7 Cara Menghilangkan Pegal Setelah Olahraga Setiap Waktu

Home » Healthy Tips » 7 Cara Menghilangkan Pegal Setelah Olahraga Setiap Waktu

Cara menghilangkan pegal setelah olahraga mungkin menjadi salah satu hal yang ingin diketahui banyak orang. Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat dan aktif. Kegiatan ini akan bisa meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru Anda dan membangun tulang dan otot yang kuat. Tubuh yang melakukan kerja berat untuk mengangkat beban dan kardio akan bisa mengalami kelelahan. Nah, untuk bisa meredakan rasa pegal yang tidak nyaman ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Yuk perhatikan informasi di bawah ini agar bisa istirahat dengan tenang tanpa merasakan rasa sakit yang luar biasa setelah berolahraga.

Cara Menghilangkan Pegal Setelah Olahraga

Demi menghindari atau menghilangkan rasa pegal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Otot yang pegal akan menimbulkan rasa tidak nyaman luar biasa yang bisa mengganggu berbagai macam aktivitas lainnya. Cara berikut ini akan bisa meredakan hal tersebut dengan aman.

1. Memijat Bagian yang Pegal

Sebuah pijatan akan benar-benar bisa membantu menyingkirkan rasa sakit pada otot-otot tubuh kamu. Pijatan pasca-olahraga secara signifikan mengurangi rasa sakit karena akan mengurangi pelepasan sitokin, senyawa yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. Pada saat yang sama, merangsang mitokondria dalam sel, meningkatkan fungsi dan perbaikan sel. Selain pegal-pegal hilang, badan juga bisa terasa lebih fresh setelah mendapatkan pijatan yang enak ini.

2. Heating Pad atau Ice Pack

Keduanya sangat sering kita lihat penggunaanya pada atlet-atlet sesudah bertanding. Heat pad akan membantu untuk meningkatkan aliran darah karena merupakan vasodilator atau memiliki kemampuan untuk membuka pembuluh darah. Dianggap juga dapat membantu melegakan peradangan yang berhubungan dengan nyeri otot. Menambahkan kompres es atau ice pack juga bisa menjadi kombinasi yang sempurna. Pergantian dari dingin dan panas berguna dalam mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Menerapkan es selama dua puluh menit diikuti dengan panas selama dua puluh menit adalah cara yang dianjurkan.

Baca Juga: Bolehkah HIIT Cardio Setiap Hari untuk Menurunkan Berat Badan?

3. Mandi es

Tidak hanya ice pack, melainkan satu bak yang dipenuhi oleh es. Berdasarkan studi di tahun 2010, menemukan bahwa mandi es bisa mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Mandi es selama 10 menit setelah berolahraga bisa membantu meringankan rasa pegal dan nyeri otot hingga 20%. Tidak heran ada banyak atlet yang memilih cara ini agar bisa mengurangi rasa sakit dan pegal yang mereka rasakan setelah melewati sebuah pertandingan atau kompetisi. 

Baca Juga: Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

4. Tidur

Istirahat dengan cukup adalah sesuatu yang dibutuhkan otot kamu yang sedang pegal. Kurang tidur dapat berkontribusi pada tingkat peradangan yang lebih tinggi, walaupun bukan faktor utama pada nyeri otot. Mungkin cara yang satu ini bisa kamu lakukan setelah melewati serangkaian proses peredaan nyeri otot lainnya.

5. Lakukan Cooldown Setelah Olahraga

Menghabiskan waktu untuk melakukan pendinginan membuat otot bisa pulih dengan baik. Studi tahun 2018 tentang pemulihan aktif menemukan bahwa pelari yang menghabiskan waktu dengan penurunan aktivitas 50% di akhir latihan mereka bisa berlari tiga kali lebih lama kedua kalinya. Dipercayai jika hal ini ada hubungannya dengan aliran darah yang lebih baik, yang mengurangi laktat darah (produk sampingan metabolisme yang membuat otot bisa merasakan sakit atau pegal). Sehingga jangan pernah malas melakukan pendinginan ketika sesi olahraga yang kamu ikuti sudah selesai. Bagi yang kurang tahu bagaimana caranya melakukan aktivitas pendinginan yang benar, maka ada banyak tutorial yang bisa diikuti di internet. Bisa juga mempelajarinya langsung dari para ahlinya di STRONGBEE.

6. Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan dan Protein dalam 24 Jam ke Depan

Minum protein shake pasca olahraga memiliki fungsi yang lebih dari sekadar mengisi bahan bakar untuk otot saja. Studi tahun 2017 menemukan bahwa protein membantu pemulihan fungsi otot dalam 24 jam setelah latihan yang diisi dengan kontraksi eksentrik, biasanya akan dialami pada latihan kekuatan seperti angkat beban. Menambahkan antioksidan ke dalam makanan juga hal yang baik dalam meningkatkan pemulihan sesudah latihan. Usahakan untuk mengkonsumsi protein bisa ayam atau ikan dan makanan kaya antioksidan seperti buah delima dan kangkung beberapa jam setelah latihan yang berat. Diet yang baik juga salah satu kunci agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Hindari konsumsi makanan jahat seperti gorengan berminyak atau yang tinggi dengan gula.

Baca Juga: 5 Macam Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur

7. Banyak Minum Air

Air sangat membantu untuk mengontrol suhu tubuh, mengendurkan persendian, dan mengangkut nutrisi untuk menciptakan energi. Tanpa air, tubuh akan berjuang untuk bisa pulih kembali. Kamu mungkin mengalami kram otot, kelelahan, pusing, atau gejala yang lebih serius jika melupakan konsumsi air dengan cukup setelah melakukan aktivitas fisik yang berat.

Itulah berbagai macam cara meredakan otot pegal setelah berolahraga. Semoga hal ini bisa membantu agar kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan dalam bentuk Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien.

Sumber: 

https://www.menshealth.com/health/g22638706/sore-muscle-recovery/

https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/sore-muscles-dont-stop-exercising#1

https://familydoctor.org/sore-muscles/

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.