Berbagai Macam Olahraga Kardio Terbaik Selama di Rumah

Home » Fitness » Berbagai Macam Olahraga Kardio Terbaik Selama di Rumah

Ada berbagai macam olahraga kardio terbaik yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Benar sekali, ketika kita berbicara tentang berolahraga, banyak yang berpikir aktivitas yang menyehatkan ini lebih baik dilakukan di luar ruangan. Padahal aslinya tidak begitu.

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, banyak yang mengurangi aktivitas di luar rumah, termasuk olahraga. Daripada kamu hanya berdiam diri saja di rumah karena bingung ingin memiliki jenis olahraga apa, maka kardio dapat menjadi pilihan paling tepat.

Gerakan kardio bisa dibilang terhitung mudah. Kamu bisa langsung mengikutinya walaupun baru pertama kali mencoba. Hebatnya lagi, kardio tidak membutuhkan ruangan yang besar. Kamu bisa melakukan olahraga ini di dalam rumah saja. 

Jadi ada apa saja macam olahraga kardio terbaik yang dapat kamu lakukan selama di rumah saja? STRONGBEE memiliki beberapa rekomendasi gerakan kardio untuk kamu di bawah ini.

Baca Juga: Fakta Tentang Zumba dan Strong Nation

Jenis Olahraga Kardio Selama di Rumah

Pada dasarnya, kardio fokus untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh kamu. Untuk melakukan gerakan kardio dengan benar, terkadang dibutuhkan bantuan suatu alat. Namun kamu juga tetap bisa melakukan olahraga kardio tanpa bantuan alat-alat tersebut. 

Program kardio bisa dijalankan dengan menggunakan sistem jeda. Contohnya, kamu melakukan gerakan kardio selama 45 detik hingga 1 menit, kemudian istirahat selama 30 detik. Selanjutnya kembali masuk ke set berikutnya. 

Itulah mengapa kardio identik dengan olahraga-istirahat-olahraga-istirahat dan seterusnya. Bagi kamu yang memang baru ingin mencoba kardio selama di rumah, ada beberapa macam gerakan untuk dicoba sendiri. 

1. Jalan di Tempat

Selama sekolah, pasti kamu tidak asing dengan jenis gerakan jalan di tempat. Biasanya gerakan ini dilakukan ketika sedang jam mata pelajaran olahraga sebagai bagian dari pemanasan. 

Untuk memulai gerakan jalan di tempat, kamu bisa mulai mengangkat lutut agak tinggi. Fungsi gerakan ini adalah meningkatkan detak jantung sebelum memulai ke fase berikutnya. Agar intensitas lebih tinggi, jangan ragu untuk mengangkat lutut lebih tinggi lagi.

2. Berdiri dengan Satu Kaki

Gerakan berdiri dengan satu kaki ini dapat melatih otot perut kamu. Cara memulainya dengan mengangkat lutut kaki layaknya sedang jalan di tempat. Kemudian tahan posisi ini selama 10-15 detik lalu kembalikan kaki ke lantai. Selanjutnya lakukan dengan kaki yang satunya lagi. 

Jika memang kamu ingin lebih cepat, angkat lutut kaki lebih tinggi dari lantai lalu segera pindah ke kaki lainnya dengan semakin cepat lagi. 

3. Jogging di Tempat

Jogging di tempat menjadi salah satu jenis kardio yang sangat mudah dan efektif dalam meningkatkan detak jantung. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu sedikit berlari di tempat saja. Jika ingin lebih merasakan efeknya, angkat lutut lebih tinggi sambil mengayunkan lengan layaknya sedang pemanasan.

Baca Juga: 5 Makanan Rumahan Indonesia yang Cocok untuk diet

4. Lompat Tali 

Kalau kamu membaca lompat tali, maka sudah pasti dibutuhkan tali untuk dilompati. Namun kali ini kamu tidak perlu memilikinya. Kamu hanya perlu melompat di udara seperti sedang melompati tali. Latihan ini mampu memberikan alternatif selain jogging di tempat dan sangat cocok untuk pemanasan. 

Kamu bisa berdiri dengan kaki yang rapat lalu melompat ke atas sambil mengayunkan lengan ke arah melingkar. Lakukan ini selama beberapa set agar tubuh semakin lebih siap untuk menerima beberapa gerakan kardio selanjutnya. 

5. Mengayunkan Lengan

Kali ini kita berfokus dengan lengan melalui gerakan yang satu ini. Mengayunkan lengan adalah salah satu gerakan pemanasan yang sangat bagus untuk lanjut ke olahraga kardio selanjutnya. 

Untuk melakukannya, kamu bisa memutar lengan dalam gerakan melingkar. Gerakannya ini bisa melingkar searah jarum jam ataupun sebaliknya. Biasanya, jika kamu sudah melakukan gerakan mengayunkan lengan searah jarum jam, maka lakukan sebaliknya agar kedua sisi dapat bergerak optimal.

Bagaimana jika ada orang yang memiliki mobilitas terbatas di bagian lengannya? Tenang saja, mereka dapat merentangkan lengannya ke samping lalu gerakkan dengan putaran yang lebih kecil. Poin paling penting dari gerakan ini adalah mengayunkan lengan agar otot-otot bagian tubuh tersebut dapat lebih lentur.

Baca Juga: 4 Pilihan Olahraga Setelah Pulang Kerja

6. Jumping Jacks

Apakah kamu mengetahui tentang gerakan jumping jacks? Gerakan ini sangat lazim dilakukan dalam aktivitas olahraga kardio karena dapat dilakukan seseorang di mana saja. Seluruh bagian tubuh juga bergerak dengan sempurna. Dari segi lengan hingga kaki.

Untuk melakukannya kamu dapat membuat kuda-kuda kaki yang kuat dengan lebar sepinggul. Selanjutnya loncat dengan melebarkan kaki secukupnya, sambil mengangkat lengan ke atas.

Jadi akan terbentuk pola seperti membuka tubuh dengan lebar saat loncatan pertama, lalu ditutup kembali ketika loncatan kedua. Lakukan gerakan jumping jacks dalam jangka waktu tertentu.

Kalau memang kamu ingin meningkatkan intensitas latihan, jangan ragu untuk melompat lebih tinggi atau lebih cepat. Sebaliknya, kamu juga bisa mengurangi intensitas dengan melakukan gerakan jumping jacks yang lebih lambat dan kecil.

Jadi itulah berbagai macam olahraga kardio terbaik yang dapat kamu lakukan di rumah. Kamu tidak perlu sibuk keluar rumah hanya demi berolahraga. Dengan tips yang diberikan STRONGBEE, dapatkan manfaat kesehatan tubuh lebih maksimal lagi. STRONGBEE juga dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien.  

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Why you need to exercise (more)

5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5 Pilihan Personal Trainer di Jakarta

Recently Posted

tags

Recommended For You

cara melakukan plank yang benar

Bagaimana Cara Melakukan Plank yang Benar?

posisi plank yang baik dan benar

Tips untuk Melakukan Posisi Plank yang Baik dan Benar

bolehkah hiit cardio setiap hari

Bolehkah HIIT Cardio Setiap Hari untuk Menurunkan Berat Badan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved