Ikuti Pola Makan untuk Membentuk Otot Lebih Kuat

Untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, mengatur pola makan bisa menjadi salah satu usaha yang penting untuk dilakukan untuk membentuk otot lebih kuat serta membuat tubuh menjadi lebih sehat dan menjaga asupan nutrisi yang ada di dalam tubuh menjadi lebih terjaga. Mengatur pola makan untuk membentuk otot cukup disarankan jika kamu sering melakukan olahraga. Dengan mengatur asupan makanan yang tepat sesuai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, otot-otot yang ada di dalam tubuh juga akan menjadi lebih siap dalam melakukan olahraga.

Sebelumnya pasti kamu sudah sering kali mendengar beberapa pola makan yang cocok untuk membentuk massa otot menjadi lebih besar dan kuat. Biasanya pola makan untuk membentuk massa otot ini memiliki kandungan protein yang cukup besar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein dalan tubuh. Ditambah lagi, pola makan untuk membentuk otot juga memiliki kandungan lemak dan karbohidrat kompleks untuk melengkapi kebutuhan protein dalam tubuh.

Pola makan adalah salah satu cara atau usaha kita dalam mengatur jumlah dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pola makan dapat membantu kamu untuk menaikkan massa otot, mempertahankan daya tahan tubuh, meningkatkan asupan nutrisi, mencegah dan membantu menyembuhkan penyakit.

Untuk kamu yang ingin menbentuk massa otot, jangan hanya terlalu fokus untuk melakukan olahraga saja. Namun, kamu juga wajib mengkonsumsi beberapa makanan yang baik bagi otot sesuai rekomendasi dari STRONGBEE berikut ini!

Pola Makan untuk Membentuk Otot Lebih Kuat

Ada banyak sekali saran pola makan untuk dapat membentuk otot yang dapat kamu ikuti agar tubuh semakin kuat dalam beraktivitas dalam berolahraga. Beberapa pola makan di bawah ini dapat kamu ikuti salah satunya atau beberapa sekaligus.

1. Jangan Lupa Sarapan

Benar sekali, sarapan adalah salah satu waktu waktu yang jarang dilakukan oleh banyak orang. Banyak yang mengira bahwa makan siang adalah waktu makan paling penting dalam keseharian kita sehari-hari. Padahal sebenarnya, melakukan sarapan adalah salah satu pola makan untuk membentuk otot yang baik dan penting untuk dilakukan.

Alasan utama mengapa sarapan menjadi waktu makan paling penting adalah nutrisi yang diterima tubuh pada pagi hari menjadi fondasi utama dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sangat disarankan untuk kamu memulai hari dengan sarapan yang bergizi, seperti mengkonsumsi telur hingga jus buah yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Rumahan Indonesia yang Cocok untuk diet

2. Berikan Asupan Protein di Setiap Makanan

Untuk meningkatkan kualitas massa otot, kamu harus mencoba memberikan asupan protein di setiap pola makan yang kamu miliki. Ada perhitungan kebutuhan asupan protein harian, yaitu sebanyak satu gram protein per 454 gram berat badan. Jika kamu memiliki berat 80 kilogram, maka kamu membutuhkan setidaknya 174 gram protein tiap harinya. Kamu bisa mendapatkan beberapa sumber protein untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Seperti contoh berikut ini:

  • Daging sapi, babi, domba.
  • Ayam, kalkun, bebek.
  • Ikan. Tuna, salmon, sarden, mackerel.
  • Telur
  • Susu, keju, keju cottage, quark, yogurt.
  • Tahu, lentil, kacang-kacangan.

Khusus untuk telur, banyak yang takut memakan kuningnya karena kolesterol. Jika memang kondisi kesehatan badan kamu bagus, jangan takut untuk memakan bagian kuning telur karena di sanalah sumber proteinnya.

3. Makan Setiap Tiga Jam

Untuk membuat pola makan yang baik, kamu perlu makan setiap tiga jam sekali setiap harinya, demi mendapatkan asupan terbaik bagi otot tubuh. Pola makan yang dapat kamu ikuti adalah sarapan, makan siang, dan makan malam. Lalu tambahkan makanan setelah melakukan olahraga, sebelum tidur, dan dua kali cemilan.

Dengan menjalankan pola makan seperti di atas, kamu tidak harus merasa kelaparan setiap saat. Pola makan ini juga tidak akan membuat kamu untuk menyantap porsi makanan dalam jumlah banyak karena dapat mempengaruhi kemampuan perut dalam mencerna.

4. Makan Buah dan Sayuran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pola makan yang baik adalah pola makan yang dapat memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi. Dalam kata lain, kamu perlu mengkonsumsi buah dan sayuran.

Keduanya dapat membuat perut kamu menjadi lebih kenyang tanpa garus takut berat badan mengalami kenaikan. Apalagi buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk pencernaan tubuh. Tapi jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan gula yang ada pada beberapa jenis buah.

Baca Juga: 5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

5. Konsumsi Lemak Baik

Ada beberapa makanan yang memang mengandung lemak baik. Contohnya seperti ikan, telur, alpukat, dark chocolate, hingga minyak zaitun murni. Makanan-makanan itu dapat kamu konsumsi agar memenuhi asupan lemak baik di dalam tubuh. Namun kamu jangan lupa untuk menghindari lemak jahat yang paling sering ada di dalam margarine.

6. Konsumsi Karbohidrat Setelah Olahraga

Pasti kamu merasa lapar setelah berolahraga. Sebaiknya langsung konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat saja demi mengganti energi yang telah digunakan. Beberapa makanan seperti nasi, pasta, roti, kentang, oats, quinoa, jagung, kismis, hingga wortel bisa menjadi rekomendasi bagi kamu. Hindari juga tipe white carbs, seperti nasi putih, roti putih, atau makanan olahan yang mengandung gula.

Baca Juga: 10 Macam Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

7. Hindari Makanan Olahan

Menjalani aktivitas yang dipenuhi kesibukan terkadang membuat kamu lupa untuk menghindari makanan olahan. Ada banyak sekali makanan olahan yang dijual saat ini, tetapi sebaiknya kamu hindari.

Kamu dapat mengonsumsi makanan yang diproses secara alami tanpa bahan kimia, seperti daging segar, ikan, ayam, telur, sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, nasi, gandum, dan quinoa.

Sebaliknya, kamu dapat menghindari makanan olahan, seperti sereal, bagel, pizza, sosis, makanan beku, hingga fruit bars.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Olahraga yang kamu jalankan sudah pasti membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Supaya proses pemulihan dari olahraga dapat berjalan maksimal, kamu jangan lupa minum air putih yang cukup. Air putih dapat menghindari kamu dari dehidrasi dan rasa lapar.

Dari sekian banyak pola makan untuk membentuk otot lebih kuat, kira-kira mana yang paling menarik untuk kamu coba? Kamu dapat langsung mencoba beberapa pola makan di atas secara bersamaan agar hasil yang didapatkan lebih baik lagi.

Kalau sekarang masih bingung ingin memilih olahraga apa, STRONGBEE hadir sebagai solusi sehat kamu. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dalam membentuk otot. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.everyoneactive.com/content-hub/gym/eight-tips-help-build-muscle-mass/

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.