Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

Home » Fitness » Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

Warming up atau pemanasan menjadi salah satu langkah yang harus kamu lakukan sebelum berolahraga. Sayangnya, masih banyak yang secara tidak sadar tak melakukan warming up ketika mau berolahraga. Padahal efeknya cukup fatal kalau tidak melakukan warming up. Kamu tidak akan merasakan manfaat warming up dengan baik.

Bahkan pentingnya warming up ketika ingin berolahraga sudah terhitung wajib. Jangan pernah sampai kamu lupa untuk warming up. Memang, warming up tidak akan langsung membuat kamu dapat dengan mudah membakar kalori atau membuat badan menjadi lebih terbentuk. Namun efek warming up sangat bagus di dalam menjaga kondisi otot-otot tetap prima sepanjang menjalankan olahraga. 

Bagi yang belum tahu apa saja tujuan dan manfaat warming up, maka sebaiknya simak informasi yang telah dirangkum STRONGBEE di bawah ini.

Tujuan dan Manfaat Warming Up

Kita pasti sudah diajarkan untuk melakukan olahraga secara rutin sejak kecil, khususnya di sekolah. Ketika ingin melakukan olahraga, maka guru olahraga di sekolah akan menyuruh kita pemanasan terlebih dulu. Sangat jarang mereka tidak menyuruh para murid untuk pemanasan. Dari sini saja kamu bisa memetik suatu pesan bahwa warming up memang penting sebagai langkah awal saat mau berolahraga.

Tujuan warming up sudah pasti membuat tubuh kamu menjadi lebih siap sebelum berolahraga agar manfaat yang dirasakan lebih besar lagi. Kamu bisa memilih olahraga apapun, seperti berenang, pilates, bersepeda, jogging, hingga ke gym, tapi jangan pernah lupa untuk warming up. 

Secara garis besar kamu sudah tahu apa manfaat dari warming up. Masih ada banyak lagi penjelasan lebih detail dan meyakinkan agar kamu selalu warming up setiap berolahraga.

Baca Juga: 5 Makanan Rumahan Indonesia yang Cocok untuk diet

1. Meningkatkan Temperatur Tubuh

Warming up yang baik dapat meningkatkan temperatur atau suhu tubuh. Hal ini bagus untuk didapatkan sebelum berolahraga. Tubuh yang lebih hangat dapat meningkatkan kualitas kinerja otot ketika olahraga. Selain itu, oksigen menjadi lebih tersedia untuk otot kamu. Inilah yang membuat otot menjadi lebih cepat rileks sekaligus berkontraksi dengan lebih mudah.

Kondisi kamu yang seperti ini sangat bagus untuk melakukan olahraga berat. Selain itu, jantung kamu dapat lebih mudah untuk menerima variasi gerakan olahraga karena sudah pemanasan.

2. Mengurangi Risiko Cedera

Cedera dapat menghantui siapapun yang sedang berolahraga. Bahkan untuk orang yang sering melakukan olahraga saja, masih dapat terancam risiko cedera, apalagi yang termasuk jarang. Otot orang yang sering berolahraga sebenarnya sudah lebih terbiasa melakukannya. Tapi jika tanpa melakukan pemanasan, maka risiko cedera tetap ada. 

Untuk mengurangi risiko cedera, maka kamu harus melakukan warming up. Pemanasan sebenarnya mampu meningkatkan elastisitas otot, serta memungkinkan pendinginan tubuh yang lebih efisien. Akhirnya, kamu menjadi lebih nyaman berolahraga karena risiko cedera cenderung minim. Daripada tiba-tiba kamu cedera karena tidak melakukan warming up, sebaiknya jangan pernah lupa pemanasan agar proses olahraga menjadi semakin lancar lagi.

Baca Juga: Pahami 5 Tujuan Cooling Down Sehabis Berolahraga

3. Mempersiapkan Mental

Pernah merasa tidak yakin untuk berolahraga pada saat itu? Mungkin kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dulu. Warming up dapat mempersiapkan mental kamu sebelum berolahraga karena tubuh dan pikiran menjadi lebih siap. Motivasi kamu untuk olahraga juga semakin besar kalau sudah warming up.

Biasanya ada perasaan ingin santai saja ketika sudah mendekati waktu berolahraga. Padahal hal tersebut harus disingkirkan. Berkat warming up, maka kamu dapat mempersiapkan mental sebelum mulai berolahraga.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Tubuh yang fleksibel memang bagus untuk olahraga. Semakin fleksibel tubuh kamu, maka semakin terhindari dari yang namanya cedera. Warming up mampu membuat tubuh kamu menjadi lebih fleksibel karena meningkatkan aliran darah ke otot-otot. Itulah yang memungkinkan tubuh menjadi lebih fleksibel, baik dalam jangka panjang atau pendek. 

Warming up merupakan salah satu nilai tambah yang bagus ketika kamu ingin olahraga dengan benar. Warming up yang ditambah peregangan otot sudah pasti membuat tubuh lebih siap olahraga. Kalau tidak warming up, maka peregangan otot tidak menjadi maksimal sehingga dapat menyebabkan cedera.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

5. Siap Berolahraga

Apa saja olahraga yang menjadi pilihan kamu pada saat ini? Bisa jogging hingga bersepeda, ataupun memilih menggunakan alat-alat di gym. Ketika kamu sudah melakukan warming up, maka tubuh dan mental semakin siap berolahraga. Apalagi jika kamu memang menggunakan bantuan alat, khususnya di gym. Otot-otot tubuh kamu menjadi lebih siap lagi.

Warming up yang baik membuat otot-otot di dalam tubuh kamu mampu menggunakan alat-alat tersebut secara maksimal. Efek optimal dari sesi olahraga yang kamu lakukan pada hari itu juga lebih baik. Ditambah, mampu mengurangi risiko cedera juga karena penggunaan alat-alat tersebut.

Jadi, apakah kamu sekarang sudah lebih yakin untuk warming up? Memang sebaiknya kamu melakukan warming up sebelum berolahraga. Apalagi setelah membaca tujuan dan manfaat yang telah diberikan di atas.

Jika kamu membutuhkan dukungan bagaimana cara berolahraga dengan baik, STRONGBEE telah hadir di sini. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://fitathletic.com/5-reasons-warm-exercises-important/

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.