7 Manfaat Pilates untuk Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Home » Fitness » 7 Manfaat Pilates untuk Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Olahraga pilates cukup diminati pada saat ini, khususnya oleh wanita. Ternyata memang banyak manfaat pilates untuk wanita jika memang mau kamu pilih. Pilates sendiri menjadi salah satu olahraga yang mampu membakar kalori di tubuh dengan lebih optimal dibandingkan dengan yoga. Tidak dapat dimungkiri bahwa pilates dan yoga cukup sering dibandingkan. Namun jika memang kamu lebih suka dengan olahraga yang bisa membuat kalori tubuh terbuang, berarti pilates jawabannya.

Walaupun bermanfaat untuk wanita, sebenarnya pilates bisa untuk siapa saja. Tidak ada batasan gender, usia, kemampuan, hingga kelenturan tubuh jika memang ingin mengikuti pilates. Semua orang bisa mengikuti pilates walaupun sebelumnya tidak pernah mencoba.

Jadi, apa saja manfaat pilates untuk wanita yang memang perlu kamu ketahui jika tertarik untuk melakukannya sendiri? STRONGBEE telah memberikan informasi selengkapnya di sini.

Manfaat Pilates untuk Wanita

Total ada tujuh manfaat pilates untuk para wanita yang memang sedang ingin berolahraga tanpa harus keluar rumah di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Pilates memang tidak perlu membuat kamu harus pergi ke luar rumah. Kamu bisa melakukan olahraga ini di ruang tamu hingga kamar tidur. 

Diciptakan oleh Joseph Pilates pada abad ke-20, pilates dimaksudkan untuk menyelaraskan pergerakan tubuh dan teknik pernapasan sehingga membuat otot menjadi lebih stabil. Itulah mengapa banyak sekali manfaat dari pilates.

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Terkadang ada wanita yang memiliki postur tubuh membungkuk dikarenakan berbagai macam alasan. Memperbaiki postur tubuh sebenarnya berbeda jika dibandingkan dengan menyembuhkan tulang punggung yang sakit atau otot-otot yang tidak selaras. 

Pilates fokus pada memperbaiki postur seluruh bagian tubuh sehingga otot-otot yang ada di sana menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

2. Mengurangi Sakit Punggung

Sakit punggung bukan lagi menjadi penyakit yang asing. Banyak orang yang mengalami sakit punggung, khususnya bagi kamu yang sering duduk ketika bekerja. Berkat pilates, maka otot perut menjadi lebih kuat dan tulang panggul wanita dapat bekerja optimal. 

Apalagi otot-otot di sana memang bekerja untuk menopang seluruh bagian organ tubuh dan menstabilkan punggung. Sangat diperlukan olahraga pilates agar lebih kuat lagi.

3. Meningkatkan Energi

Kondisi saat ini membuat kamu harus lebih banyak mengeluarkan energi dalam beraktivitas, baik di dalam atau di luar rumah sekalipun. Pilates yang memang berfokus pada teknik pernapasan dapat memproduksi hormon yang baik dan melancarkan sirkulasi darah.

Oksigen di dalam tubuh kamu dapat meresapi seluruh bagian yang membutuhkan sehingga sanggup meningkatkan energi. Apalagi setelah menjalankan pilates, cukup banyak orang yang jarang merasakan lelah karena mereka semakin lebih bersemangat.

Baca Juga: Cara Melakukan Kardio Di Rumah Untuk Pemula

4. Menghindari Cedera

Cedera otot dapat datang kapan saja. Namun dengan pilates, maka kamu dapat menghindari jenis cedera semacam ini. Pilates mampu menyeimbangkan otot-otot tubuh agar tidak lemah, kaku, atau kendur. Otot yang sudah terlalu kendur dapat lebih mudah cedera.

Kekuatan tubuh kamu menjadi lebih baik karena barisan otot di dalamnya mampu menopang dan menstabilkan bagian persendian ketika bergerak. Itulah mengapa pilates cocok bagi kamu yang memang sering melakukan aktivitas fisik.

5. Memberikan Kekuatan Tubuh

Inti utama pilates adalah memberikan kekuatan pada bagian inti pusat tubuh yang menjadi asal seluruh gerakan. Inti tubuh itu merupakan seluruh otot di dalamnya sehingga butuh diperkuat agar lebih lentur dan stabil saat menopang tubuh.

Pilates mampu meningkatkan itu semua sehingga dapat mengurangi nyeri pinggul dan punggung dan mengurangi disfungsi panggul bari para wanita. 

6. Mengurangi Sakit Akibat Haid

Haid atau datang bulan memang cukup menyakitkan bagi beberapa wanita. Perut mereka bisa merasakan kram sepanjang waktu hingga membutuhkan pertolongan lanjutan. Kondisi ini disebut sebagai dismenore yang merupakan periode menstruasi yang menyakitkan sekaligus melelahkan.

Jika kamu memilih melakukan pilates, maka rasa sakit akibat haid bisa lebih berkurang. Jadi apakah sekarang sudah mulai tertarik mencoba pilates sendiri?

Baca Juga: Lakukan 4 Olahraga ini di Rumah Selama Masa Social Distancing

7. Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas

Mungkin kamu sempat berpikir bahwa fleksibilitas dan mobilitas itu sama. Padahal sebenarnya berbeda. Fleksibilitas adalah jumlah peregangan pasif pada bagian otot. Sebaiknya, mobilitas adalah rentang gerak pada otot. Jika digabungkan, mobilitas yang baik sangat membutuhkan fleksibilitas dan kekuatan juga. 

Mobilitas tubuh tidak bisa didapatkan begitu saja. Fleksibilitas yang menjadi bagian dalam mobilitas tubuh tidak akan bisa berfungsi dengan baik kalau tak ada kekuatan otot. Kondisi ini membuat latihan pilates menjadi penting bagi para wanita yang sering beraktivitas.

Latihan pilates yang memang terus bergerak dengan transisi mulus dapat mengontrol mobilitas tubuh menjadi lebih sempurna. Pilates akhirnya menjadi olahraga yang unik karena peregangan otot dilakukan sepanjang latihan sehingga mampu meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas kekuatan tubuh Anda.

Manfaat pilates untuk wanita memang sangat beragam. Itulah mengapa kamu jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melakukan pilates. Apalagi saat ini kamu bisa memilih olahraga pilates dengan mudah karena telah hadir STRONGBEE yang dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber: https://www.healthline.com/nutrition/pilates-benefits#benefits

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Why you need to exercise (more)

5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5 Pilihan Personal Trainer di Jakarta

Recently Posted

tags

Recommended For You

cara melakukan plank yang benar

Bagaimana Cara Melakukan Plank yang Benar?

posisi plank yang baik dan benar

Tips untuk Melakukan Posisi Plank yang Baik dan Benar

bolehkah hiit cardio setiap hari

Bolehkah HIIT Cardio Setiap Hari untuk Menurunkan Berat Badan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved