10 Makanan Untuk Menambah Massa Otot Anda Dengan Cepat

Berolahraga sudah terbukti menjadi salah satu kegiatan penting bagi kamu yang ingin menambah massa otot dengan cepat. Namun berolahraga saja tidak cukup, loh. Kamu juga memerlukan makanan untuk dapat menambah massa otot. Makanan-makanan yang tepat yang sudah terbukti mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan membantu kamu meningkatkan massa otot dalam tubuh. Makanan yang mengandung nutrisi seimbang akan sangat membantu meningkatkan massa otot kamu, misalnya makanan dengan tinggi protein, kalori, lemak dan karbohidrat yang cukup. Dalam artikel ini STRONGBEE akan merekomendasikan beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi saat kamu ingin menambah massa otot. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini. 

Makanan Untuk Menambah Massa Otot

Makanan untuk menambah massa otot tidak harus makanan yang mahal atau susah ditemukan, kok. Berikut ini beberapa makanan yang dapat kamu temukan dengan mudah di dekat rumahmu. 

1. Telur

Pada setiap kulkas di setiap rumah pasti memiliki telur. Telur terbukti mengandung nutrisi yang tinggi yang baik untuk kita konsumsi. Dalam satu telur terdapat kandungan karbohidrat, protein yang tinggi, lemak dan vitamin B. Protein yang tinggi akan membantu meningkatkan massa otot. Hal ini dikarenakan dalam protein terdapat asam amino leusin yang penting dalam menambah massa otot. 

2. Salmon

Ikan salmon juga mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan massa otot kamu. Dalam setiap 85 gram ikan salmon terdapat 17 gram protein, kurang lebih 2 gram asam lemak omega 3 dan beberapa vitamin B. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

3. Tuna

Ikan tuna juga dapat menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang tidak menyukai ikan salmon. Dalam setiap 85 gram ikan tuna, terdapat 20 gram protein. Selain itu terdapat nutrisi penting lainnya seperti vitamin A dan vitamin B, termasuk B12, B3 dan B6. Jika kita berbicara tentang ikan tuna, asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya tidak bisa kita lewatkan. Selain bagus untuk kesehatan, asam lemak omega 3 sangat penting untuk memperlambat hilangnya massa otot seiring bertambahnya usia seseorang. 

4. Udang

Meskipun kecil, udang mengandung asam amino leusin yang penting untuk menambah massa otot seperti pada telur. Dalam setiap 85 gram udang, terdapat 18 gram protein, 1 gram lemak dan 0 karbohidrat. Oleh karena itu mengonsumsi udang dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang melakukan diet. Kamu bisa mengurangi konsumsi kalori sambil menambah massa otot kamu. 

5. Dada Ayam

Mengonsumsi dada ayam dalam pembentukan otot sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Jika kamu menonton video-video orang yang sedang ingin menambah massa otot, mereka pasti memasukkan dada ayam dalam menu makanan mereka sehari-hari. Dalam setiap 85 gram dada ayam, terdapat 26 gram protein. Selain itu dada ayam mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin B3 dan B6 yang sangat penting untuk kamu yang aktif berolahraga.

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Menjalankan Tugasnya

6. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani mengandung 2x lipat jumlah protein daripada yogurt biasa. Dengan protein yang tinggi, mengonsumsi yogurt Yunani juga membantu meningkatkan massa otot tanpa lemak karena mengandung kombinasi protein susu yang cepat dan lambat untuk dicerna. Dengan adanya campuran protein yang cepat dan lambat untuk dicerna, mengonsumsinya setelah berolahraga dan sebelum tidur akan memberikan manfaat yang lebih terasa. Namun sebenarnya, tidak ada larangan waktu untuk memakan yogurt Yunani, kamu bisa memakannya kapan saja saat kamu menginginkannya.

7. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi juga sudah dikenal efektif untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang ingin menambahkan massa otot. Daging sapi mengandung vitamin B, mineral, protein yang tinggi dan creatine yang bagus untuk otot kamu, khususnya bagi kamu yang berolahraga angkat beban. Dalam setiap 85 gram daging sapi tanpa lemak, terdapat 228 kalori dan 15 gram lemak. Perlu diingat, pilihlah daging sapi yang mendukung penambahan otot tanpa memberikan terlalu banyak kalori ekstra. 

8. Kacang Tanah

Dalam setiap 73 gram kacang, terdapat 17 gram protein, 16 gram karbohidrat, 425 kalori dan sejumlah besar lemak tak jenuh. Oleh karena itu mengonsumsi kacang tanah akan membantu kamu meningkatkan massa otot karena semua nutrisi dan kalori yang terkandung di dalamnya. Selain itu kacang tanah juga mengandung asam amino leusin yang lebih tinggi daripada bahan makanan lainnya yang ditanam. 

Baca Juga: Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak dengan Sehat

9. Edamame

Dalam setiap 155 gram kacang edamame, terdapat 17 gram protein dan 8 gram serat, sejumlah besar folat, vitamin K dan manganese. Folat yang dimiliki kacang edamame bermanfaat untuk memproses asam amino dalam tubuh, yang menjadi elemen penting dalam membangun protein. Dengan begitu protein yang telah kamu konsumsi juga akan diproses lebih cepat dengan adanya asam folat. 

10. Tahu

Kita tahu bahwa bahan makanan tahu terbuat dari kacang kedelai yang biasanya digunakan sebagai pengganti daging. Hal ini karena dalam setiap 124 gram tahu mentah, terdapat 10 gram protein, 6 gram lemak dan 2 gram karbohidrat. Selain itu tahu juga menjadi sumber kalsium yang baik bagi otot dan kesehatan tulang kamu. 

Mengonsumsi bahan-bahan makanan di atas memang baik, tetapi jangan sampai kamu memakannya dalam jumlah yang berlebihan, ya. Segala sesuatu yang baik namun dimakan dalam jumlah yang berlebihan akan membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan kamu. Semoga beberapa rekomendasi di atas dapat membantu kamu untuk mulai menentukan menu-menu makanan yang sehat dan membantu kamu menambah massa otot dengan cepat. Untuk kamu yang sedang bosan melakukan olahraga di rumah, kamu bisa kok kembali berolahraga di gym, baik seorang diri maupun bersama teman-teman yang lain. Tidak perlu bingung, STRONGBEE menyediakan fasilitas olahraga yang kamu perlukan seperti studio, gym, lapangan, dll. Selain itu ada banyak kelas olahraga yang dapat kamu pilih, supaya olahraga yang kamu lakukan jadi menyenangkan bersama banyak orang. Kunjungi website kami sekarang, klik di sini ya!

Sumber :

26 Foods That Help You Build Lean Muscle (healthline.com)

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.