Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

Yoga dan pilates sering dinilai sama, khususnya di mata orang awam yang memang belum mengetahui perbedaan keduanya. Padahal sebenarnya masing-masing memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Jika memang kamu sedang ingin memulai olahraga namun bingung memilih antara yoga atau pilates, kira-kira mana yang lebih cocok? Kamu harus tahu terlebih dulu perbedaan yoga dan pilates.

Melakukan olahraga pilates dan yoga sebenarnya sama saja. Kamu membutuhkan mat sebagai alas tubuh, lalu mulai melakukan berbagai gaya yang membutuhkan kelenturan fisik. Selain itu masih banyak lagi informasi tentang yoga dan pilates yang bisa kamu baca di STRONGBEE.

Apa itu Yoga?

Sebelum membahas beda pilates dan yoga, mari kita bahas satu per satu terlebih dulu. Yoga sudah diciptakan lebih dari 5.000 tahun lalu di India dengan tujuan menghubungkan kesadaran manusia dengan kesadaran universal melalui aktivitas fisik.

Sejak awal yoga memang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik, kesehatan emosional, dan kesehatan spiritual. Yoga memang memiliki beragam macam gerakan, namun akan terus kamu ulang. Fungsinya ada memfokuskan diri kepada fleksibilitas serta otot-otot tubuh lebih rileks.

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali jenis yoga yang bermunculan. Jenis-jenis ini juga melibatkan meditasi dan teknik pernapasan yang mampu membantu tubuh merasakan relaksasi yang optimal. Akhirnya banyak yang memilih yoga untuk menghilangkan stres dan santai berolahraga.

Ada berbagai jenis yoga pada saat ini. Sebut saja hatha yoga, vinyasa yoga, ashtanga yoga, iyengar yoga, bikram yoga, hot yoga, kundalini yoga, restorative yoga, hingga yin yoga. Masing-masing memiliki cara dan maksud yang berbeda-beda. Ada yang fokus kepada meditasi, membuat tubuh lebih fit, hingga menyembuhkan cedera.

Sejalan dengan apa yang dimaksudkan dari awal ketika yoga diciptakan, beberapa keuntungan kesehatan ketika kamu melakukan yoga memang banyak. Kamu bisa merasakan keseimbangan, kekuatan, daya tahan, spiritualitas, meditasi, dan pernapasan terkontrol setelah melakukan yoga.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Redakan Nyeri Haid

Apa itu Pilates?

Pilates adalah olahraga untuk membuat fisik lebih bugar yang diciptakan pada awal abad ke-20 oleh Joseph Pilates. Olahraga ini dibentuk dengan tujuan membantu tentara yang terluka bisa mendapatkan kembali kondisi fisik yang lebih baik. Otot-otot mereka bisa menjadi lebih kuat dan stabil untuk kembali bertugas. Benar sekali, pilates memang diciptakan pada saat Perang Dunia I meletus.

Dibandingkan yoga, gerakan dalam pilates terhitung lebih sedikit. Alasan utama mengapa gerakan pilates lebih sedikit adalah keinginan untuk fokus kepada keselarasan dan pemusatan konsentrasi, kontrol, pernapasan, presisi, dan aliran tubuh. Joseph Pilates memang percaya bahwa kesehatan fisik dan mental harus selaras dan bergantung satu dengan yang lain. Dengan begitu akan tercipta satu sistem tubuh yang terpusat. Selain itu, pilates hanya satu jenis saja, berbeda dengan yoga.

Ada berbagai manfaat jika kamu memutuskan mengambil kelas pilates. Olahraga ini mampu meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot tubuh agar menjadi lebih selaras lagi. Postur tubuh menjadi lebih baik serta mampu melepaskan stres. Kamu bisa merasakan memiliki energi yang lebih banyak untuk beraktivitas sehari-hari.

4 Manfaat Pilates dan Yoga

Seperti yang udah kita tahu bahwa pilates dan yoga merupakan dua jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat melakukan pilates dan yoga:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Pilates dan yoga dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin memperbaiki postur tubuh. Manfaat ini bisa kamu dapat dengan melakukan olahraga ini karena jenis olaharaga dapat membantu dalam pengendalian otot inti postural di dalam tubuh, seperti otot punggung bawah, otot pinggu, dan otot perut agar dapat bekerja dengan lebih harmonis dan dinamis. Selain itu, jenis olahraga pilates dan yoga juga dapat membantu menyeimbangkan koordinasi tubuh sehingga menjaga bentuk tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

2. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Tegap

Dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga untuk melatih pengendalian otot inti postural di dalam tubuh yang berguna untuk memperbaiki postur tubuh, bentuk tubuh juga akan menjadi lebih tegap. Apalagi kalau kamu selalu menghabiskan waktu dengan duduk ketika bekerja, olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan.

3. Meringankan nyeri punggung atau otot

Bagi kamu yang bermasalah dengan nyerit otot dan punggung, dua jenis olahraga ini juga bermanfaat untuk menjadi salah satu alternatif terapi untuk penderita nyeri punggung bawah kronis. Kedua jenis jenis olahraga ini dapat memperkuat dan meningkatkan elastisitas otot, sehingga dapat mempercepat pemulihan dan meringankan nyeri punggu atau otot.

4. Meredakan Stress

Selain tiga manfaat di atas yang sudah disampaikan, kedua olahraga ini juga ampuk untuk meredakan stress dan meningkatkan relaksasi dengan cara mengatur teknik pernapasan secara konsisten serta gerakan-gerakan yang dapat membantu sinkronisasi tubuh dan pikiran. Kedua olahraga ini juga dapat mengurangi hormon stress utama, yaitu kortisol.

Baca Juga: Bangkitkan Kinerja Otot Pasca Melahirkan dengan Pilates

Perbedaan Yoga dan Pilates

Jika ditanya lebih baik memilih yoga atau pilates, maka kamu harus mengetahui apa saja perbedaannya. Perbedaan yang diberikan di sini difokuskan kepada maksud dari tujuan melakukan olahraga tersebut agar tidak salah langkah. Jangan sampai kamu salah memilih antara yoga atau pilates padahal memiliki tujuan yang berbeda.

Jika kamu memang sedang ingin menurunkan berat badan, maka latihan pilates menjadi pilihan paling tepat. Olahraga kardio memang menjadi bagian dari pilates sehingga mampu membakar kalori di tubuh. Selain itu, olahraga pilates memiliki pola yang lebih intens sehingga mampu membuat perut kencang dan rata. Itulah mengapa kamu bisa memilih pilates kalau ingin membakar kalori di dalam tubuh lebih banyak lagi.

Yoga sendiri menjadi pilihan yang tepat kalau ingin memerangi depresi. Yoga memang fokus pada tubuh dan pikiran karena dibarengi dengan latihan pernapasan. Tubuh kamu bisa menjadi lebih rileks serta mampu berkonsentrasi dengan baik. Latihan pernapasan dalam yoga juga mampu meredam stres dan mengendurkan otot-otot tubuh.

Baca Juga: Mengenal Calisthenics, Olahraga Tanpa Bantuan Alat

Olahraga yoga memang memiliki gerakan yang jauh lebih banyak dibandingkan pilates. Sebenarnya kamu kurang disarankan memilih yoga kalau memiliki masalah punggung. Namun jangan khawatir, instruktur yoga yang telah mengetahui masalah kamu dapat memberikan beberapa gerakan tepat tanpa harus mengganggu kondisi punggung.

Pada akhirnya, perbedaan utama antara yoga dan pilates adalah tujuan akhirnya. Ketika yoga dilakukan untuk meningkatkan kelenturan tubuh dan relaksasi, pilates fokus pada mengendurkan sekaligus memperkuat otot-otot yang tegang. Intinya keduanya sama-sama mampu membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

Jadi, jika disuruh memilih yoga atau pilates, mana yang kira-kira kamu pilih? Sekarang kamu sudah mengenal perbedaan yoga dan pilates. Jika tertarik untuk mengikuti salah satunya, STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.genesishealthclubs.com/blog/fitness/what-s-the-difference-between-yoga-and-pilates.html

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.