Ikuti Pola Makan untuk Membentuk Otot Lebih Kuat

Home » Healthy Tips » Ikuti Pola Makan untuk Membentuk Otot Lebih Kuat

Pola makan untuk membentuk otot lebih kuat dapat kamu lakukan jika memang ingin membuat tubuh menjadi lebih sehat lagi. Cara ini cukup disarankan jika kamu sering melakukan olahraga. Dengan asupan makanan tepat sesuai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, otot-otot kamu menjadi lebih siap dalam berolahraga.

Pasti kamu sudah sering mendengar beberapa makanan yang cocok untuk membentuk otot lebih kuat. Biasanya makanan tersebut memang mengandung protein yang cukup besar. Ditambah lagi dengan kandungan lemak dan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu juga. 

Jangan hanya fokus kepada olahraga saja, tetapi kamu juga wajib mengonsumsi beberapa makanan yang baik bagi otot sesuai rekomendasi STRONGBEE di bawah ini.

Pola Makan untuk Membentuk Otot Lebih Kuat

Ada beberapa saran pola makan yang dapat kamu coba ikuti agar otot tubuh semakin kuat dalam beraktivitas dan berolahraga. Beberapa pola makan ini bisa kamu ikuti salah satunya  atau langsung beberapa sekaligus.

1. Jangan Lupa Sarapan

Benar sekali, sarapan menjadi salah satu waktu makan yang jarang dilakukan oleh orang. Banyak yang mengira bahwa makan siang adalah waktu makan paling penting di dalam keseharian. Padahal sarapan jauh lebih penting.

Alasan utama mengapa sarapan menjadi waktu makan paling penting adalah nutrisi yang diterima tubuh pada pagi hari menjadi fondasi utama dalam menjalani aktivitas. Sebaiknya kamu memulai hari dengan sarapan yang bergizi, seperti telur hingga jus buah yang dapat memberikan nutrisi.

Baca Juga: 5 Makanan Rumahan Indonesia yang Cocok untuk diet

2. Berikan Asupan Protein di Setiap Makanan

Untuk meningkatkan kualita otot, kamu harus mencoba memberikan asupan protein di setiap makanan. Ada perhitungan kebutuhan asupan protein sebanyak 1 gram protein per 454 gram berat badan. Jika kamu memiliki berat 80 kg, maka kamu membutuhkan setidaknya 174 gram protein per hari. Beberapa sumber protein yang bisa kamu konsumsi adalah:

  • Daging sapi, babi, domba.
  • Ayam, kalkun, bebek.
  • Ikan. Tuna, salmon, sarden, mackerel.
  • Telur 
  • Susu, keju, keju cottage, quark, yogurt.
  • Tahu, lentil, kacang-kacangan.

Khusus untuk telur, banyak yang takut memakan kuningnya karena kolesterol. Jika memang kondisi kesehatan badan kamu bagus, jangan takut untuk memakan bagian kuning telur karena di sanalah sumber proteinnya.

3. Makan Setiap Tiga Jam

Kamu perlu untuk makan setiap tiga jam sekali setiap harinya demi mendapatkan asupan terbaik bagi otot tubuh. Pola makan yang dapat kamu ikuti adalah sarapan, makan siang, dan makan malam. Lalu tambahkan makanan setelah olahraga, sebelum tidur, dan dua kali snack. 

Dengan menjalankan pola makan seperti itu, kamu tidak harus merasa kelaparan. Kamu juga tidak langsung menyantap porsi makanan dalam jumlah banyak karena dapat memengaruhi kemampuan perut dalam mencerna.

4. Makan Buah dan Sayuran

Tidak hanya harus mengonsumsi protein saja, tetapi kamu juga harus tetap makan buah dan sayuran. Keduanya dapat membuat perut kamu kenyang tanpa harus takut berat badan mengalami kenaikan. Apalagi buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk pencernaan makanan. Tapi jangan lupa cek kandungan gula untuk di beberapa jenis buah.

Baca Juga: 5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

5. Konsumsi Lemak Baik

Ada beberapa makanan yang memang mengandung lemak baik. Contohnya seperti ikan, telur, alpukat, dark chocolate, hingga minyak zaitun murni. Makanan-makanan itu dapat kamu konsumsi agar memenuhi asupan lemak baik di dalam tubuh. Namun kamu jangan lupa untuk menghindari lemak jahat yang paling sering ada di dalam margarine.

6. Konsumsi Karbohidrat Setelah Olahraga

Pasti kamu merasa lapar setelah berolahraga. Sebaiknya langsung konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat saja demi mengganti energi yang telah digunakan. Beberapa makanan seperti nasi, pasta, roti, kentang, oats, quinoa, jagung, kismis, hingga wortel bisa menjadi rekomendasi bagi kamu. Hindari juga tipe white carbs, seperti nasi putih, roti putih, atau makanan olahan yang mengandung gula.

Baca Juga: 10 Macam Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

7. Hindari Makanan Olahan

Menjalani aktivitas yang dipenuhi kesibukan terkadang membuat kamu lupa untuk menghindari makanan olahan. Ada banyak sekali makanan olahan yang dijual saat ini, tetapi sebaiknya kamu hindari.

Kamu dapat mengonsumsi makanan yang diproses secara alami tanpa bahan kimia, seperti daging segar, ikan, ayam, telur, sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, nasi, gandum, dan quinoa. 

Sebaliknya, kamu dapat menghindari makanan olahan, seperti sereal, bagel, pizza, sosis, makanan beku, hingga fruit bars.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Olahraga yang kamu jalankan sudah pasti membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Supaya proses pemulihan dari olahraga dapat berjalan maksimal, kamu jangan lupa minum air putih yang cukup. Air putih dapat menghindari kamu dari dehidrasi dan rasa lapar. 

Dari sekian banyak pola makan untuk membentuk otot lebih kuat, kira-kira mana yang paling menarik untuk kamu coba? Kamu dapat langsung mencoba beberapa pola makan di atas secara bersamaan agar hasil yang didapatkan lebih baik lagi.

Kalau sekarang masih bingung ingin memilih olahraga apa, STRONGBEE hadir sebagai solusi sehat kamu. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dalam membentuk otot. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.everyoneactive.com/content-hub/gym/eight-tips-help-build-muscle-mass/

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.