Inilah Cara Menambah Massa Otot untuk Orang Kurus yang Bisa Kamu Ikuti

Tipe tubuh tiap orang akan berbeda-beda antar manusia. Ada yang bisa mendapatkan otot dengan cepat, ada juga yang harus melewati banyak hal untuk bisa membentuk badannya. Bagi kamu yang masih merasa kurus dan ingin menambah massa otot, maka caranya tidak akan jauh-jauh dari “makan nutrisi yang cukup dan memilih olahraga yang tepat.” Walaupun kedua hal tersebut mungkin tidak semudah yang kamu kira. Namun sangat efektif untuk bisa mendapatkan otot yang terlihat padat. Berikut ini adalah cara menambah massa otot untuk orang kurus.

Menambah Massa Otot untuk Orang Kurus

Untuk menambah massa otot, akan dibutuhkan dedikasi akan waktu dan usaha agar bisa membangun otot yang kamu inginkan. Semuanya tidak akan bisa datang begitu saja tanpa adanya usaha. 

Bagi kamu yang memiliki badan kurus, mungkin akan membutuhkan usaha yang “lebih” dibandingkan orang lain. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat membantu proses satu ini. Mulai dari menambah jumlah makanan yang dikonsumsi hingga memilih latihan yang lebih tepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa dicoba agar dapat meningkatkan massa otot bagi orang-orang yang kurus.

1. Makan Lebih Banyak

Jika kamu sudah berlatih dengan keras dan makan protein dalam jumlah besar, tapi tidak melihat kemajuan, sebenarnya apa penyebabnya? Mungkin kamu tidak makan cukup asupan makanan. Pada dasarnya, penambahan berat badan dan penurunan berat badan akan tergantung pada kalori. Jika kamu tidak makan cukup kalori untuk menambah berat badan, maka badan kamu akan tetap berada pada kondisi yang sama. 

Jadi tidak cukup protein saja, namun kalori dan berbagai nutrisi lainnya juga dibutuhkan dalam usaha untuk bisa mendapatkan massa otot yang diinginkan. Konsumsi karbohidrat bertepung seperti kentang, nasi, dan oat secara rutin. Lalu coba camilan berkalori tinggi tapi sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sumber lemak baik lainnya. 

2. Berolahraga Lebih Baik

Kamu bisa merangsang pertumbuhan otot dengan sedikit latihan selama dilakukan dengan beban berat dan mengaktifkan serat otot sebanyak mungkin. Bahkan kamu juga tidak perlu menggunakan banyak mesin, cukup latihan dasar dan sederhana seperti squat, push up, sit up, pull up, lunge, deadlift, bench press, dan overhead press. Latihan yang sederhana ini akan sangat membantu dalam fase pembangunan otot pada tubuh karena akan memengaruhi banyak otot dalam tubuhmu.

Baca Juga: Memahami Tujuan dan Manfaat Warming Up Sebelum Berolahraga

3. Istirahat dengan Cukup

Tidur delapan jam setiap harinya akan sangat penting untuk pelepasan hormon pertumbuhan. Bahkan tidur siang juga hal yang sangat baik. Pada sela-sela latihan, lakukan juga pijatan untuk melatih otot-otot kamu. Hal ini juga akan merangsang agar aliran darah dapat meningkat sekaligus membantu proses pemulihan. Ketika berolahraga, otot akan mengalami mikro-trauma yang menjadi pemicu agar mereka bisa tumbuh. Pada saat beristirahatlah pertumbuhan ini terjadi. Jadi dengan nutrisi yang tepat dan istirahat yang cukup, maka otot akan bisa berkembang membentuk massa yang memberikan kekuatan pada tubuh.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Circuit Training untuk Ketahanan Tubuh?

4. Timbang Badan Kamu dan Buat Catatan

Selain memilih diet yang pas, olahraga yang benar, dan istirahat yang cukup, motivasi adalah salah satu hal lainnya yang harus kamu miliki. Untuk bisa mendorong diri lebih baik, kamu bisa membuat sebuah catatan yang berisi perjalanan kamu dalam membangun massa otot. Timbang badan secara berkala, latihan apa yang dilakukan, lalu berapa kalori yang dikonsumsi per hari. 

Melalui peningkatan pada angka yang ada di catatan kamu inilah dorongan motivasi bisa didapatkan. Selalu berusaha menjadi diri terbaik kamu setiap harinya. Jangan pernah berhenti agar kamu bisa mendapatkan tubuh yang didambakan.

Baca Juga: Mengurangi Berat Badan Pasca Melahirkan dengan Hidup Sehat dan Olahraga

5. Konsisten

Untuk bisa merasakan pertumbuhan pada massa otot, kamu harus bisa konsisten dengan berbagai hal di atas. Melewati satu atau dua tidak akan bisa membantu kamu. Untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan, semuanya tidak akan bisa terjadi hanya dalam semalam. Mendapatkan berat badan yang sehat bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan dengan singkat. Menjaga konsistensi mungkin adalah bagian yang paling penting dan tersulit dibandingkan berbagai cara lainnya. 

Bangun fondasi kamu, teruslah berlatih secara teratur, memperbaiki pola makan, dan mengatur waktu istirahat kamu. Menyerah dan memulai kembali dari awal hanya akan membuang waktu dan energi. Jika kamu terus berjuang melalui masa-masa sulit dan tetap berpegang pada rutinitas yang sudah dibangun, maka kamu akan berterima kasih pada diri sendiri nantinya. Tetap sabar dan jangan gampang menyerah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang kurus untuk bisa mendapatkan massa otot. Tubuh yang berotot akan bisa membantu kami terlihat lebih bugar dan juga sehat. Lakukan semuanya dengan saksama agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan maksimal, STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber:

https://www.muscleandfitness.com/routine/workouts/workout-routines/skinny-guy-rules-gaining-muscle/

https://www.primermagazine.com/2009/field-manual/5-best-tips-skinny-guys-gain-muscle

https://www.trifectanutrition.com/blog/how-to-gain-weight-fast-secrets-for-skinny-guys

https://blog.voltathletics.com/home/2015/10/7/blm-p6-10-tips-for-skinny-athletes

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.