Apa yang Dimaksud Dengan Chest Pass? Bagaimana Melakukannya Dengan Benar?

Sebagai olahraga tim yang kompetitif dan seru dilakukan bersama teman, bermain basket juga bisa membawa dampak yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Bola basket adalah olahraga yang menyenangkan dan cocok untuk segala usia, hal inilah yang membuat olahraga ini popular di seluruh dunia. Sebuah tim basket standar memiliki lima pemain per sisi. Kamu juga dapat memainkan game dua lawan dua atau tiga lawan tiga, atau bahkan sendiri. Teknik dasarnya sendiri bisa kamu pelajari dengan mudah. Salah satunya adalah teknik dasar chest pass. Apa yang dimaksud dengan chest pass? Dan bagaimana cara menggunakannya?

Temukan informasi mengenai hal tersebut, agar kamu bisa berlatih basket dengan baik dan mendapatkan hasil dan efek yang maksimal.

Apa yang Dimaksud Dengan Chest Pass dan Beragam Teknik Dasar Basket

Dalam basket, mengoper atau melakukan passing adalah teknik dasar yang harus kamu kuasai. Basket merupakan olahraga tim, artinya kamu akan melibatkan pemain lain untuk bisa mencetak angka dan memenangkan permainan. Untuk mempermudah hal ini, kamu akan memerlukan teknik dasar seperti passing, dribbling, dan shooting.

Untuk passing sendiri, di dalam basket akan dibagi menjadi beberapa macam. Seperti yang disebutkan di atas, ada teknik dasar yaitu chest pass. Bagaimana melakukan operan ini dengan benar? Lalu apa saja teknik passing lainnya yang bisa dikuasai untuk bisa unggul dari lawan kamu? Perhatikan informasi berikut ini.

Baca Juga: Lakukan 5 Gerakan Yoga untuk Menambah Tinggi Badan Anda

Chest Pass

Chest pass adalah operan dalam bentuk dorongan bola setinggi dada kepada rekan satu tim. Kamu akan menggunakan dua tangan untuk bisa mengirim bola ke arah teman kamu. Cara melakukannya adalah:

  • Mengoper bola dari area dada menggunakan dua tangan.
  • Bidik dada rekan setim kamu.
  • Operan ini dapat digunakan saat kamu tidak dijaga dengan ketat.

Push Pass

Push pass paling sering digunakan saat kamu sedang berada dalam penjagaan ketat. Umpan ini mirip dengan operan dada, namun kamu mendorong bola dengan satu tangan sambil mengambil langkah untuk menciptakan ruang dari pemain bertahan lawan. Untuk melakukan operan ini, yang harus kamu lakukan adalah: 

  • Dorong bola dengan satu tangan ke arah dada rekan setim
  • Gunakan tangan terjauh dari pemain bertahan untuk mengoper bola.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Circuit Training untuk Ketahanan Tubuh?

Bounce Pass

Umpan ini digunakan ketika kamu perlu melakukan operan untuk jarak yang lumayan jauh. Bounce pass ke rekan satu tim sering terjadi ketika kamu harus membuat umpan ke dalam area lawan. Cara untuk melakukannya adalah:

  • Pantulkan bola dengan kekuatan 
  • Bola akan memantul dari lantai setinggi dada rekan setim kamu.

Overhead Pass

Untuk mengoper bola dari satu sisi lapangan ke sisi lainnya, maka passing ini adalah cara yang tepat untuk kamu lakukan. Operan bisa dilakukan dari ujung lapangan yang berlawanan ke rekan satu tim yang berjarak cukup jauh. Untuk melakukannya, kamu harus melakukan:

  • Angkat bola di atas kepala kamu.
  • Gunakan kedua tangan untuk melakukan lemparan yang keras dan akurat ke rekan satu tim di seberang lapangan.
  • Bidik dada, kepala, atau di atas kepala rekan setim kamu, tergantung seberapa dekat mereka dijaga.

Manfaat Bermain Bola Basket untuk Kesehatan Fisik

Bermain bola basket bermanfaat bagi kesehatan fisik kamu dalam beberapa cara berbeda, termasuk:

1. Membantu Dalam Meningkatkan Kesehatan Jantung kamu

Aktivitas olahraga yang intens seperti bola basket akan menggunakan setidaknya 2.000 kilokalori atau lebih yang dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Baik Untuk Tulang kamu

Bermain bola basket memberi kamu latihan dengan campuran latihan melompat yang dikombinasikan dengan aktivitas menahan beban, dan latihan ketahanan dalam bentuk angkat beban. Bersamaan, semua kegiatan ini membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang.

3. Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Bermain bola basket mampu membakar kalori dalam jumlah yang besar. Kamu dapat menjadikannya pilihan olahraga yang baik ketika ingin mengurangi berat badan kamu. Kapan lagi berolahraga yang menyenangkan sambil mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Workout From Home untuk Membakar Kalori

4. Melatih dan Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Bermain bola basket dapat membantu kamu dalam meningkatkan keseimbangan tubuh. Keseimbangan berguna untuk merencanakan gerakan kamu berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh otak. Keseimbangan juga berperan penting untuk mengoordinasikan gerakan kamu dalam melakukan beragam hal ketika bermain basket.

Itulah pengertian dari chest pass dan beragam bentuk operan lainnya ketika bermain basket. JIka kamu ingin melatih ataupun meningkatkan skill bermain basket kamu, maka ikuti beragam kelas di STRONGBEE. Temukan kelas yang cocok dan tingkatkan skill kamu di sini! kamu juga bisa menyewa Private Trainer yang dapat membantu secara langsung. Cek website kami sekarang juga untuk mendapatkan beragam informasi yang berguna.

Sumber:

https://protips.dickssportinggoods.com/sports-and-activities/basketball/basketball-101-types-of-passes

https://www.webmd.com/fitness-exercise/health-benefits-basketball

https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefits-of-basketball

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.