Mengenal Vinyasa Flow Yoga yang Cocok untuk Pemula

Apakah Anda pernah mendengar tentang Vinyasa Flow Yoga? Pada saat ini, banyak penggiat yoga yang senang mengikuti Vinyasa Flow Yoga karena memiliki karakter gerakan unik. Vinyasa Flow Yoga adalah salah satu bagian yoga yang memiliki gerakan-gerakan yang terasa continuously sehingga mirip dengan gerakan tarian atau tai chi. 

Dengan karakter ini maka gaya yoga ini terhitung serba cepat. Tentunya berbeda dengan gerakan yoga tradisional yang berfokus dengan menahan setiap pose untuk tetap stabil dan statis. Sebaliknya, Vinyasa Flow Yoga memberikan sisi latihan sinkronisasi antara pernapasan dan gerakan yoga/pose yoga.

Jika Anda mulai tertarik dengan Vinyasa Flow Yoga, berarti sudah waktunya mengenalnya secara mendalam di bawah ini karena ada berbagai manfaat yang dapat dirasakan.

8 Manfaat Latihan Vinyasa Flow Yoga

Melihat bagaimana penjelasan singkat tentang Vinyasa Flow Yoga di atas, Anda sudah bisa melihat bahwa gerakan-gerakan di dalamnya membutuhkan tenaga dan kondisi fisik lebih kuat. Namun hasil yang diberikan juga terasa lebih berdampak besar. Itulah yang membuat Vinyasa Flow Yoga terkesan unik.

Ditambah lagi terdapat berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan jika melakukan latihan Vinyasa Flow Yoga.

1. Mengembangkan Kekuatan Tubuh

Mengembangkan kekuatan tubuh, khususnya di bagian tulang belakang memang penting. Dengan Vinyasa Flow Yoga maka Anda bisa merasakan bagaimana otot inti tubuh semakin kuat. 

Berbagai gerakan di dalam Vinyasa Flow Yoga memang membuat kekuatan tubuh lebih baik lagi. Selain itu juga meningkatkan stabilitas dan keseimbangan tubuh yang dapat dirasakan ketika mulai beraktivitas.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kita tahu bagaimana kesehatan jantung menjadi hal yang harus dijaga. Itulah mengapa selalu dianjurkan olahraga, apapun jenisnya. Namun dengan Vinyasa Flow Yoga, kesehatan jantung Anda menjadi lebih baik lagi. Alasan utamanya karena ada unsur latihan kardio di dalam yoga ini. Postur tubuh juga lebih baik sehingga meningkatkan sirkulasi di jantung, otot, dan organ tubuh lainnya.

Baca Juga: 5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

3. Mengurangi Stres

Setiap orang pasti mengalami stres di dalam kehidupannya. Apapun kesibukan yang dijalankan, stres itu pasti muncul secara tidak langsung. Ketika Anda memilih Vinyasa Flow Yoga, maka masalah stres ini dapat lebih dikurangi. Pikiran menjadi lebih tenang, serta mengurangi gangguan kecemasan, kekhawatiran, kelelahan, dan hal-hal mengganggu pikiran dan hati lainnya. 

4. Meningkatkan Mood

Sebenarnya apa tujuan Anda berolahraga? Selain untuk membuat tubuh lebih sehat, ternyata bisa juga meningkatkan mood. Hal ini juga yang ditawarkan Vinyasa Flow Yoga. Anda dapat melepaskan beban emosional dan menghilangkan perasaan negatif setelah mengikuti yoga ini. Ketika di dalam hidup ini selalu disarankan berpikir positif, Vinyasa Flow Yoga mampu membantu Anda melakukannya.

Baca Juga: 10 Macam Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Yoga memang menekankan fleksibilitas Anda untuk menjadi lebih baik lagi. Vinyasa Flow Yoga juga menawarkan hal itu kepada Anda. Persendian memang dapat kaku, khususnya bagi Anda yang menjalani aktivitas yang cenderung minim gerak.  

Vinyasa Flow Yoga membuat Anda lebih meregangkan dan memperkuat otot tubuh. Secara pelan tapi pasti, otot menjadi lebih mudah diregangkan sehingga tidak mudah kaku. Kondisi ini membuat Anda dapat meminimalisir cedera.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa yang sering mengalami insomnia? Penderita insomnia yang tidak dapat tidur dengan cepat, bahkan hingga matahari kembali terbit sudah pasti merasakan gangguan berat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Itulah mengapa Vinyasa Flow Yoga sangat disarankan bagi penderita insomnia. Gerakan yang beragam, hingga melatih melatih teknik pernapasan dapat mengurangi ketegangan di tubuh serta kecemasan di dalam pikiran. Namun perlu ingat kalau jangan latihan yoga sebelum Anda tidur karena sudah pasti membuat jantung Anda lebih terpacu.

Baca Juga: Cara Melakukan Kardio Di Rumah Untuk Pemula

7. Membuat Sistem Pernapasan Lebih Kuat

Sistem pernapasan memang diharapkan dapat lebih kuat, khususnya ketika Anda sering melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga besar. Untungnya Vinyasa Flow Yoga dapat membuat sistem pernapasan lebih kuat. 

Pernapasan di dalam tubuh Anda menjadi lebih baik karena Vinyasa Flow Yoga memperluas paru-paru dengan udara dan memperkuat diafragma. Pengembangan paru-paru secara rutin dapat meningkatkan kapasitasnya juga. Jika Anda memiliki penyakit paru-paru seperti asma atau bronkitis, Vinyasa Flow Yoga sangat disarankan. 

8. Membakar Kalori

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan dengan Vinyasa Flow Yoga adalah membakar kalori. Gerakan di dalam jenis yoga ini memang lebih mampu mengeluarkan keringat. Itulah mengapa mampu membakar kalori lebih banyak, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh juga. 

Jika Anda melakukan Vinyasa Flow Yoga secara teratur, maka berat badan dan lemak tubuh dapat turun. Apalagi jika melakukannya selama satu jam. Diperkirakan 400 hingga 600 kalori dapat terbuang dalam satu sesi Vinyasa Flow Yoga.

Jadi itulah berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh Anda jika mengikuti Vinyasa Flow Yoga. Jika memang Anda sedang mencari kelas yoga yang juga mampu menurunkan kalori dan lebih mampu mengeluarkan keringat lebih banyak, Vinyasa Flow Yoga adalah jawaban tepat. 

Untuk mencari kelas yoga yang tepat bagi Anda, STRONGBEE hadir dengan memberikan berbagai pilihan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya). Anda bisa mendapatkan kelas yoga di sini. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Sumber:

https://www.yogabasics.com/connect/yoga-blog/benefits-vinyasa-yoga/ 

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.