7 Jenis Olahraga yang Dapat Membakar Banyak Kalori

Home » Fitness » 7 Jenis Olahraga yang Dapat Membakar Banyak Kalori

Membakar kalori di dalam tubuh memang perlu untuk dilakukan, khususnya bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Cara paling mudah dalam membakar kalori adalah berolahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat membakar kalori tubuh kamu dengan optimal.

Namun perlu diingat bahwa setiap orang membutuhkan total jumlah kalori setiap hari yang berbeda-beda. Paling mudah adalah melihat dari tinggi badan dan berat badan kamu sendiri. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh.

Jika kamu sudah merasa kini waktunya membakar banyak kalori demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sekaligus lebih sehat, berarti harus mencoba beberapa jenis olahraga di bawah ini yang merupakan rekomendasi dari STRONGBEE.

Pilihan Olahraga yang Dapat Membakar Banyak Kalori

Kalau ditanya jenis olahraga apa yang mampu membakar kalori paling banyak, maka running menjadi pilihan tepat. Sayangnya, running tidak menjadi olahraga favorit untuk semua orang. Ada berbagai alasan mengapa mereka tidak memilih running demi membakar banyak kalori tubuh.

Beruntung, masih banyak olahraga lain yang dinilai mampu membakar kalori dalam jumlah banyak. Ukuran berapa banyak kalori yang terbakar ditentukan oleh beberapa hal, seperti durasi olahraga, pace, intensitas, dan berat badan serta tinggi badan. Secara garis besar, semakin besar berat badan kamu, maka jumlah kalori yang dibakar juga semakin banyak. 

Kamu dapat mencoba beberapa olahraga pilihan STRONGBEE ini demi mampu membakar banyak kalori yang memang ingin dibuang dari tubuh.

1. Berenang

Berenang selalu menjadi pilihan tepat bagi orang yang tidak ingin olahraga outdoor seperti bersepeda atau running. Merasakan dinginnya air sambil berenang biasanya membuat proses berolahraga sangat tidak terasa. Padahal durasi berenang sudah cukup lama. 

Hebatnya dari berenang adalah termasuk sebagai jenis olahraga dengan efek yang terasa minim, namun sama seperti jogging. Bayangkan saja, 30 menit kamu berenang dengan santai dapat membakar kalori sama dengan 30 menit jogging. Ditambah lagi, kamu bisa meningkatkan kualitas kekuatan otot, alirah darah, serta kapasitas paru-paru. 

Jika kamu memang ingin membakar kalori lebih banyak lagi, maka lakukan gaya berenang layaknya profesional. Lakukan beberapa putaran ketika berenang seperti sedang berlomba sehingga kalori tubuh kamu semakin banyak yang terbakar. Tertarik untuk mencoba olahraga berenang?

Baca Juga: Apa Itu Personal Trainer dan Manfaatnya?

2. Sepeda Statis

Kamu punya sepeda statis di rumah? Jangan sia-siakan sepeda itu. Kamu bisa menggunakannya untuk membakar kalori dengan jumlah cukup banyak. Olahraga dengan sepeda statis selama 30 menit mampu membakar kalori yang banyak.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, coba pola seperti. Awali dengan pemanasan selama lima menit sambil mengayuh secara santai. Selanjutnya mulai pola satu menit full speed dan dua menit mengayuh secara santai. Lakukan pola ini selama 30 menit untuk mendapatkan hasil maksimal. 

3. Berjalan

Benar sekali, berjalan menjadi salah satu olahraga yang juga mampu membakar kalori dengan banyak. Kamu bisa berjalan mengitari komplek perumahan sendiri atau mencari taman yang asri dan terbuka. Berjalan tidak hanya memberikan kemudahan dari segi berolahraga saja, tetapi juga membuat tubuh lebih rileks karena kamu melakukannya dengan santai. 

Baca Juga: 10 Macam Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

4. Aerobik

Kamu bisa memulai aerobik dengan mengikuti video di YouTube atau website lainnya. Pilihan aerobik sangat cocok untuk kamu yang suka dance. Apalagi kamu bisa melakukan aerobik di rumah saja. 

Kamu tidak hanya dapat membakar kalori saja, tetapi juga meningkatkan kualitas detak jantung. Beberapa contoh aerobik yang dapat kamu pilih ada Zumba atau Bokwa. 

5. Lompat Tali

Lompat tali menjadi salah satu jenis olahraga yang biasanya sudah dilakukan sejak kecil. Kamu dapat melakukannya di rumah dengan mudah. Awali sesi olahraga lompat tali dengan perlahan sebagai langkah pemanasan. Selanjutnya bisa mulai kamu percepat agar seluruh tubuh bergerak sehingga kalori semakin cepat terbakar.

6. Jumping Jacks

Jumping jacks bisa menjadi pilihan untuk berolahraga di rumah demi membakar kalori dengan jumlah banyak. Apalagi ketika melakukan olahraga ini, semua bagian tubuh kamu bergerak. Sebaiknya lakukan jumping jack lalu dilanjutkan lompat tali agar hasil yang dirasakan menjadi lebih optimal lagi. 

Baca Juga: Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

7. Pilates

Pilates menjadi rekomendasi olahraga pembakar kalori yang jarang diketahui oleh orang. Banyak yang mengira pilates itu sama dengan yoga, yaitu untuk menenangkan hati dan pikiran. Padahal pilates mampu membuat otot-otot kamu menjadi lebih kuat, termasuk membakar kalori lebih banyak.

Inilah yang membedakan pilates dengan yoga. Pilates memang seakan mirip dengan yoga, tapi tujuan utama pilates adalah membakar kalori. Berbagai gerakan dalam pilates memang dimaksudkan untuk membakar kalori tubuh lebih banyak lagi. Itulah mengapa ketika kamu ingin menurunkan berat badan sekaligus membakar kalori, pilates menjadi salah satu rekomendasi STRONGBEE.

Jadi itulah jenis-jenis olahraga yang dapat membakar banyak kalori. Selain itu, sekarang kamu juga bisa dengan mudah mengikuti berbagai aktivitas olahraga bersama STRONGBEE. Kami dapat memberikan dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk kamu agar mampu merasakan pola olahraga yang efisien dalam membakar kalori secara maksimal. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga! 

Sumber: https://www.healthline.com/health/what-exercise-burns-the-most-calories#at-home

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.