Apa Itu Personal Trainer dan Manfaatnya?

Home » Fitness » Apa Itu Personal Trainer dan Manfaatnya?

Olahraga menjadi kebutuhan kita sehari-hari demi membuat tubuh tetap fit dan otot-otot selalu siap menjalani aktivitas. Sayangnya tidak semua orang paham dengan bagaimana olahraga yang benar. Itulah mengapa muncul profesi personal trainer. Apa itu personal trainer?

Dari segi namanya saja sudah terlihat tujuan utama dari profesi ini. Personal trainer memang sering terlihat di dalam tempat fitness atau gym. Saat ini banyak yang memutuskan untuk menggunakan jasa personal trainer karena mereka bisa merasakan manfaatnya. 

Ada berbagai manfaat yang dapat diberikan personal trainer jika kamu memang tertarik menggunakan jasa mereka. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Personal Trainer?

Personal trainer adalah orang yang dapat melatih, membimbing, dan memberikan saran kepada kamu ketika sedang ingin memulai olahraga secara rutin. Personal trainer akan membuat program yang paling tepat sesuai tujuan kamu sejak dini sehingga menjadi lebih fokus. Contohnya seperti ingin menurunkan berat badan atau membuat badan lebih berisi, semuanya dapat didukung oleh personal trainer.

Pada awalnya, banyak yang tidak yakin menggunakan jasa personal trainer karena dinilai mahal dan tidak memberikan manfaat apa-apa. Padahal jika kamu memang memiliki tujuan tertentu dalam olahraga rutin, maka keberadaan personal trainer menjadi penting. Mereka bisa memberikan cara paling tepat dan efisien untuk mencapai tujuan kamu tersebut. 

Baca Juga: Berapa Kalori yang Kamu Bakar dengan Berolahraga?

Sebelum memulai memilih personal trainer, sebaiknya kamu menjawab beberapa pertanyaan ini:

  • Apa tujuan saya berolahraga?
  • Berapa kali sesi latihan per minggu yang saya mampu lakukan?
  • Bagaimana tipe personal trainer yang cocok untuk saya?
  • Latihan seperti apa yang pas untuk saya?
  • Berapa budget saya?

Jika sudah menjawab beberapa pertanyaan di atas, maka kamu bisa memutuskan apakah memang membutuhkan sosok personal trainer atau tidak. 

Kalau masih bingung dengan keputusan menggunakan personal trainer atau tidak sama sekali, berarti kamu harus membaca beberapa manfaat ketika menggunakan jasa profesi ini.

5 Manfaat Personal Trainer

Sudah pasti keberadaan personal trainer memberikan manfaat beragam bagi orang-orang yang menggunakan jasanya. Beberapa manfaatnya mencakup:

1. Memahami Tubuh Kamu Sendiri

Seperti yang dijelaskan di atas, personal trainer dapat membuat kamu lebih memahami tubuh sendiri. Mereka bisa melihat dan membantu kamu dalam mempelajari cara olahraga yang tepat, bagaimana menggunakan alat-alat tertentu, hingga latihan paling efektif sesuai target. 

Selain itu kamu juga bisa dibimbing dalam mengerti bagaimana gaya hidup yang sehat. Jangan sampai kamu salah dalam melakukan suatu gerakan atau olahraga tertentu karena ketidakhadiran personal trainer. Alih-alih ingin sehat, tubuh kamu dapat cedera.

2. Fokus Kepada Target

Apa tujuan saya berolahraga? Pertanyaan ini dapat kamu jawab sendiri, namun mampu dicapai dengan dukungan personal trainer. Mereka bisa membantu kamu dalam mencapai target sesuai keinginan sendiri. Contohnya seperti menurunkan berat badan hingga 20 kilogram. Angka tersebut memang sangat besar, tapi dengan dukungan personal trainer, maka menjadi lebih mudah dilakukan. 

Aktivitas olahraga kamu hingga pola makan akan diatur oleh personal trainer sehingga bisa fokus kepada target. Mungkin kamu akan merasa hidupmu sedikit diatur oleh personal trainer. Tapi demi mencapai target, maka kamu harus dapat menerimanya.

Baca Juga: Fakta Tentang Zumba dan Strong Nation

3. Personalisasi Sesi Olahraga 

Fokus kepada target memang menjadi manfaat dari personal trainer, tapi efeknya semakin besar ketika kamu mendapatkan personalisasi setiap sesi olahraga. Personal trainer akan melihat seluruh tubuh kamu lalu melihat bagaimana mana saja yang harus diperbaiki atau menjadi fokus utama. 

Personal trainer selalu berusaha memberikan sesi olahraga yang tepat sesuai kebutuhan klien agar secara keseluruhan menjadi lebih sehat dan baik. Itulah mengapa jangan sampai kamu melupakan kehadiran personal trainer dalam sesi olahraga yang dilakukan sendiri.

4. Perubahan Gaya Hidup

Banyak orang yang memilih gaya hidup yang kurang sehat. Mereka menyadari itu tetapi tidak bisa lepas atau tak berniat mengubahnya ke arah lebih baik. Untungnya, personal trainer dapat membantu kamu dalam mengubah gaya hidup.

Kamu bisa mendapatkan panduan dalam mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Contohnya dari segi olahraga dan asupan makanan setiap harinya. Pola tidur dan bagaimana mengelola stres juga dapat diberikan oleh personal trainer. Secara perlahan-lahan, pasti gaya hidup kamu menjadi lebih baik.

Baca Juga Seberapa Penting Kita Melakukan Latihan Cardio?

5. Variasi Olahraga

Olahraga yang sama secara terus menerus memang membosankan. Pasti kamu merasakan hal yang sama juga. Dengan kehadiran personal trainer, variasi olahraga pasti dapat diberikan. 

Kamu bisa mendapatkan berbagai variasi olahraga dengan menggunakan alat yang sama di rumah atau di gym. Variasi ini sudah pasti mendukung kamu dalam mencapai target utama. Semuanya variasi olahraga akan diberikan dan dicoba kepada kamu. Dengan begitu kamu tidak akan pernah merasa bosan berolahraga bersama panduan dari personal trainer.

Jadi sekarang kamu sudah mengerti apa itu personal trainer dan apa saja manfaatnya. Seluruh manfaat di atas dapat kamu rasakan sendiri secara langsung jika menggunakan STRONGBEE. Kami dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Jadi tunggu apalagi? Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.healthline.com/health/fitness/benefits-of-personal-training#6.-Promotes-exercise-variety

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Why you need to exercise (more)

5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5 Pilihan Personal Trainer di Jakarta

Recently Posted

tags

Recommended For You

cara melakukan plank yang benar

Bagaimana Cara Melakukan Plank yang Benar?

posisi plank yang baik dan benar

Tips untuk Melakukan Posisi Plank yang Baik dan Benar

bolehkah hiit cardio setiap hari

Bolehkah HIIT Cardio Setiap Hari untuk Menurunkan Berat Badan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved