8 Cara Menjaga Kesehatan Otot-otot Anda

Melatih kekuatan otot adalah langkah pertama untuk mencapai otot yang lebih terbentuk. Namun, diperlukan pula otot yang sehat agar tetap bekerja demi tubuh kita. Berbagai cara menjaga kesehatan otot harus dilakukan dengan konsisten karena ototlah yang membantu kita untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Tubuh kita terdiri dari 600 lebih otot yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup kita. Otot tidak melulu terlihat di beberapa anggota tubuh, seperti lengan atau perut, tapi juga merupakan bagian dari organ dalam. Misalnya, kita memiliki otot jantung yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan otot agar kelangsungan hidup kita tetap terjaga.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Otot

Jika membicarakan otot, hal pertama yang terlintas di benak kita adalah bagian tubuh yang bisa dibentuk agar terlihat lebih kekar. Bagian otot tersebut dikenal dengan skeletal muscles karena letaknya menempel di tulang. Faktanya, otot bekerja sama dengan tulang sehingga kita bisa bergerak dan melakukan aktivitas yang biasa kita lakukan setiap harinya. Skeletal muscles disebut pula dengan voluntary muscles karena kita bisa mengontrol setiap pergerakannya.

Kita bisa membentuk otot di tubuh agar terlihat lebih kekar, tapi merawatnya agar tetap sehat juga tak kalah penting. Otot yang sehat bisa membuat tubuh kita semakin kuat. Tubuh pun bisa bergerak bebas dan melakukan kegiatan apapun tanpa harus merasakan sakit atau nyeri.

Tidak hanya itu, otot yang kuat juga bisa menjaga persendian agar tidak sakit. Misalnya, otot di daerah lutut yang lemah bisa menyebabkan lutut mudah merasa sakit. Sama halnya dengan sakit pinggang, biasanya disebabkan oleh otot di daerah punggung dan abdomen yang melemah. Otot yang melemah dan tidak dijaga kesehatannya bisa tegang, sehingga muncul rasa nyeri saat digerakkan. Selain itu, keseimbangan tubuh kita pun terjaga apabila otot juga kuat dan sering digerakkan.

Jika otot tidak dijaga kesehatannya, biasanya akan terjadi cedera atau nyeri di beberapa anggota tubuh. Bagi beberapa orang, rasa nyeri ini normal apalagi bagi yang baru mulai olahraga. Namun, nyeri ini bisa jadi pertanda bahwa otot mulai tegang dan mengalami tegangan akibat overworked. Akibatnya, mereka menjadi sulit bergerak akibat cedera yang berkepanjangan, bahkan susah untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Otot agar Tidak Mudah Cedera

Penjelasan di atas bisa memberikan sedikit insight pada kita mengenai pentingnya menjaga kesehatan otot. Jika otot tidak dirawat dengan benar, kekuatan otot semakin berkurang secara perlahan. Bahaya ini harus diwaspadai sejak dini, karena bisa berisiko pada terhambatnya pekerjaan atau rutinitas harian kita.

Meskipun tidak ada rencana atau niatan untuk membentuk otot, menjaga kesehatannya tetap menjadi aturan baku. Pasalnya, otot berguna untuk membantu kita bisa bergerak setiap harinya. Lakukan cara menjaga kesehatan otot di bawah ini agar terhindar dari cedera yang serius di kemudian hari.

1. Makanan Kaya Protein

Rahasia atlet dengan otot yang sehat dan memiliki massa otot yang tinggi adalah makanan kaya protein. Protein mengandung asam amino yang berguna untuk membentuk kekuatan jaringan otot.

Meskipun rajin olahraga setiap harinya, asupan protein tetap diperlukan untuk otot yang lebih besar. Pasalnya, asam amino ini sangat membantu memulihkan jaringan otot yang rusak. Cobalah mengonsumsi daging ayam, bebek, telur, ikan, dan produk dairy lainnya sebagai makanan yang kaya sumber protein.

2. Pilih Suplemen Makanan

Suplemen makanan bisa menjadi pilihan cara menjaga kesehatan otot yang baik, asalkan kandungan gizinya juga diperhatikan. Konsumsi suplemen asam lemak omega 3 bisa membuat otot kita tetap bekerja. Suplemen vitamin D juga berguna untuk menjaga kesehatan otot. Namun, perhatikan juga dosis penggunaan yang tepat agar kedua suplemen tersebut tetap bekerja.

Baca Juga: 10 Makanan Untuk Menambah Massa Otot Anda Dengan Cepat

3. Resistance Training

Resistance training atau latihan kekuatan sangat berguna untuk menjaga otot agar tidak melemah. Otot semakin melemah karena faktor usia dan juga gaya hidup yang kurang sehat. Tidak hanya menjaga massa dan kekuatan otot, resistance training juga bisa menjaga kesehatan kardiovaskular, yakni jantung dan paru-paru.

4. Aktif Bergerak

Gaya hidup yang kurang aktif bisa membuat otot semakin lemah. Jika terlalu lama duduk di kursi atau setelah bangun tidur, lakukan stretching untuk melemaskan otot-otot Anda. Kegiatan lainnya, seperti berjalan di waktu senggang, menggunakan tangga dibandingkan lift, bisa menjadi alternatif untuk memulai gaya hidup yang aktif.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Circuit Training untuk Ketahanan Tubuh?

5. Jaga Kesehatan Tulang

Tulang yang sehat bisa memengaruhi kesehatan otot pula. Tulang dan otot adalah dua anggota tubuh yang bekerja secara bersamaan, jadi kesehatan keduanya saling memengaruhi. Jagalah kesehatan tulang dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan yang kaya kalsium dan kalium, serta hindari merokok.

6. Jaga Keseimbangan Hormon

Kesehatan otot dan tulang juga dipengaruhi oleh tingkat hormon dalam tubuh kita. Hormon yang paling memengaruhi kesehatan otot adalah estrogen, testosteron, dan tiroid, dan ketiga hormon tersebut harus dijaga keseimbangannya. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui suplemen apa yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan hormon tersebut.

7. Makanan yang Sehat

Beberapa makanan ada pula yang bersifat pro-inflammatory, seperti gula, lemak, dan biji-bijian olahan. Makanan tersebut bisa menimbulkan inflamasi kronis yang bisa membahayakan jaringan otot. Konsumsi makanan anti-inflammatory, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah beri.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melatih Kelenturan Tubuh agar Tidak Cedera?

8. Tidak Minum Alkohol

Minuman beralkohol juga bersifat pro-inflammatory, bahkan sulit dicerna oleh tubuh dan menyerap gizi dari makanan. Minum sedikit alkohol bisa menyebabkan dehidrasi apabila tidak diimbangi dengan kebutuhan air yang cukup, sehingga berujung pada rasa nyeri dan kram di otot.

Akan lebih baik jika semua cara menjaga kesehatan otot di atas dilakukan secara bersamaan, mengingat otot semakin melemah seiring bertambahnya usia. Jika ingin melakukan resistance training, Anda bisa menemukan banyak variasi gerakan di aplikasi STRONGBEE. Aplikasi ini bisa menjadi teman olahraga di rumah sekaligus membantu Anda menerapkan gaya hidup sehat. Gunakan aplikasinya dan mulailah hidup sehat bersama STRONGBEE.

Sumber:

https://www.niams.nih.gov/health-topics/kids/healthy-muscles 

https://www.sunhealthcommunities.org/helpful-tools/articles/preventive-healthcare-8-ways-maintain-strong-muscles 

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.