Apa Saja Manfaat Olahraga Sebelum Tidur?

Mendapatkan tidur yang lebih nyenyak setiap hari adalah salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga malam sebelum tidur. Melakukan olahraga malam hari sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, hingga membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar serta lebih fokus dalam menjalankan berbagai macam aktivitas fisik dan non-fisik di kemudian hari.

Untuk kamu yang ingin melakukan olahraga malam, perlu kamu ketahui kalau kamu tidak dapat melakukan olahraga malam secara sembarangan. Karena jika kamu melakukan olahraga malam dengan sembarangan, maka waktu dan pola tidur kamu akan semakin terganggu. Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari berbagai manfaat olahraga sebelum tidur yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan hasil dari berolahraga malam yang maksimal.

Manfaat Olahraga Malam Sebelum Tidur

Ada beberapa manfaat baik yang bisa kamu rasakan ketika melakukan olahraga malam sebelum tidur. Beberapa manfaat olahraga sebelum tidur adalah sebagai berikut ini:

1. Kualitas Tidur yang Meningkat

Pendapat yang berkembang dan dipercayai oleh orang banyak pada zaman dahulu adalah jika berolahraga sebelum tidur justru akan membuat kamu sulit untuk mendapatkan istirahat malam yang berkualitas jika dibandingkan kalau kamu melakukan olahraga pagi hari.

Namun berdasarkan penelitian terbaru, hal ini belum tentu benar. Beberapa penelitian menemukan bahwa sangat mungkin untuk menikmati banyak manfaat dari melakukan olahraga malam hari sebelum waktu tidur tanpa harus mengorbankan kenyamanan waktu istirahat kamu di malam hari.

Kunci dalam melakukan olahraga malam adalah dengan memperhatikan waktu tidur dan fokus pada jenis olahraga yang tidak akan mempengaruhi kemampuan kamu untuk bisa tertidur setiap malamnya. Dengan memperhatikan waktu tidur dan fokus pada olahraga yang kamu pilih, maka kamu akan merasakan kualitas tidur yang meningkat secara signifikan.

Karena menurut sebuah penelitian, berolahraga di malam hari dengan intensitas sedang dalam waktu 60 sampai 90 menit sebelum tidur, tidak akan mempengaruhi kemampuan kamu untuk dapat tidur dengan nyenyak. Hal Ini didukung oleh penelitian di tahun 2019 dengan judul “Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants: A Systematic Review and Meta-Analysis” yang menganalisa 23 kasus, dan semuanya menunjukan adanya peningkatan dalam kualitas tidur setelah melakukan olahraga yang ringan dan sedang dalam rentang waktu 1 jam sebelum tidur.

2. Menghilangkan Stress

Jika dibandingkan olahraga pagi, berolahraga sebelum tidur pada malam hari bisa berdampak baik bagi kamu yang selalu merasakan stress pada siang hari karena pekerjaan, terjebak macet, atau berbagai macam hal lainnya yang bisa menimbulkan stress. Maka melakukan olahraga di malam hari sangat disarankan untuk dilakukan karena dapat membantu kamu untuk mengurangi stres, bahkan menghilangkan stress.

4. Membantu Dalam Mengatasi Insomnia

Olahraga di malam hari seperti melakukan aerobik ringan sebelum tidur akan mampu membantu kamu yang mengalami masalah dalam tidur, seperti insomnia dan juga berbagai macam gangguan tidur lainnya. Melakukan olahraga sebelum tidur dapat membantu kamu dalam menurunkan tingkat keparahan dari gangguan pernapasan saat tidur dan dapat membantu mengurangi keparahan sleep apnea yang sangat mengganggu.

Olahraga Apa yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur?

Berbagai jenis olahraga malam yang akan bisa memberikan dampak yang berbeda juga untuk tidur kamu. Itulah sebabnya, jika ingin berolahraga di malam hari maka penting sekali untuk memilih aktivitas yang akan dilakukan dengan bijak. Pertimbangkan juga waktu yang tepat ketika ingin melakukan kegiatan tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat Pilates untuk Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Aktivitas ringan hingga sedang adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan sebelum tidur. Tingkat aktivitas ini dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Waktu jeda setelah menyelesaikan latihan dengan waktu kamu tidur juga hal yang penting diperhatikan. Setidaknya beri jeda 1 jam sebelum tidur untuk bisa menyelesaikan kegiatan olahraga. Jika memungkinkan, usahakan untuk menyelesaikannya setidaknya 90 menit sebelum pergi tidur. Ini akan memberi tubuh kamu cukup waktu untuk rileks dan siap untuk tidur. Contoh aktivitas dengan intensitas ringan hingga sedang meliputi:

  1. Yoga
  2. Stretching
  3. Jalan santai
  4. Berenang santai
  5. Bersepeda santai
  6. Angkat beban ringan hingga sedang

Jika olahraga ringan dan sedang sangat disarankan, maka sebaliknya olahraga berat sangat dianjurkan untuk dihindari. Aktivitas fisik yang bisa memakan banyak tenaga ini dapat merangsang sistem saraf kamu dan meningkatkan detak jantung membuat tubuh untuk sulit masuk pada fase untuk beristirahat. Contoh latihan dengan intensitas yang tinggi meliputi:

  1. High-intensity interval training (HIIT)
  2. Berlari
  3. Renang dengan lap
  4. Lompat Tali
  5. Angkat beban berat

Waktu Latihan yang Tepat

Waktu latihan yang tepat akan bisa menyeimbangkan kemampuan tubuh untuk beristirahat sekaligus merasakan efek dari olahraga ringan dan sedang yang dilakukan. Seperti yang sudah disampaikan di atas, berikan jarak bagi tubuh untuk beristirahat sekitar 60-90 menit. Untuk waktu olahraganya sendiri akan bisa disesuaikan dengan bentuk latihan yang dilakukan.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Tentang Gula

Hal Lain Untuk Meningkatkan Tidur Kamu

Selain dengan olahraga yang teratur, ada banyak hal lainnya yang akan bisa membantu untuk meningkatkan kualitas dari tidur agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Beberapa hal lain yang bisa mendukung tubuh kamu bisa beristirahat dengan lebih baik adalah:

Tidur Dengan Teratur

Kamu bisa menjadwalkan waktu olahraga dan juga waktu tidur secara konsisten demi mendapatkan efek terbaik yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman. Hal ini akan bisa membantu dalam menentukan jam biologis dari tubuh.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Harus Cobain Pilates

Hindari Makan Berat

Jika kamu sudah menyelesaikan latihan ringan dan sedang sebelum tidur, maka ada sebaiknya menghindari makanan berat. Jika kamu merasa lapar, buah-buahan atau makanan yang ringan seperti roti akan bisa membantu untuk mengganjal perut sebelum tidur.

Itulah manfaat olahraga sebelum tidur yang bisa didapatkan. Semoga dengan informasi yang diberikan STRONGBEE ini, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan tubuh lebih maksimal lagi. STRONGBEE juga dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien.

Sumber: https://www.healthline.com/health/working-out-before-bed#sleep-tips

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.