5 Tips Diet Defisit Kalori yang Benar agar Tetap Sehat

Apa yang muncul di benak kamu saat mendengar kata diet? Benar, orang yang pingsan karena tidak makan, orang yang masuk rumah sakit karena mengkonsumsi obat diet secara berlebihan, dll. Namun ternyata untuk menurunkan berat badan sesuai yang kamu inginkan, tidak harus membuat diri kamu menderita. Jika kamu mendapatkan berat yang ideal tetapi kesehatan tubuhmu terganggu, bukankah semua usahamu menjadi sia-sia?

Oleh karena itu saat ini sudah banyak cara untuk menurunkan berat badan, seperti diet defisit kalori. Diet defisit kalori adalah diet yang mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar. Secara sederhana diet defisit kalori adalah mengurangi asupan kalori dengan mengurangi makan atau mengganti makanan yang kita konsumsi dengan makanan rendah kalori. Selain mengurangi porsi makanan, cobalah untuk lebih aktif bergerak.

Meskipun rasa malas menghantui saat kita selalu berada di rumah, bergerak akan membantu kamu membakar kalori. Berolahraga selama 10 menit setiap hari dapat menjadi salah satu cara yang baik. Untuk terus mempertahankan diet defisit kalori yang sudah kamu lakukan, berikut ini adalah beberapa tips diet defisit yang benar supaya kesehatan tubuhmu tetap terjaga.

 

5 Tips Diet Defisit Kalori

Mulai melakukan sesuatu yang baru termasuk diet defisit kalori mungkin mudah dilakukan, tetapi untuk konsisten melakukannya setiap hari adalah hal yang lebih sulit dilakukan. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa rekomendasi pilihan STRONGBEE untuk kamu yang sedang berusaha mempertahankan diet defisit kalori.

1. Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil saat makan merupakan ilusi yang ternyata efektif untuk dilakukan, loh! Menggunakan piring yang lebih kecil tentu akan membuat porsi makanan yang diambil juga lebih sedikit karena daya tampungnya lebih kecil dari pada piring yang biasanya kamu gunakan. Dengan begitu kamu jadi merasa sudah makan banyak, karena makanan yang kamu makan seperti porsi biasanya yang memenuhi kapasitas piring. Bagi kamu yang tidak suka meninggalkan sisa makanan di piring, hal ini juga menjadi pilihan yang bagus karena makanan yang kamu ambil tidak sebanyak biasanya. Jadi kamu bisa menghabiskan makananmu tanpa merasa bersalah.

2. Pilih Makanan Yang Terlihat Besar

Cobalah untuk makan makanan yang terlihat besar, padahal makanan tersebut rendah kalori. Makan banyak sayuran misalnya. Sayuran merupakan salah satu makanan rendah kalori, namun jika di taruh pada piring atau mangkuk terlihat sangat banyak. Namun perlu diingat, bukan berarti kamu mengganti makan siang dan makan malam dengan menggunakan sayuran saja. Jadikan sayuran sebagai makanan pendamping yang selalu dimakan setiap kali kamu makan siang dan makan malam. Menjadikan sayuran sebagai camilan di antara waktu makan juga merupakan strategi yang baik dilakukan.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

3. Istirahat yang Cukup

Mungkin kita jadi bertanya, “apa hubungannya tidur yang cukup dengan terbakarnya kalori?”. Well, jika kamu tidak tahu, tidur juga dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuhmu, loh. Meskipun tidur merupakan aktivitas yang membakar kalori paling rendah, namun faktanya tidur tetap dapat membakar kalori dalam tubuh kita. Namun yang lebih penting adalah dengan tidur yang cukup, kamu akan membantu tubuh lebih rileks dan tidak stres. Jika tidurmu kurang, tingkat hormon stres Anda akan meningkat. Hormon stres yang meningkat akan membuat kamu merasa lapar dan membuat kamu ingin mengkonsumsi sesuatu. Dengan begitu kamu akan ingin makan lebih banyak pada hari berikutnya, bahkan tergoda untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat. Kekurangan tidur juga akan mengakibatkan kamu jadi malas beraktivitas dan berolahraga yang menyebabkan kalori dalam tubuhmu tidak terbakar. Cobalah untuk tidur 7-8 jam sehari sesuai yang dianjurkan untuk kita.

4. Sikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi kita setiap setelah makan akan membantu menghentikan kita untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan. Hal ini sangat efektif bagi kamu yang sangat suka memakan camilan atau hanya sekadar bosan dan ingin mengunyah makanan. Dengan menyikat gigi setelah makan, kamu jadi malas untuk meraih makanan ringan lain karena kamu baru saja menyikat gigi. Membawa sikat gigi ke mana pun kamu pergi akan sangat membantu kamu untuk mencegah makanan masuk ke dalam mulutmu. 

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Menjalankan Tugasnya

5. Hindari Minuman Tinggi Kalori

Jika kamu sering minum-minuman manis sebagai penutup atau kamu minum untuk menggantikan jatah camilanmu, hentikanlah sekarang juga. Minum-minuman yang tinggi kalori seperti kopi susu, soda, dan minuman manis lainnya tidak mengandung protein atau serat yang dapat membuat kamu kenyang. Justru minuman tersebut mengandung kalori yang sangat tinggi hingga 300 kalori dalam satu kali kamu meminumnya.

Menurunkan berat badan tidak harus dengan menyiksa badan, mental dan kesehatan kamu, kok. Tips-tips di atas tidak memerlukan biaya yang mahal dan dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Buatlah rencana yang sesuai untuk kamu dan buatlah rencana tersebut jadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Jika kamu memerlukan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya), kamu dapat menggunakan layanan dari STRONGBEE. Kunjungi websitenya sekarang juga, klik di sini.

Sumber :

Calories Burned While Sleeping: vs Sitting and Awake (healthline.com)

How To Stay In A Calorie Deficit To Lose Weight Fast – Fitneass

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.