Cara Melakukan Kardio Di Rumah Untuk Pemula

Salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung adalah cardio. Apa itu cardio dan bagaimana cara melakukan kardio di rumah? Ini beberapa tips untuk kamu!
Kardio adalah olahraga apa saja yang dapat menaikkan detak jantungmu. Selain berlari dan berjalan cepat, ada juga beberapa jenis gerakan beberapa olahraga yang bisa menjadi pilihan olahraga kardio untukmu.

 

Gerakan-gerakan kardio untuk dilakukan di rumah

1. Burpees
Burpees adalah gerakan bergantian antara plank dan lompatan ke atas. Gerakan ini disukai banyak penggemar kardio karena tidak membutuhkan alat apapun. Burpees dapat membakar lebih dari 100 kalori hanya dalam 10 menit, namun karena gerakan ini cukup intens, disarankan untuk tidak langsung melakukan banyak burpees bagi pemula.

 

2. Jumping Jacks
Sama seperti burpees, melakukan gerakan jumping jacks selama 10 menit saja bisa mengurangi 100 kalori! Jumping jacks tidak membutuhkan peralatan apapun, dan dapat digabungkan bersama gerakan-gerakan olahraga lainnya.

 

3. Squat Jumps
Squat jumps adalah gerakan melompat yang dimulai dan diakhiri dengan squat. Gerakan ini memberi tekanan pada lutut sehingga tidak disarankan bagi kamu yang memiliki cedera lutut atau jarang melakukan olahraga high impact.

 

4. Berlari di tangga
Naik-turun tangga juga dapat menjadi olahraga kardio! Selain meningkatkan detak jantungmu, olahraga ini juga baik untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah seperti kaki, paha, dan betis.

 

5. Plank Jacks
Plank jacks adalah kombinasi gerakan plank dan jumping jacks di mana kedua kaki melakukan gerakan melompat ke samping dan kembali lagi ke posisi plank. Gerakan ini menantangmu untuk menopang berat badanmu selama kamu melompat dengan cepat.

 

 

Selain melakukan gerakan-gerakan tersebut, kamu bisa juga mengikuti kelas-kelas yang menggunakan gerakan-gerakan kardio. Berikut adalah kelas-kelas yang bisa kamu coba:

Kelas-kelas Kardio

1. HIIT (High-Intensity Interval Training)
HIIT mengkombinasikan gerakan-gerakan cardio dan gerakan lainnya dengan memberikan jeda waktu istirahat di antara tiap gerakan. Olahraga ini baik untuk membentuk otot tubuh, terutama otot perut, serta untuk membakar kalori.

 

2. Barre
Barre adalah olahraga yang mengkombinasikan gerakan-gerakan ballet, pilates, dan yoga. Olahraga ini sering menambahkan gerakan cardio untuk meningkatkan detak jantung.

 

3. Zumba
Gerakan zumba yang cenderung cepat dan memanfaatkan seluruh bagian tubuh dapat meningkatkan detak jantung sehingga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin melakukan olahraga kardio!

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.