Apa Saja Manfaat Olahraga Sebelum Tidur?

Home » Fitness » Apa Saja Manfaat Olahraga Sebelum Tidur?

Mendapatkan tidur yang nyenyak adalah salah satu manfaat manfaat olahraga sebelum tidur. Tubuh yang segar dan siap untuk menjalankan segala macam aktivitas adalah hal yang dibutuhkan agar bisa fokus untuk seharian penuh. Namun, kegiatan olahraga sebelum tidur ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika dijalankan dengan sembarangan, maka tidur kamu malah akan terganggu. Mari kita mempelajari manfaat dari olahraga yang dilakukan sebelum tidur agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Ada beberapa manfaat baik yang akan bisa dirasakan ketika kita berolahraga sebelum tidur. Beberapa di antarnya adalah sebagai berikut.

Kualitas Tidur yang Meningkat

Pendapat yang berkemabang dan dipercayai oleh orang banyak pada zaman dahulu adalah jika berolahraga sebelum tidur malah akan mempersulit kamu untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Namun, berdasarkan penelitian terbaru, hal ini belum tentu benar. Penelitian menemukan bahwa sangat mungkin untuk menikmati olahraga menjelang waktu tidur, tanpa mengorbankan kenyamanan dari tidur kamu. Kuncinya adalah memperhatikan waktu dan fokus pada jenis olahraga yang tidak akan memengaruhi kemampuan kamu untuk bisa tertidur.

Menurut penelitian melakukan olahraga dengan intensitas sedang dalam waktu 60 hingga 90 menit sebelum tidur tidak akan memengaruhi kemampuan kamu untuk tidur nyenyak. Ini didukung oleh penelitian di tahun 2019 dengan judul “Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants: A Systematic Review and Meta-Analysis” yang menganalisa 23 kasus, dan semuanya menunjukan adanya peningkatan dalam kualitas tidur setelah melakukan olahraga yang ringan dan sedang dalam rentang waktu 1 jam sebelum tidur.

Menghilangkan Stress

Bagi kamu yang merasakan stress pada siang hari karena pekerjaan, terjebak macet, atau berbagai macam hal lainnya yang bisa menimbulkan stress, maka olahraga sebelum tidur akan bisa membantu untuk menghilangkannya.

Membantu Dalam Mengatasi Insomnia

Latihan aerobik ringan sebelum tidur akan mampu membantu kamu yang mengalami masalh susah tidur seperti insomnia dan juga berbagai macam gangguan tidur lainnya. Seperti dapat membantu menurunkan keparahan gangguan pernapasan saat tidur dan dapat membantu mengurangi keparahan sleep apnea yang sangat mengganggu.

Olahraga Apa yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur?

Berbagai jenis olahraga akan bisa memberikan dampak yang berbeda juga untuk tidur kamu. Itulah sebabnya, jika ingin berolahraga di malam hari maka penting sekali untuk memilih aktivitas yang akan dilakukan dengan bijak. Pertimbangkan juga waktu yang tepat ketika ingin melakukan kegiatan tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat Pilates untuk Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Aktivitas ringan hingga sedang adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan sebelum tidur. Tingkat aktivitas ini dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Waktu jeda setelah menyelesaikan latihan dengan waktu kamu tidur juga hal yang penting diperhatikan. Setidaknya beri jeda 1 jam sebelum tidur untuk bisa menyelesaikan kegiatan olahraga. Jika memungkinkan, usahakan untuk menyelesaikannya setidaknya 90 menit sebelum pergi tidur. Ini akan memberi tubuh kamu cukup waktu untuk rileks dan siap untuk tidur. Contoh aktivitas dengan intensitas ringan hingga sedang meliputi:

  1. Yoga
  2. Stretching
  3. Jalan santai
  4. Berenang santai
  5. Bersepeda santai
  6. Angkat beban ringan hingga sedang

Jika olahraga ringan dan sedang sangat disarankan, maka sebaliknya olahraga berat sangat dianjurkan untuk dihindari. Aktivitas fisik yang bisa memakan banyak tenaga ini dapat merangsang sistem saraf kamu dan meningkatkan detak jantung membuat tubuh untuk sulit masuk pada fase untuk beristirahat. Contoh latihan dengan intensitas yang tinggi meliputi:

  1. High-intensity interval training (HIIT)
  2. Berlari
  3. Renang dengan lap
  4. Lompat Tali
  5. Angkat beban berat

Waktu Latihan yang Tepat

Waktu latihan yang tepat akan bisa menyeimbangkan kemampuan tubuh untuk beristirahat sekaligus merasakan efek dari olahraga ringan dan sedang yang dilakukan. Seperti yang sudah disampaikan di atas, berikan jarak bagi tubuh untuk beristirahat sekitar 60-90 menit. Untuk waktu olahraganya sendiri akan bisa disesuaikan dengan bentuk latihan yang dilakukan.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Tentang Gula

Hal Lain Untuk Meningkatkan Tidur Kamu

Selain dengan olahraga yang teratur, ada banyak hal lainnya yang akan bisa membantu untuk meningkatkan kualitas dari tidur agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Beberapa hal lain yang bisa mendukung tubuh kamu bisa beristirahat dengan lebih baik adalah:

Tidur Dengan Teratur

Kamu bisa menjadwalkan waktu olahraga dan juga waktu tidur secara konsisten demi mendapatkan efek terbaik yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman. Hal ini akan bisa membantu dalam menentukan jam biologis dari tubuh. 

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Harus Cobain Pilates

Hindari Makan Berat

Jika kamu sudah menyelesaikan latihan ringan dan sedang sebelum tidur, maka ada sebaiknya menghindari makanan berat. Jika kamu merasa lapar, buah-buahan atau makanan yang ringan seperti roti akan bisa membantu untuk mengganjal perut sebelum tidur.

Itulah manfaat olahraga sebelum tidur yang bisa didapatkan. Semoga dengan informasi yang diberikan STRONGBEE ini, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan tubuh lebih maksimal lagi. STRONGBEE juga dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif dan efisien.  

Sumber: https://www.healthline.com/health/working-out-before-bed#sleep-tips

 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.