Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

Home » Fitness » Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

Yoga dan pilates sering dinilai sama, khususnya di mata orang awam yang memang belum mengetahui perbedaan keduanya. Padahal sebenarnya masing-masing memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jika memang kamu sedang ingin memulai olahraga namun bingung memilih antara yoga atau pilates, kira-kira mana yang lebih cocok? Kamu harus tahu terlebih dulu perbedaan yoga dan pilates.

Melakukan olahraga pilates dan yoga sebenarnya sama saja. Kamu membutuhkan mat sebagai alas tubuh, lalu mulai melakukan berbagai gaya yang membutuhkan kelenturan fisik. Selain itu masih banyak lagi informasi tentang yoga dan pilates yang bisa kamu baca di STRONGBEE.

Apa itu Yoga?

Sebelum membahas beda pilates dan yoga, mari kita bahas satu per satu terlebih dulu. Yoga sudah diciptakan lebih dari 5.000 tahun lalu di India dengan tujuan menghubungkan kesadaran manusia dengan kesadaran universal melalui aktivitas fisik.

Sejak awal yoga memang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik, kesehatan emosional, dan kesehatan spiritual. Yoga memang memiliki beragam macam gerakan, namun akan terus kamu ulang. Fungsinya ada memfokuskan diri kepada fleksibilitas serta otot-otot tubuh lebih rileks. 

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali jenis yoga yang bermunculan. Jenis-jenis ini juga melibatkan meditasi dan teknik pernapasan yang mampu membantu tubuh merasakan relaksasi yang optimal. Akhirnya banyak yang memilih yoga untuk menghilangkan stres dan santai berolahraga. 

Ada berbagai jenis yoga pada saat ini. Sebut saja hatha yoga, vinyasa yoga, ashtanga yoga, iyengar yoga, bikram yoga, hot yoga, kundalini yoga, restorative yoga, hingga yin yoga. Masing-masing memiliki cara dan maksud yang berbeda-beda. Ada yang fokus kepada meditasi, membuat tubuh lebih fit, hingga menyembuhkan cedera. 

Sejalan dengan apa yang dimaksudkan dari awal ketika yoga diciptakan, beberapa keuntungan kesehatan ketika kamu melakukan yoga memang banyak. Kamu bisa merasakan keseimbangan, kekuatan, daya tahan, spiritualitas, meditasi, dan pernapasan terkontrol setelah melakukan yoga.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Redakan Nyeri Haid

Apa itu Pilates?

Pilates adalah olahraga untuk membuat fisik lebih bugar yang diciptakan pada awal abad ke-20 oleh Joseph Pilates. Olahraga ini dibentuk dengan tujuan membantu tentara yang terluka bisa mendapatkan kembali kondisi fisik yang lebih baik. Otot-otot mereka bisa menjadi lebih kuat dan stabil untuk kembali bertugas. Benar sekali, pilates memang diciptakan pada saat Perang Dunia I meletus. 

Dibandingkan yoga, gerakan dalam pilates terhitung lebih sedikit. Alasan utama mengapa gerakan pilates lebih sedikit adalah keinginan untuk fokus kepada keselarasan dan pemusatan konsentrasi, kontrol, pernapasan, presisi, dan aliran tubuh. Joseph Pilates memang percaya bahwa kesehatan fisik dan mental harus selaras dan bergantung satu dengan yang lain. Dengan begitu akan tercipta satu sistem tubuh yang terpusat. Selain itu, pilates hanya satu jenis saja, berbeda dengan yoga.

Ada berbagai manfaat jika kamu memutuskan mengambil kelas pilates. Olahraga ini mampu meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot tubuh agar menjadi lebih selaras lagi. Postur tubuh menjadi lebih baik serta mampu melepaskan stres. Kamu bisa merasakan memiliki energi yang lebih banyak untuk beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Bangkitkan Kinerja Otot Pasca Melahirkan dengan Pilates

Perbedaan Yoga dan Pilates

Jika ditanya lebih baik memilih yoga atau pilates, maka kamu harus mengetahui apa saja perbedaannya. Perbedaan yang diberikan di sini difokuskan kepada maksud dari tujuan melakukan olahraga tersebut agar tidak salah langkah. Jangan sampai kamu salah memilih antara yoga atau pilates padahal memiliki tujuan yang berbeda.

Jika kamu memang sedang ingin menurunkan berat badan, maka latihan pilates menjadi pilihan paling tepat. Olahraga kardio memang menjadi bagian dari pilates sehingga mampu membakar kalori di tubuh. Selain itu, olahraga pilates memiliki pola yang lebih intens sehingga mampu membuat perut kencang dan rata. Itulah mengapa kamu bisa memilih pilates kalau ingin membakar kalori di dalam tubuh lebih banyak lagi.

Yoga sendiri menjadi pilihan yang tepat kalau ingin memerangi depresi. Yoga memang fokus pada tubuh dan pikiran karena dibarengi dengan latihan pernapasan. Tubuh kamu bisa menjadi lebih rileks serta mampu berkonsentrasi dengan baik. Latihan pernapasan dalam yoga juga mampu meredam stres dan mengendurkan otot-otot tubuh.

Baca Juga: Mengenal Calisthenics, Olahraga Tanpa Bantuan Alat

Olahraga yoga memang memiliki gerakan yang jauh lebih banyak dibandingkan pilates. Sebenarnya kamu kurang disarankan memilih yoga kalau memiliki masalah punggung. Namun jangan khawatir, instruktur yoga yang telah mengetahui masalah kamu dapat memberikan beberapa gerakan tepat tanpa harus mengganggu kondisi punggung. 

Pada akhirnya, perbedaan utama antara yoga dan pilates adalah tujuan akhirnya. Ketika yoga dilakukan untuk meningkatkan kelenturan tubuh dan relaksasi, pilates fokus pada mengendurkan sekaligus memperkuat otot-otot yang tegang. Intinya keduanya sama-sama mampu membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

Jadi, jika disuruh memilih yoga atau pilates, mana yang kira-kira kamu pilih? Sekarang kamu sudah mengenal perbedaan yoga dan pilates. Jika tertarik untuk mengikuti salah satunya, STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.genesishealthclubs.com/blog/fitness/what-s-the-difference-between-yoga-and-pilates.html

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Why you need to exercise (more)

5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5 Pilihan Personal Trainer di Jakarta

Recently Posted

tags

Recommended For You

cara melakukan plank yang benar

Bagaimana Cara Melakukan Plank yang Benar?

posisi plank yang baik dan benar

Tips untuk Melakukan Posisi Plank yang Baik dan Benar

bolehkah hiit cardio setiap hari

Bolehkah HIIT Cardio Setiap Hari untuk Menurunkan Berat Badan?

1 Comment

  1. […] Baca Juga: Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved