Inilah Cara Mengatasi Badan Sakit Semua Setelah Olahraga

Melakukan olahraga memang memberikan kita dampak yang baik tidak hanya bagi kesehatan fisik kita, tetapi berolahraga juga membuat kita lebih bertenaga dan bersemangat untuk menjalani hari berikutnya. Namun dampak baik ini tidak langsung muncul atau kita rasakan pada awal kita berolahraga. Efek yang muncul pertama kali setelah kita melakukan olahraga justru seringkali membuat kita tidak ingin melakukannya lagi, yakni sakit pada seluruh badan kita. Tentu kamu pernah mengalaminya, bukan? 

Kesakitan setelah olahraga inilah yang membuat kita malas untuk tetap mengikuti olahraga rutin yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Jadi bagaimana cara mengatasi badan sakit semua setelah olahraga? Kami senang kamu bertanya. Pada penjelasan di bawah ini, STRONGBEE akan mengajak kamu mengenali cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit badan yang kamu alami setelah berolahraga. Baca penjelasannya sampai akhir, ya!

Cara Mengatasi Badan Sakit Setelah Olahraga

Perlu kamu ketahui kalau merasakan sakit setelah berolahraga merupakan hal yang wajar. Rasa sakit muncul untuk memberitahu kamu adanya ketegangan atau cedera pada otot yang membutuhkan waktu untuk pemulihannya. Jadi kamu tidak perlu panik berlebihan saat kamu merasakan sakit ini. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

1. Kompres Dengan Es Batu

Dalam rasa sakit yang kamu rasakan, apabila ada cedera seperti keseleo pada beberapa bagian tubuh atau ada pembengkakkan, kamu dapat menggunakan kompres es. Melakukan kompres dengan es batu akan membantu bagian-bagian yang panas tersebut ke dalam temperatur yang normal. Dengan begitu pembengkakkan yang terjadi dapat berkurang dan nyeri pada bagian yang bengkak berkurang. 

2. Berikan Pijatan

Memberikan pijatan pada titik pemicu dari olahraga juga akan membantu membuat otot-otot kamu yang tegang jadi lebih rileks. Kamu bisa memijatnya dengan tanganmu, pistol pijat atau alat bantu pijat yang lain untuk mengurangi rasa sakit yang ada. Namun kamu perlu berhati-hati saat kamu memijat diri sendiri, jangan sampai terlalu kasar atau berlebihan karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada otot yang lebih banyak atau lebih parah. 

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Pegal Setelah Olahraga Setiap Waktu

3. Lakukan Peregangan Ringan

Melakukan peregangan ringan dapat membantu kamu dalam mengurangi nyeri pada bagian yang sakit. Meskipun kamu merasa dengan bergerak sakit yang ada semakin terasa, namun melakukan peregangan adalah lebih baik daripada kamu tidak bergerak dan membiarkan rasa sakitnya. Cobalah regangkan badan Anda hingga terasa “cukup” kencang, lalu biarkan setelah 5-10 detik dan ulangi. 

Dalam hal ini kamu kembali harus berhati-hati jangan sampai memaksakan diri kamu. Jangan sampai otot kamu justru menjadi lebih rusak. Sebagai pengingat, setiap sebelum dan sesudah olahraga kamu harus melakukan peregangan ringan yang bertujuan untuk membuat otot-otot kamu panas terlebih dahulu sebelum kamu melakukan olahraga. 

Baca Juga: Lakukan 5 Gerakan Yoga untuk Menambah Tinggi Badan Anda

4. Lakukan Olahraga Ringan

Selain melakukan peregangan ringan, kamu juga bisa dan diperbolehkan untuk melakukan olahraga ringan. Faktanya olahraga ringan justru dianjurkan. Hal ini karena olahraga ringan akan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh hingga ke otot akan mempercepat proses perbaikan dan akan mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Selain itu fakta bahwa rasa sakit yang diakibatkan oleh otot yang meregang menandakan bahwa otot kamu menjadi semakin kuat. 

Oleh karena itu dengan menggunakan otot kamu yang telah meregang, hal ini dapat mempercepat penghapusan penumpukkan asam laktat yang membuat kamu merasakan nyeri pada otot. Bergerak dan melakukan aktivitas ringan jauh lebih baik daripada kamu hanya rebahan dan tidak melakukan apa-apa. Olahraga ringan yang dapat kamu lakukan misalnya berjalan, naik sepeda (dengan kecepatan rendah) dan berenang.

Baca Juga: Mencoba Berbagai Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung

5. Mandi atau Berendam Dengan Air Hangat

Mandi atau berendam pada air hangat juga bisa menjadi cara yang kamu pilih untuk dilakukan. Hampir semua orang senang berendam pada air yang hangat, bukan? Selain untuk menenangkan pikiran kamu dan berhenti sejenak dari semua aktivitas kehidupanmu yang cepat, berendam dengan air hangat dapat membuat otot-otot kamu menjadi rileks. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan setidaknya mengurangi rasa sakit meskipun sementara. 

6. Makan Makanan yang Mengandung Tinggi Protein

Kita tahu bahwa makanan dengan protein yang tinggi merupakan makanan yang baik untuk tubuh kita. Makanan dengan protein yang tinggi akan membantu kamu dalam memulihkan otot-otot yang rusak. Hal ini dikarenakan protein adalah salah satu nutrisi penting untuk membangun dan memelihara otot kamu. Namun tentunya jangan sampai kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak membawa dampak yang baik bagi tubuh kamu. Setiap orang harus memiliki protein sebanyak 1,4-2 gram per 1 kg berat badan kamu. Misalnya kamu memiliki berat badan 50 kg, maka protein yang tubuh kamu butuhkan adalah 100 gram protein. 100 gram protein bukan dalam satu porsi sekali makan, tetapi dalam sehari kamu memerlukan 100 gram protein yang dapat kamu bagi tiga porsinya pada saat makan pagi, siang dan malam. 

Begitulah kira-kira cara mengatasi badan sakit semua setelah olahraga. Ingat sekali lagi jangan memaksakan diri kamu untuk melakukannya jika sangat sakit. Jangan juga mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Semuanya harus ditahap yang wajar agar pemulihan otot kamu dapat berjalan dengan baik. Jika kamu membutuhkan konsultasi bersama orang profesional di bidangnya seperti fisioterapi, saat ini kamu bisa membuka website atau aplikasi STRONGBEE untuk langsung menemukan semua yang kamu perlukan mengenai rasa sakit yang kamu alami. Untuk website kamu dapat klik di sini, dan aplikasi dapat kamu download di sini.

Sumber :

How to Relieve Sore Muscles and Muscle Pain After Exercise – HealthXchange

Muscles Sore After a Workout? Learn How to Treat DOMS | SELF

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.