3 Olahraga yang Aman untuk Lansia

Home » Banner » 3 Olahraga yang Aman untuk Lansia

Nggak cuma anak muda, banyak orang tua lanjut usia yang juga tetap ingin melakukan olahraga. Walaupun manfaat olahraga memang untuk kesehatan, tetapi nggak semua olahraga bisa dilakukan oleh lansia. Karena harus sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh masing-masing. Intensitas waktu olahraga juga harus dipertimbangkan, karena kekuatan tubuh tentunya sudah berbeda jika dibandingkan saat masih muda. Berikut rekomendasi 3 olahraga yang aman untuk lansia. Bisa kamu praktekkan dengan kakek-nenekmu nih!

 

1. Jalan Kaki

olahraga yang aman untuk lansiaMeski terdengar remeh karena dilakukan setiap saat, berjalan kaki memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya mengurangi gejala varises. Seiring bertambahnya usia, varises sangat mungkin terjadi. Nah, berjalan kaki dapat membantu meminimalisir terjadinya hal tersebut. Selain itu berjalan kaki juga dapat meningkatkan stamina, memperkuat kinerja otot, paru-paru, dan jantung.

 

2. Renang

olahraga yang aman untuk lansiaSalah satu resiko yang sangat dihindari ketika melakukan olahraga di usia lanjut adalah jatuh. Para lansia sangat mudah terkena resiko tersebut, karena keseimbangan tubuhnya sudah nggak sebaik ketika muda. Nah, olahraga lain yang aman untuk lansia dengan minim resiko terjatuh adalah renang. Karena semua gerakan inti dilakukan di dalam air. Renang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, melancarkan aliran darah, dan menghilangkan stress.

 

3. Tai Chi

olahraga yang aman untuk lansiaSeni beladiri asal Tiongkok ini tidak seperti seni beladiri lain yang mengandalkan kekuatan fisik. Gerakan dalam Tai Chi lembut dan pelan sehingga cocok dilakukan oleh lansia. Kelembutan gerakannya membuat otot dan sendi tidak terbebani dengan tekanan yang besar. Tai Chi juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dan kelenturan tubuh. Seperti yang kamu juga pasti ketahui, di usia lanjut dua hal tersebut mulai berkurang kinerjanya.
Itulah 3 rekomendasi olahraga yang aman untuk lansia. Jadi kalo kamu mau olahraga dan kakek nenek atau orang tuamu mau ikutan, kamu nggak perlu khawatir dan bingung, kira-kira olahraga apa yang tepat untuk dilakukan bersama mereka. Selamat mencoba!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.