10 Jenis Olahraga yang Dapat Membakar Banyak Kalori

Membakar kalori di dalam tubuh memang perlu untuk dilakukan, khususnya bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Cara paling mudah dalam membakar kalori adalah berolahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat membakar kalori tubuh kamu dengan optimal.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang membutuhkan total jumlah kalori setiap hari yang berbeda-beda. Paling mudah adalah melihat dari tinggi badan dan berat badan kamu sendiri. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh.

Jika kamu sudah merasa kini waktunya membakar banyak kalori demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sekaligus lebih sehat, berarti harus mencoba beberapa jenis olahraga di bawah ini yang merupakan rekomendasi dari STRONGBEE.

Pilihan Olahraga untuk Membakar Banyak Kalori

Kalau ditanya jenis olahraga apa yang mampu membakar kalori paling banyak, maka running menjadi pilihan tepat. Sayangnya, running tidak menjadi olahraga favorit untuk semua orang. Ada berbagai alasan mengapa mereka tidak memilih running demi membakar banyak kalori tubuh.

Beruntung, masih banyak olahraga lain yang dinilai mampu membakar kalori dalam jumlah banyak. Ukuran berapa banyak kalori yang terbakar ditentukan oleh beberapa hal, seperti durasi olahraga, pace, intensitas, dan berat badan serta tinggi badan. Secara garis besar, semakin besar berat badan kamu, maka jumlah kalori yang dibakar juga semakin banyak.

Kamu dapat mencoba beberapa olahraga pilihan STRONGBEE ini demi mampu membakar banyak kalori yang memang ingin dibuang dari tubuh.

1. Berenang

Berenang selalu menjadi pilihan tepat bagi orang yang tidak ingin olahraga outdoor seperti bersepeda atau running. Merasakan dinginnya air sambil berenang biasanya membuat proses berolahraga sangat tidak terasa. Padahal durasi berenang sudah cukup lama.

Hebatnya dari berenang adalah termasuk sebagai jenis olahraga dengan efek yang terasa minim, namun sama seperti jogging. Bayangkan saja, 30 menit kamu berenang dengan santai dapat membakar kalori sama dengan 30 menit jogging. Ditambah lagi, kamu bisa meningkatkan kualitas kekuatan otot, alirah darah, serta kapasitas paru-paru.

Jika kamu memang ingin membakar kalori lebih banyak lagi, maka lakukan gaya berenang layaknya profesional. Lakukan beberapa putaran ketika berenang seperti sedang berlomba sehingga kalori tubuh kamu semakin banyak yang terbakar. Tertarik untuk mencoba olahraga berenang?

Baca Juga: Apa Itu Personal Trainer dan Manfaatnya?

2. Sepeda Statis

Kamu punya sepeda statis di rumah? Jangan sia-siakan sepeda itu. Kamu bisa menggunakannya untuk membakar kalori dengan jumlah cukup banyak. Olahraga dengan sepeda statis selama 30 menit mampu membakar kalori yang banyak.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, coba pola seperti. Awali dengan pemanasan selama lima menit sambil mengayuh secara santai. Selanjutnya mulai pola satu menit full speed dan dua menit mengayuh secara santai. Lakukan pola ini selama 30 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Berjalan

Benar sekali, berjalan menjadi salah satu olahraga yang juga mampu membakar kalori dengan banyak. Kamu bisa berjalan mengitari komplek perumahan sendiri atau mencari taman yang asri dan terbuka. Berjalan tidak hanya memberikan kemudahan dari segi berolahraga saja, tetapi juga membuat tubuh lebih rileks karena kamu melakukannya dengan santai.

Baca Juga: 10 Macam Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

4. Aerobik

Kamu bisa memulai aerobik dengan mengikuti video di YouTube atau website lainnya. Pilihan aerobik sangat cocok untuk kamu yang suka dance. Apalagi kamu bisa melakukan aerobik di rumah saja.

Kamu tidak hanya dapat membakar kalori saja, tetapi juga meningkatkan kualitas detak jantung. Beberapa contoh aerobik yang dapat kamu pilih ada Zumba atau Bokwa.

5. Lompat Tali

Lompat tali menjadi salah satu jenis olahraga yang biasanya sudah dilakukan sejak kecil. Kamu dapat melakukannya di rumah dengan mudah. Awali sesi olahraga lompat tali dengan perlahan sebagai langkah pemanasan. Selanjutnya bisa mulai kamu percepat agar seluruh tubuh bergerak sehingga kalori semakin cepat terbakar.

6. Jumping Jacks

Jumping jacks bisa menjadi pilihan untuk berolahraga di rumah demi membakar kalori dengan jumlah banyak. Apalagi ketika melakukan olahraga ini, semua bagian tubuh kamu bergerak. Sebaiknya lakukan jumping jack lalu dilanjutkan lompat tali agar hasil yang dirasakan menjadi lebih optimal lagi.

Baca Juga: Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

7. Pilates

Pilates menjadi rekomendasi olahraga pembakar kalori yang jarang diketahui oleh orang. Banyak yang mengira pilates itu sama dengan yoga, yaitu untuk menenangkan hati dan pikiran. Padahal pilates mampu membuat otot-otot kamu menjadi lebih kuat, termasuk membakar banyak kalori lebih banyak.

Inilah yang membedakan pilates dengan yoga. Pilates memang seakan mirip dengan yoga, tapi tujuan utama pilates adalah membakar banyak kalori. Berbagai gerakan dalam pilates memang dimaksudkan untuk membakar banyak kalori tubuh lebih banyak lagi. Itulah mengapa ketika kamu ingin menurunkan berat badan sekaligus membakar banyak kalori, pilates menjadi salah satu rekomendasi STRONGBEE.

8. High Intensity Interval Training (HIIT)

High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan salah satu jenis olahraga intensitas tinggi ke rendah dengan cara memberikan jeda untuk melakukan pengulangan gerakan. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan gerakan jumping jack sebanyak 15 kali, kemudian istirahat selama 10 detik, dan kemudian melakukan kembali gerakan jumping jack. Kamu bisa melakukan sesi ini selama beberapa kali dengan konsistensi interval waktu yang terukur.

HIIT cukup efektif untuk dilakukan sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan. Lebih bagusnya lagi, sesudah kamu melakukan HIIT, tubuhmu masih bisa melakukan pembakaran kalori meskipun sesi olahraga telah berakhir. Waktu yang paling tepat untuk melakukan HIIT sendiri adalah pada saar pagi hari ketika perut masih kosong.

9. Kickboxing

Selain HIIT, olahraga lain yang efektif untuk pembakaran kalori dan menurunkan berat badan adalah kickboxing. Olahraga ini membutuhkan gerakan lincah serta kekuatan otot untuk melatih kinerja detak jantung serta menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu membakar banyak kalori hingga 800 kalori per jam.

10. Lari

Olahraga yang membakar banyak kalori lainnya adalah lari. Lari menjadi salah satu olahraga yang membakar banyak kalori terbaik serta menurunkan berat badan. Yang perlu kamu ketahui adalah, olahraga lari ini berbeda dengan jogging karena kamu dituntut untuk melakukan olahraga dengan kecepatan untuk bisa secara efektif membakar banyak kalori dan lemak tubuh.

Jadi itulah jenis-jenis olahraga untuk membakar banyak kalori. Selain itu, sekarang kamu juga bisa dengan mudah mengikuti berbagai aktivitas olahraga bersama STRONGBEE. Kami dapat memberikan dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk kamu agar mampu merasakan pola olahraga yang efisien dalam membakar banyak kalori secara maksimal. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.healthline.com/health/what-exercise-burns-the-most-calories#at-home

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.