5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

Home » Healthy Tips » 5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

Ada berbagai macam makanan yang bisa menyehatkan jantung. Menjaga kondisi organ penting dari tubuh kita ini menjadi salah satu hal yang penting. Jika tidak, tubuh tidak akan bisa berfungsi, mempengaruhi kemampuan kita untuk bisa menjalankan berbagai macam kegiatan. Selain berolahraga dengan teratur, mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung adalah cara lain untuk menjaga kesehatannya. Kita tidak bisa makan sembarangan jika ingin tetap memiliki jantung yang sehat. Berikut ini adalah informasi berbagai macam jenis bahan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung yang bisa kamu masukan dalam menu makan harian. Yuk mari kita pelajari di sini.

Makanan yang Menyehatkan Jantung

Faktanya, makanan tertentu dapat mempengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Makanan yang mengandung kolesterol adalah salah satu contoh buruk asupan yang bisa kita konsumsi. Kandungan lemak jahat ini akan bisa mengganggu berbagai macam fungsi organ tubuh, salah satunya jantung. Maka sebaiknya kita harus menjauhinya dan memilih berbagai macam jenis asupan yang bisa menjaga kesehatan jantung serta tubuh.

Berikut ini adalah berbagai macam bahan makanan yang bisa kamu konsumsi setiap harinya agar dapat memiliki jantung yang sehat.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau layaknya bayam, kangkung dan berbagai macam sayur lainnya sangat terkenal dengan kekayaan vitamin, mineral dan antioksidannya. Khususnya, sumber vitamin K yang bagus dalam membantu melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat. Sayuran-sayuran ini juga tinggi akan kandungan nitrat makanan, yang telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Beberapa penelitian juga menunjukan hasil dimana adanya hubungan antara peningkatan asupan sayuran berdaun hijau dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Salah satu studi pada 29.689 wanita menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah secara signifikan. Yuk mulai tambahkan lebih banyak sayuran ini ke dalam menu makanan kamu.

2. Alpukat

Buah dengan rasa yang lezat ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, banyak dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Terdapat studi yang melihat efek dari tiga diet penurun kolesterol pada 45 orang yang kelebihan berat badan dan obesitas, dengan salah satu kelompok uji mengonsumsi satu alpukat per hari. Mereka mengalami pengurangan kolesterol LDL “jahat”. Buah ini juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Satu buah alpukat dapat memasok 975 miligram potasium, atau sekitar 28% dari jumlah yang dibutuhkan dalam sehari. Ada banyak resep makanan yang menggunakan alpukat untuk kamu coba.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Harus Cobain Pilates

3. Ikan Berlemak dan Minyak Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna kaya dengan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi ikan dalam jangka panjang akan bisa membuat kolesterol total, trigliserida darah, gula darah, dan tekanan darah sistolik menjadi lebih rendah. Menu ikan ini tentu sangat enak untuk dikonsumsi. Yuk mulai cobain.

4. Gandum Utuh

Jenis biji-bijian yang umum termasuk gandum utuh adalah beras merah, oat, rye, barley, buckwheat dan quinoa. Dibandingkan dengan biji-bijian olahan, bahan makanan ini lebih tinggi seratnya, dapat membantu mengurangi kolesterol LDL “jahat” dan mengurangi risiko penyakit jantung. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa makan tiga porsi biji-bijian lebih banyak setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung 22% lebih rendah. Kamu juga bisa mengkonsumsi bentuk olahannya seperti whole grain bread atau bubur gandum utuh.

Baca Juga: 5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5. Buah Berry

Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry penuh dengan nutrisi penting yang dalam menjaga kesehatan jantung. Buah beri juga kaya akan antioksidan seperti anthocyanin, bisa melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa makan banyak buah dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Buah beri ini bisa menjadi camilan yang mengenyangkan atau makanan pencuci mulut rendah kalori yang lezat. Sangat mudah untuk memasukkannya ke dalam menu harian kamu.

Apa yang masuk ke dalam tubuh akan dapat memengaruhi hampir setiap aspek kesehatan jantung, mulai dari tekanan darah dan peradangan hingga kadar kolesterol dan trigliserida. Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung ini bisa menjadi sebagai bagian dari diet bergizi dan seimbang dalam meminimalkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Plank yang Benar?

Gabungkan dengan olahraga rutin seperti lari, bersepeda, latihan beban, dan lain-lain. Untuk bisa mendapatkan kesehatan yang kita inginkan, semuanya harus mulai dari diri sendiri. Yuk mulai ubah pola hidup untuk bisa mendapatkan kesehatan yang diimpikan. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Yuk mulai berolahraga bersama STRONGBEE untuk mendapatkan kesehatan yang diinginkan.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_17

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-healthy-diet/art-20047702

https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.