailah dengan posisi merangkak, dengan lutut di bawah pinggul dan tangan di bawah bahu.
  • Rentangkan kaki kiri lurus ke belakang
  • Jaga agar kaki tetap tertekuk dan jari-jari kaki mengarah ke bawah.
  • Kembali ke posisi awal.
  • Ulangi di sisi lain.
  • Lakukan 3 set 10 repetisi di setiap sisi.

6. Naik Turun Tangga

Selain beberapa macam olahraga yang ada di atas, naik turun tangga ternyata bisa membantu kamu dalam melakukan olahraga di rumah. Dengan melakukan naik turun tangga di rumah, kamu bisa memperkuat otot kaki serta pinggang bagian atas. Lakukan gerakan naik turun tangga ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4 Tips Berolahraga Bagi Pemula

Untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, maka ada beberapa tips yang bisa kamu coba ikuti, khususnya bagi para pemula.

1. Tentukan Goals yang Realistis

Goals atau tujuan tentu akan bisa memotivasi banyak orang untuk berolahraga. Namun jika hal yang diinginkan tersebut terkesan terlalu mengada-ada, maka kita akan merasa kecewa jika tidak berhasil mencapainya. Sebaiknya buatlah tujuan yang nyata dan bisa dicapai untuk semakin memotivasi diri sendiri.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Tetap terhidrasi selama sesi olahraga yang akan mengeluarkan keringat dapat membantu kamu dalam mempertahankan kinerja tubuh, menurunkan detak jantung, dan menjaga tingkat cairan dalam tubuh.

Baca Juga: Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

3. Jaga Makanan yang Masuk Ke Dalam Tubuh

Sekedar membakar kalori dalam tubuh tidak akan bisa membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Diperlukan asupan nutrisi yang tepat demi menghasilkan badan yang bagus. Konsumsi berbagai makanan sehat dan kurangi makanan yang membawa dampak buruk untuk tubuh. Sehingga kamu akan bisa memiliki kondisi fisik yang prima dan juga sehat. Buah-buahan dan sayuran serta protein yang bagus akan sangat membantu dalam hal ini.

Baca Juga: Pahami 5 Tujuan Cooling Down Sehabis Berolahraga

4. Konsisten Dengan Olahraga Kamu

Jangan pernah berhenti di tengah jalan ketika sedang menjalankan program olahraga kamu. Konsistensi akan menjadi kunci yang paling penting untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Selalu jaga waktu olahraga agar tidak putus begitu saja.

Itulah bentuk olahraga untuk pemula di rumah yang bisa dicoba. Untuk hasil yang lebih maksimal, STRONGBEE juga dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber:

https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/fitness-beginners-guide#1

https://greatist.com/fitness/at-home-workouts-for-beginners#tips-for-beginners

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.