Cara Memilih Yoga Mat yang Baik

Home » Healthy Tips » Cara Memilih Yoga Mat yang Baik

Yoga mat merupakan salah satu alat olahraga yang paling mendasar untuk memulai aktivitas olahragamu. Namun tidak semua matras yoga memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

 

Berikut adalah 3 cara memilih yoga mat atau matras yoga yang tepat untuk kebutuhanmu!


1. Ketebalan
Ketebalan matras menentukan kenyamanan kamu bergerak dan melakukan pose yoga. Semakin tebal matras maka semakin nyaman anggota tubuhmu dalam melakukan gerakan tertentu. Contohnya, melakukan crescent lunge akan lebih nyaman di lututmu jika dilakukan di atas matras yang lebih tebal. Sedangkan, melakukan tree pose mungkin akan lebih sulit  karena sulit mempertahankan stabilitas di matras yang tebal.
Matras pada umumnya memiliki ketebalan 4 mm. Terdapat juga matras yoga yang disebut travel mat yang hanya memiliki ketebalan 1.5 mm. Matras ini cocok untuk dibawa berpergian karena dapat dilipat dan ringan.


2. Material
Sebagian besar yoga mat dibuat dari bahan PVC atau TPE (Thermoplastic Elastomers). PVC merupakan bahan yang paling terjangkau. PVC juga memiliki daya tahan tinggi sehingga dapat bertahan cukup lama. Namun, PVC cenderung sulit dibersihkan. TPE merupakan bahan yang lebih mudah dibersihkan dan juga tahan lama. Salah satu keunggulan matras TPE adalah bahannya yang lebih ramah lingkungan karena dapat didaur ulang.
Salah satu material yang sangat terkenal untuk matras yoga adalah PU atau Polyurethane. Material ini terkenal memiliki grip atau cengkraman yang bagus sehingga cocok untuk jenis yoga yang berkekuatan tinggi seperti Power Yoga, Bikram Yoga, dan Ashtanga Yoga.


3. Harga
Kisaran harga matras yoga bisa sangat berbeda satu sama lain. Matras berbahan PVC umumnya memiliki harga yang cukup terjangkau, terutama matras dengan ketebalan standard (4 mm) dan berwarna polos atau tidak berpola.
Matras yang memiliki bahan eco-friendly atau ramah lingkungan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dari matras lainnya. Matras berbahan PU atau Polyurethane pun biasanya memiliki kisaran harga paling tinggi dibandingkan matras lainnya.
 
Mana yang paling cocok untukmu? Tentunya kamu harus tahu dulu kebutuhan dan keinginan kamu dalam berlatih yoga. Matras berbahan PVC, TPE, dan NBR cukup baik untuk pemula atau mereka yang frekuensi berlatihnya belum tinggi. Sedangkan untuk mereka yang ingin melakukan yoga yang lebih menantang dan untuk jangka waktu lama, matras berbahan PU merupakan investasi yang baik!
 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Why you need to exercise (more)

5 Variasi Gerakan Plank yang Banyak Manfaatnya

5 Pilihan Personal Trainer di Jakarta

Recently Posted

tags

Recommended For You

cara melakukan plank yang benar

Bagaimana Cara Melakukan Plank yang Benar?

posisi plank yang baik dan benar

Tips untuk Melakukan Posisi Plank yang Baik dan Benar

bolehkah hiit cardio setiap hari

Bolehkah HIIT Cardio Setiap Hari untuk Menurunkan Berat Badan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved