Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

Kegiatan warming up atau biasa kita kenal sebagai pemanasan sebelum olahraga, menjadi salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan olahraga. Sayangnya, masih banyak orang yang secara tidak sadar, tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Padahal efeknya bisa cukup fatal kalau kamu tidak melakukan warming up atau pemanasan sebelum olahraga. Bisa jadi, kamu tidak akan merasakan manfaat warming up itu sendiri dengan baik.

Bahkan sejatinya, melakukan pemanasan sebelum berolahraga itu sudah terhitung wajib. Maka dari itu jangan pernah sampai kamu lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Walaupun memang, pemanasan sebelum berolahraga tidak akan langsung membuat kamu dapat dengan mudah membakar kalor atau membuat badanmu menjadi lebih terbentuk. Namun manfaat pemanasan sebelum berolahraga itu sangat bagus dalam menjaga kondisi otot-otot tubuh agar tetap prima sepanjang berolahraga.

Bagi yang belum tahu apa saja tujuan dan manfaat pemanasan sebelum berolahraga, berikut ini adalah informasi mengenai tujuan dan manfaat pemanasan sebelum olahraga. Simak informasi yang telah dirangkum STRONGBEE di bawah ini.

Apa Tujuan Warming Up?

Kita pasti sudah diajarkan untuk berolahraga secara rutin sejak kesil, khususnya saat kita masih berada di sekolah. Ketika ingin berolahraga, maka guru olahraga di sekolah akan menyuruh kita untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga terlebih dahulu. Sangat jarang mereka tidak menyuruh para murid untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Dari pelajaran olahraga waktu masih berada di bangku sekolah, kamu bisa memetik sebuah pesan bahwa melakukan pemanasan sebelum berolahraga memang sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah awal saat kamu ingin berolahraga.

Tujuan melakukan pemanasan sudah pasti adalah untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih siap sebelum berolahraga, agar manfaat yang dirasakan menjadi lebih besar. Kamu bisa memilih olahraga apapun yang kamu suka, seperti berenang, HIIT, pilates, bersepeda tapi jangan pernah lupa untuk warming up.

Secara garis besar, kamu sudah tahu apa manfaat dari melakukan pemanasan sebelum berolahraga, masih ada banyak lagi penjelasan lebih detail dan meyakinkan, agar kamu selalu melakukan pemanasan saat ingin berolahraga.

Apa Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga?

Baca Juga: 5 Makanan Rumahan Indonesia yang Cocok untuk diet

1. Meningkatkan Temperatur Tubuh

Melakukan pemanasan dengan baik dapat meningkatkan aliran darah serta meningkatkan suhu di dalam tubuh. Hal ini sangat bagus untuk didapatkan sebelum kamu berolahraga. Tubuh yang kebih hangat dapat meninghkatkan kualitas kinerja otot ketika berolahraga. Selain itu, oksigen dalam tubuh menjadi lebih tersedia untuk otot kamu. Inilah yang membuat otot menjadi lebih cepat rileks sekaligus berkontraksi dengan lebih mudah.

Kondisi kamu yang seperti ini sangat bagus untuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Selain itu, jantung kamu dapat lebih mudah untuk menerima variasi dalam berolahraga karena sudah melakukan gerakan pemanasan.

2. Mengurangi Risiko Cedera

Cedera dapat menghantui siapapun yang sedang berolahraga, bahkan untuk orang yang sering melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga pun, masih dapat terancam risiko cedera, apalagi bagi kamu yang termasuk jarang berolahraga. Otot orang yang sering berolahraga sebenarnya sudah lebih terbiasa, karena sudah sering terlatih melakukan latihan fisik. Tapi jika kamu berolahraga tanpa melalukan pemanasan, maka risiko untuk cedera akan semakin besar kamu alami.

Untuk mengurangi risiko cedera, maka kamu harus melakukan gerakan pemanasan. Pemanasan sebenarnya mampu meningkatkan elastisitas otota, meningkatkan detak jantung, serta memungkinkan pendinginan tubuh yang lebih efisien. Akhirnya, kamu menjadi lebih nyaman berolahraga karena risiko cedera cenderung minim. Daripada tiba-tiba kamu cedera karena tidak melakukan warming up, sebaiknya jangan pernah lupa pemanasan agar proses olahraga menjadi semakin lancar lagi.

Baca Juga: Pahami 5 Tujuan Cooling Down Sehabis Berolahraga

3. Mempersiapkan Mental

Pernah merasa tidak yakin untuk berolahraga pada saat itu? Mungkin kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dulu. Warming up dapat mempersiapkan mental kamu sebelum berolahraga karena tubuh dan pikiran menjadi lebih siap. Motivasi kamu untuk olahraga juga semakin besar kalau sudah warming up.

Biasanya ada perasaan ingin santai saja ketika sudah mendekati waktu berolahraga. Padahal hal tersebut harus disingkirkan. Berkat warming up, maka kamu dapat mempersiapkan mental sebelum mulai berolahraga.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Tubuh yang fleksibel memang bagus untuk olahraga. Semakin fleksibel tubuh kamu, maka semakin terhindari dari yang namanya cedera. Warming up mampu membuat tubuh kamu menjadi lebih fleksibel karena meningkatkan aliran darah ke otot-otot. Itulah yang memungkinkan tubuh menjadi lebih fleksibel, baik dalam jangka panjang atau pendek.

Warming up merupakan salah satu nilai tambah yang bagus ketika kamu ingin olahraga dengan benar. Warming up yang ditambah peregangan otot sudah pasti membuat tubuh lebih siap olahraga. Kalau tidak warming up, maka peregangan otot tidak menjadi maksimal sehingga dapat menyebabkan cedera.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

5. Siap Berolahraga

Apa saja olahraga yang menjadi pilihan kamu pada saat ini? Bisa jogging hingga bersepeda, ataupun memilih menggunakan alat-alat di gym. Ketika kamu sudah melakukan warming up, maka tubuh dan mental semakin siap berolahraga. Apalagi jika kamu memang menggunakan bantuan alat, khususnya di gym. Otot-otot tubuh kamu menjadi lebih siap lagi.

Warming up yang baik membuat otot-otot di dalam tubuh kamu mampu menggunakan alat-alat tersebut secara maksimal. Efek optimal dari sesi olahraga yang kamu lakukan pada hari itu juga lebih baik. Ditambah, mampu mengurangi risiko cedera juga karena penggunaan alat-alat tersebut.

Jadi, apakah kamu sekarang sudah lebih yakin untuk warming up? Memang sebaiknya kamu melakukan warming up sebelum berolahraga. Apalagi setelah membaca tujuan dan manfaat yang telah diberikan di atas.

Jika kamu membutuhkan dukungan bagaimana cara berolahraga dengan baik, STRONGBEE telah hadir di sini. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://fitathletic.com/5-reasons-warm-exercises-important/

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.