Kenali Ciri-ciri Massa Otot Bertambah Berikut Ini

Berolahraga tentu membuat kita merasa lebih sehat dan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas kita setiap harinya. Namun tidak hanya memberikan kesehatan fisik, berolahraga juga membantu kita menjaga kesehatan mental. Selain itu seiring kamu berolahraga, kamu akan merasakan bahwa massa otot kamu mulai bertambah dan lemak tubuhmu mulai berkurang. Meningkatkan massa otot dalam tubuh kamu sangat penting karena massa otot yang ada menandakan bahwa olahraga yang telah kamu lakukan memberikan dampak yang baik pada tubuhmu. 

Meskipun tidak terlihat, massa otot memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Keberadaan massa otot akan membantu kamu dalam menjaga setiap sistem dalam tubuh untuk bekerja dengan normal sebagaimana seharusnya mereka bekerja. Namun jika kamu tidak merasakannya, penjelasan di bawah ini akan membantu kamu dalam mengenali ciri-ciri massa otot yang bertambah. 

Ciri-ciri Massa Otot Bertambah

Mengenali dampak yang dibawa oleh aktivitas olahraga yang kamu lakukan tidak sulit, kok. Kamu bisa mengenalnya dengan melihat bentuk tubuhmu dan merasakan perbedaan tenaga yang kamu miliki. Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu kamu memahami ciri-ciri dari massa otot yang bertambah.

1. Otot Terasa Lebih Kencang

Hal pertama yang kamu rasakan saat kamu memegang otot adalah otot yang terasa lebih kencang. Saat otot terasa lebih kencang, bentuk otot yang terlihat biasanya juga lebih jelas. Olahraga juga membuat otot kamu terasa lebih padat dan bisa jadi lebih besar dari sebelumnya. 

2. Tidak Cepat Merasa Kelelahan

Jika sebelumnya kamu sudah tidur 8 jam sehari tetapi masih merasakan energi yang kurang, bahkan kamu tetap mengantuk keesokan harinya, berolahraga akan membuat kamu merasa memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Massa otot yang bertambah menandakan energi kamu yang juga bertambah banyak. Setelah kamu melakukan aktivitas olahraga yang rutin, kamu jadi merasa tetap berenergi meskipun kamu telah beraktivitas seharian. Hal yang biasanya tidak terjadi dalam hidup kamu, kini terjadi karena kamu berolahraga dengan baik dan konsisten. Meskipun terlihat bahwa kamu lebih banyak melakukan aktivitas dari yang biasanya, kamu justru lebih termotivasi melakukan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan. 

Baca Juga: 10 Jenis Olahraga yang Dapat Membakar Banyak Kalori

3. Terasa Lebih Sehat dan Bugar

Massa otot yang bertambah juga membuat kamu menjadi lebih sehat dan bugar. Jika sebelum melakukan olahraga rutin kamu mudah sakit hanya dengan beberapa aktivitas ringan, sekarang kamu justru terlihat lebih sehat dan lebih ceria meskipun kamu harus melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dikarenakan seluruh sistem dalam tubuh kamu kembali bekerja dengan normal. Dengan tubuhmu yang lebih sehat, kamu juga jadi terlihat lebih muda karena energi dan keceriaan yang ditimbulkan darinya. 

Tidak hanya sehat saat kamu berusia muda, namun saat kamu sudah menua, kamu tetap terlihat lebih sehat karena massa otot yang terus diproduksi dari aktivitas olahraga yang kamu lakukan. Berolahraga juga membuat pencernaan dan peredaran darah yang tadinya tersumbat menjadi lebih lancar. Misalnya kamu sering merasakan susah buang air besar, namun setelah berolahraga kamu jadi lancar dalam membuang air besar dan tidak lagi merasakan sakit perut. 

Baca Juga: 7 Olahraga untuk Menambah Massa Otot yang Mudah Dilakukan

4. Rasa Khawatir dan Stres Berkurang

Dengan aliran darah yang lancar, rasa khawatir dan stres pun jadi berkurang. Hal ini tentunya merupakan hasil dari olahraga yang rutin dan massa otot yang bertambah. Tidak sedikit yang merasakan bahwa pikiran mereka menjadi lebih sehat setelah mereka melakukan aktivitas olahraga. Dalam studi oleh JAMA Psychiatry pada tahun 2018, memperlihatkan bahwa mereka yang sedang mengalami gejala depresi ringan mulai menunjukkan gejala yang semakin berkurang akibat olahraga ketahanan yang mereka lakukan. 

Baca Juga: Lakukan 5 Gerakan Yoga untuk Menambah Tinggi Badan Anda

Penelitian yang dilakukan oleh Hamer M dan kawan-kawan dalam salah satu bab yang berjudul “Physical activity, stress reduction, and mood: insight into immunological mechanisms”, menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara berolahraga dengan pengurangan gejala stres dan depresi yang dialami oleh seseorang. Penelitiannya menunjukkan bahwa metode lain untuk mengurangi stres seperti mengonsumsi obat-obatan hanya berguna pada ⅓ orang yang menjadi subjek penelitian. Rutinitas olahraga ditemukan lebih efektif untuk mengurangi stres dan depresi pada diri seseorang. Oleh karena itu jika kamu merasa lebih sehat secara mental, ini berarti massa otot kamu juga bertambah akibat aktivitas olahraga yang kamu lakukan. 

Jadi bagaimana? Apakah kamu merasakan keempat ciri di atas setelah kamu berolahraga? Jika kamu merasa demikian berarti olahraga yang kamu lakukan berhasil dan telah menghasilkan massa otot yang lebih banyak. Dengan adanya massa otot yang lebih banyak dari sebelumnya, tubuh kamu jadi terasa lebih ringan dan sehat karena semua sistem dari pencernaan hingga pernafasan sedang berjalan dengan normal. Meskipun mungkin gejala yang terlihat oleh mata hanya sedikit, tetapi apabila kamu merasakan semangat dan energi yang lebih banyak dari sebelumnya ini berarti massa otot kamu bertambah. Bagi kamu yang sudah melakukan rutinitas olahraga dan sudah merasakan hasilnya, kami ucapkan selamat! 

Bagi kamu yang baru saja ingin memulai melakukan rutinitas olahraga supaya merasakan ciri-ciri di atas, kamu belum terlambat, kok. Mulailah merencanakan olahraga yang cocok untuk kamu jalani. Jika kamu membutuhkan diskusi mengenai strategi olahraga, kamu dapat menggunakan jasa personal trainer yang lebih mengerti mengenai strategi yang tepat untuk kamu. Apabila kamu sedang mencari personal trainer, kamu tidak perlu bersusah payah mencarinya dengan berkeliling ke tempat-tempat gym, kamu bisa mencarinya di STRONGBEE. Kunjungi sekarang di sini.

Sumber:

Hamer M, Endrighi R, Poole L. Physical activity, stress reduction, and mood: insight into immunological mechanisms. Methods Mol Biol. 2012;934:89-102. doi: 10.1007/978-1-62703-071-7_5. PMID: 22933142. https://sci-hub.se/10.1007/978-1-62703-071-7_5

What is muscle mass, and why is it key to your health? – Health Insights | Withings

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.