Apa Itu Personal Trainer dan Manfaatnya?

Olahraga menjadi kebutuhan kita sehari-hari demi membuat tubuh tetap fit dan otot-otot selalu siap menjalani aktivitas. Sayangnya tidak semua orang paham dengan bagaimana olahraga yang benar. Itulah mengapa muncul profesi personal trainer. Apa sih personal trainer itu?

Dari segi namanya saja sudah terlihat tujuan utama dari profesi ini. Personal trainer memang sering terlihat di dalam tempat fitness atau gym. Saat ini banyak yang memutuskan untuk menggunakan jasa personal trainer karena mereka bisa merasakan manfaatnya.

Ada berbagai manfaat yang dapat diberikan personal trainer jika kamu memang tertarik menggunakan jasa mereka. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Seberapa Penting Peran Personal Trainer?

Sebelum kita membahas mengenai seberapa penting peran personal trainer, kita perlu tahu dulu mengenai pengertian dari personal trainer itu sendiri. Bagi kamu yang belum tahu, personal trainer adalah seseorang yang dapat melatih, membimbing, serta memberikan saran untuk kamu yang sedang ingi memulai program latihan secara rutin.

Personal trainer memiliki peran untuk membuat program latihan yang paling tepat sesuai tujuan dari olahragamu sejak dini, sehingga kamu dapat lebih fokus dalam mengikuti program latihan tersebut. Seperti contoh ketika kamu ingin menurunkan berat badan atau membuat badan lebih berisi dengan mengikuti program latihan, personal trainer akan membantu dan mendukung semua proses latihan yang kamu lakukan.

Pada awalnya, banyak yang tidak yakin untuk menggunakan jasa personal trainer, karena banyak yang menilai kalau menggunakan personal trainer di pusat kebugaran akan menambah biaya yang lebih besar dan tidak memiliki manfaat yang berdampak secara signifikan. Padahal kalau kamu memang memiliki tujuan tertentu untuk mengikuti program latihan, maka keberadaan personal trainer menjadi sangat penting. Karena personal trainer dapat memberikan cara yang paling tepat untuk menjalani program latihan yang kamu ikuti di pusat kebugaran.

Baca Juga: Berapa Kalori yang Kamu Bakar dengan Berolahraga?

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memilih Personal Trainer

Sebelum memulai memilih personal trainer untuk membantu kamu dalam mengikuti program latihan, sebaiknya kamu menjawab beberapa pertanyaan ini:

  • Apa tujuan saya berolahraga?
  • Berapa kali sesi program latihan per minggu yang saya mampu lakukan?
  • Bagaimana tipe personal trainer yang cocok untuk saya?
  • Program latihan seperti apa yang pas untuk saya?
  • Berapa budget saya untuk mengikuti program latihan?

Jika sudah menjawab beberapa pertanyaan di atas, maka kamu bisa memutuskan apakah memang membutuhkan sosok personal trainer atau tidak untuk membantu kamu dalam mengikuti program latihan.

Kalau masih bingung dengan keputusan menggunakan personal trainer atau tidak sama sekali, berarti kamu harus membaca beberapa manfaat ketika menggunakan jasa profesi ini.

5 Manfaat Personal Trainer

Sudah pasti keberadaan personal trainer memberikan manfaat beragam bagi orang-orang yang menggunakan jasanya. Beberapa manfaatnya mencakup:

1. Memahami Tubuh Kamu Sendiri

Seperti yang dijelaskan di atas, personal trainer dapat membuat kamu lebih memahami tubuh sendiri. Mereka bisa melihat dan membantu kamu dalam mempelajari cara olahraga yang tepat, bagaimana menggunakan alat-alat tertentu, hingga program latihan paling efektif sesuai target.

Selain itu kamu juga bisa dibimbing dalam mengerti bagaimana gaya hidup yang sehat. Jangan sampai kamu salah dalam melakukan suatu gerakan atau olahraga tertentu karena ketidakhadiran personal trainer. Alih-alih ingin sehat, tubuh kamu dapat cedera.

2. Fokus Kepada Target

Apa tujuan saya berolahraga? Pertanyaan ini dapat kamu jawab sendiri, namun mampu dicapai dengan dukungan personal trainer. Mereka bisa membantu kamu dalam mencapai target sesuai keinginan sendiri. Contohnya seperti menurunkan berat badan hingga 20 kilogram. Angka tersebut memang sangat besar, tapi dengan dukungan personal trainer, maka menjadi lebih mudah dilakukan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

Aktivitas olahraga kamu hingga pola makan akan diatur oleh personal trainer sehingga bisa fokus kepada target. Mungkin kamu akan merasa hidupmu sedikit diatur oleh personal trainer. Tapi demi mencapai tujuan dan target dari program latihan, maka kamu harus dapat menerimanya.

Baca Juga: Fakta Tentang Zumba dan Strong Nation

3. Personalisasi Sesi Olahraga 

Fokus kepada target memang menjadi manfaat dari personal trainer, tapi efeknya semakin besar ketika kamu mendapatkan personalisasi setiap sesi olahraga. Personal trainer akan melihat seluruh tubuh kamu lalu melihat bagaimana mana saja yang harus diperbaiki atau menjadi fokus utama.

Personal trainer selalu berusaha memberikan sesi olahraga yang tepat sesuai kebutuhan klien agar secara keseluruhan menjadi lebih sehat dan baik. Itulah mengapa jangan sampai kamu melupakan kehadiran personal trainer dalam sesi olahraga yang dilakukan sendiri.

4. Perubahan Gaya Hidup

Banyak orang yang memilih gaya hidup yang kurang sehat. Mereka menyadari itu tetapi tidak bisa lepas atau tak berniat mengubahnya ke arah lebih baik. Untungnya, personal trainer dapat membantu kamu dalam mengubah gaya hidup.

Kamu bisa mendapatkan panduan dalam mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Contohnya dari segi olahraga dan asupan makanan setiap harinya. Pola tidur dan bagaimana mengelola stres juga dapat diberikan oleh personal trainer. Secara perlahan-lahan, pasti gaya hidup kamu menjadi lebih baik.

Baca Juga Seberapa Penting Kita Melakukan Latihan Cardio?

5. Variasi Olahraga

Olahraga yang sama secara terus menerus memang membosankan. Pasti kamu merasakan hal yang sama juga. Dengan kehadiran personal trainer, variasi olahraga pasti dapat diberikan.

Kamu bisa mendapatkan berbagai variasi olahraga dengan menggunakan alat yang sama di rumah atau di gym. Variasi ini sudah pasti mendukung kamu dalam mencapai target utama. Semuanya variasi olahraga akan diberikan dan dicoba kepada kamu. Dengan begitu kamu tidak akan pernah merasa bosan berolahraga bersama panduan dari personal trainer.

6. Efisiensi Waktu

Dengan memilih personal trainer yang berpengalaman untuk menunjang kegiatanmu dalam mengikuti program latihan, kamu akan lebih teratur dalam berolahraga. Karena personal trainer yang berpengalaman akan memanfaatkan waktu latihan yang kamu lakukan dengan sebaik mungkin yang juga akan meningkatkan program latihan yang kamu miliki. Tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah karena sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki waktu terbatas dalam mencapai tujuan dalam berolahraga.

Jadi sekarang kamu sudah mengerti mengenai pengertian personal trainer dan apa saja manfaatnya. Seluruh manfaat di atas dapat kamu rasakan sendiri secara langsung jika menggunakan STRONGBEE. Kami dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Jadi tunggu apalagi? Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.