4 Macam Makanan Tinggi Kalori dan Protein

Kita sudah sering mendengar bahwa kita perlu menjaga kesehatan kita dengan makan dan istirahat yang cukup serta teratur. Namun mungkin kamu mulai merasakan ada sesuatu yang salah dalam tubuhmu. Misalnya kamu jadi merasa sangat lelah dan tidak bertenaga padahal sudah makan dan minum yang teratur. Selain itu kamu juga sudah berusaha menjaga jam tidur kamu dengan tidur 8 jam sehari.

Tidak hanya itu, mungkin ada dari kamu yang merasakan bahwa rambutmu sering rontok, padahal kamu sudah menggunakan shampoo dengan kualitas yang baik. Masalah yang ada mungkin bukan pada seberapa baiknya kamu menjaga pola makan dan istirahat, tetapi lebih kepada apa yang kamu makan. Bisa jadi tubuhmu yang tidak bertenaga dan rambutmu yang rontok adalah suatu sinyal yang diberikan tubuhmu untuk memberitahukan bahwa kamu kekurangan nutrisi seperti protein dan kalori.

Jika sudah begini tentu kamu jadi harus lebih memperhatikan apa yang kamu makan sehari-hari agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa makanan tinggi kalori dan protein yang bisa mulai kamu konsumsi.

Baca Juga: Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

Makanan Tinggi Kalori dan Protein

Memakan makanan yang tinggi kalori dan protein setiap harinya akan membantu tubuh kita bekerja dengan normal. Jika kita kekurangan salah satunya, tentu ada sistem dalam tubuh kita yang tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan makanan yang kita konsumsi memiliki nutrisi yang cukup, agar kamu dapat beraktivitas seharian penuh tanpa terganggu. Berikut ini adalah beberapa makanan dengan kalori dan protein yang tinggi yang bisa kamu konsumsi.

1. Alpukat

Buah yang satu ini sudah tidak asing kita dengar sebagai buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Kalori dalam 1 buahnya berjumlah 227 kalori dengan protein sebanyak 2,7 gram. Selain itu alpukat tidak hanya mengandung kalori dan protein yang baik untuk tubuh, tetapi juga mengandung Lutein yang bagus untuk mata serta vitamin dan mineral. Tentu bukan hanya buah alpukat yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kita. Buah alpukat hanyalah salah satu buah yang sudah terjamin nutrisinya bagi kamu yang kekurangan protein dan kalori.

Baca Juga: 5 Macam Gerakan Latihan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

2. Produk Susu dan Telur

Dalam sebuah telur (khususnya putih telur) terdapat 4 gram protein dan mengandung 145,2 kalori. Selain itu, produk keju dan yogurt yang mengandung susu, memiliki jumlah 75-152 kalori dengan jumlah protein 3-8 gram. Tidak heran jika waktu kecil kita sering diminta oleh orang tua kita untuk minum susu setiap pagi. Hal ini karena susu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk membantu pertumbuhan kita.

3. Daging

Daging yang dimaksudkan tidak terbatas pada salah satu jenis daging saja, tetapi bisa semua jenis daging seperti daging ayam, ikan, sapi dan domba. Daging ikan memiliki jumlah kalori 110-140 dengan kandungan protein sebanyak 20-35 gram. Ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dapat kita temukan pada ikan salmon dan ikan tuna. Pada daging ayam, terdapat 160 kalori dengan jumlah protein sebanyak 28 gram pada setiap 100 gram dagingnya. Daging sapi dan daging domba memiliki jumlah kalori masing-masing 210-450 kalori dan 250 kalori, serta dengan kandungan protein sebanyak 25-36 gram dan 30 gram.

Baca Juga:  Ikuti Pola Makan untuk Membentuk Otot Lebih Kuat

4. Biji dan Kacang

Meskipun kecil, biji dan kacang tidak bisa kita pandang sebelah mata dalam hal nutrisi. Saat ini sudah banyak sekali resep makanan sehat yang mengandung banyak biji dan kacang di dalamnya. Seperti Granola misalnya yang sudah terbukti membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Granola sendiri merupakan campuran dari gandum, biji dan kacang yang mengandung serat tinggi. Dalam hal nutrisi, pada setiap 50 gram granola terdapat 195 kalori dan protein sebanyak 4,4 gram. Selain itu di dalam setiap 100 gram kacang Almond, terdapat 6 gram protein dan 164 kalori. Biji dan kacang lain seperti biji bunga matahari dan kacang pistachio juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Keduanya mengandung 5,5-6 gram protein dalam setiap 100 gram, sedangkan jumlah kalori keduanya berjumlah masing-masing 162 kalori dan 158 kalori.

Demikian beberapa bahan makanan yang bisa kamu konsumsi supaya nutrisi di dalam tubuh kamu tetap terjaga. Keempat macam makanan di atas bukanlah makanan yang sulit untuk kamu cari. Kamu bisa mencarinya di pasar, supermarket dalam mall atau lewat e-commerce yang ada. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk memakan makanan yang tidak sehat seperti fast food. Kesehatan tubuh kamu tetap jadi prioritas yang paling penting untuk kamu jaga. Hanya ingin mengingatkan, makanan dengan nutrisi yang baik memang harus kamu penuhi, tetapi jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga yang cukup dan teratur. Jika kamu mulai berpikir untuk mencari personal trainer untuk membantu kamu menjaga kesehatan, kamu bisa kunjungi website STRONGBEE. Dengan penggunaan yang mudah dan akses yang luas, kamu bisa menemukan personal trainer yang cocok dengan lokasi dan kebutuhanmu. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi STRONGBEE di sini.

Sumber: 

10 Akibat Kekurangan Kalori dan Protein bagi Tubuh – HaloSehat

16 Nuts and Seeds High in Protein (myfooddata.com)

Is Granola Healthy? Benefits and Downsides (healthline.com)

Calories in 1 oz, hulled of Hulled Sunflower Seeds and Nutrition Facts (fatsecret.com)

42 Makanan Yang Mengandung Protein Super Tinggi – HaloSehat

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.