Mengenal Calisthenics, Olahraga Tanpa Bantuan Alat

Home » Artwork » Mengenal Calisthenics, Olahraga Tanpa Bantuan Alat

Banyaknya fasilitas olahraga seperti gym dan studio semakin menunjang kebutuhan kamu yang ingin berolahraga. Namun keterbatasan waktu dan kesibukan yang ada membuat sulitnya mengakses fasilitas olahraga tersebut. Berbeda jika kamu melakukan olahraga yang satu ini, namanya Calisthenics. Kamu nggak perlu repot menyediakan waktu untuk pergi ke gym, karena melakukan olahraga yang satu ini nggak diperlukan banyak peralatan lho!

Apa Itu Calisthenics?

Istilah Calisthenics mungkin terdengar asing di telinga. Tetapi besar kemungkinan kamu pernah melakukannya dalam hidupmu. Berbeda dengan olahraga di gym yang berfokus pada pembentukan otot dengan bantuan beragam alat, Calisthenics merupakan olahraga yang memaksimalkan penguatan otot dengan hanya menggunakan berat badan kamu. Satu-satunya perlengkapan yang dibutuhkan adalah pull-up bar atau semacamnya, dan dapat dengan mudah kamu temukan pada fasilitas publik seperti taman.

Gerakan Apa Aja Sih yang Ada dalam Calisthenics?

Terdapat 5 gerakan dasar dalam olahraga Calisthenics yaitu Pull Up, Dip, Squat, Push-Up, dan Push-Up to Handstand. Kelima gerakan dasar tersebut harus kamu kuasai terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Dan tentunya kamu harus konsisten, karena kalo enggak ya ototmu bakalan loyo lagi. Jadi jangan cepat menyerah hanya dalam beberapa kali latihan ya!

Lalu, Manfaatnya Apa Aja Tuh?

Selain kepraktisannya karena nggak diperlukan banyak peralatan, manfaat lain dari olahraga Calisthenics adalah dapat melatih banyak bagian otot sekaligus. Contohnya salah satu gerakannya yaitu Push-Up dapat melatih otot tangan, bahu, dada, punggung, dan perut secara bersamaan. Itu baru manfaat dari satu gerakan, belum lagi ditambah gerakan lainnya. Misalnya gerakan Squat, bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah, ligamen dan jaringan. Selain itu Squat dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Nah, dengan fleksibilitas otot yang sudah terlatih dengan baik, tentunya kamu akan meminimalisir cedera pada tubuhmu!
Jadi, Calisthenics sangatlah cocok buat kamu yang nggak mau repot pergi ke gym, membeli peralatan olahraga, dan membayar keanggotaan gym. Karena kamu dapat dengan mudah melakukannya di rumah, tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Kalo kamu merasa bosan, kamu bisa melakukannya di taman-taman sekitar rumahmu. Mudah, kan?

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.