Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Otot Perut Mulai Terbentuk

Home » Fitness » Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Otot Perut Mulai Terbentuk

Kita bisa melihat tanda-tanda otot perut mulai terbentuk sejak dini. Memang perlu hasil yang lama agar ototnya terbentuk sempurna, tapi proses awalnya bisa dirasakan ketika rajin berolahraga. Ada pula ciri-ciri otot perut mulai terbentuk yang tidak kita sadari pada awalnya, dan tentunya berpengaruh pada gaya hidup baru yang sudah dipraktekkan.

Membentuk otot di bagian perut atau anggota tubuh lainnya menjadi idaman hampir setiap banyak orang. Mereka mendambakan otot perut six-pack atau minimal berat badan yang cukup ideal untuk mereka. Tentunya, banyak sekali waktu yang dibutuhkan untuk membentuknya, juga kebiasaan baru yang harus disiplin dilakukan setiap hari.

Membentuk Otot Perut

Faktanya, pembentukan otot perut bergantung pada jumlah lemak dalam tubuh yang dimiliki, baik itu four-pack maupun sick-pack. Untuk membentuknya, sudah jelas kita harus mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Lebih baik menggunakan cara yang aman, seperti mengatur pola makan dan berolahraga. 

Meskipun prosesnya panjang, setidaknya kedua cara efektif untuk membentuk otot perut jika dilakukan dengan disiplin. Selain itu, kita juga jadi memiliki kebiasaan baru dan berusaha untuk meneruskannya sehingga otot perut tetap terbentuk.

Sayangnya, tidak semua jenis latihan dan pola diet cocok untuk semua orang. Ada yang sudah berusaha keras, tapi tidak mendapatkan hasil yang diimpikan. Itu karena ada faktor lain yang bisa mempengaruhi pembentukan otot perut setiap orang, yakni faktor genetik dan bentuk tubuh.

Tidak ada patokan waktu yang pasti dalam membentuk otot perut bagi setiap orang, karena kadar lemak dalam tubuh berbeda antara seorang dengan yang lain. Waktu pembentukan otot perut yang sempurna juga bervariasi, yakni antara 3 bulan hingga 2 tahun. Itu pun jika rutin melakukan kebiasaan baru di atas dengan mengurangi 1-2% lemak tubuh setiap bulannya. 

Karena itu, lebih baik berkonsultasi dulu dengan ahli gizi sehingga diketahui jumlah lemak dalam tubuh kita. Sah-sah saja jika mengikuti pola diet atau olahraga yang dilakukan oleh orang lain, tapi pastikan harus sesuai dengan kondisi tubuh kita. Jangan sampai pola diet yang diterapkan malah membuat kita merasa kurang gizi sehingga tidak bisa beraktivitas.

Jumlah kadar lemak ideal yang dimiliki oleh wanita untuk melihat pembentukan otot perut adalah 14%-19%. Lain halnya dengan pria, mereka hanya butuh jumlah yang lebih sedikit, yakni 6%-13%. Usahakan agar kadar lemaknya tidak kurang dari 10%, bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan lemak untuk kinerja organ di dalamnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Interval Training dengan Tepat?

Tanda-Tanda Otot Perut Mulai Terbentuk

Banyak sekali orang yang menginginkan hasil instan ketika mereka memutuskan untuk membentuk otot perut. Ada pula yang mulai putus asa dan meninggalkan kebiasaan barunya kala tidak melihat perubahan di bagian abdomen mereka. Seperti yang disebutkan di atas, otot perut membutuhkan waktu yang cukup lama agar terbentuk sempurna, minimal 3 bulan.

Lebih baik tidak terlalu terpaku dengan waktu atau durasi saat ingin membentuk otot perut. Cukup lakukan kebiasaan baru seperti diet dan olahraga yang teratur, perlahan-lahan otot perut mulai terbentuk. Hanya saja, jangan terlalu ekstrim melakukan keduanya, karena justru berdampak buruk pada tubuh kita.

Jika rajin melakukan dua kebiasaan tersebut, kita bisa melihat beberapa ciri-ciri otot perut mulai terbentuk saban hari. Seperti apa tanda-tandanya yang bisa dilihat?

1. Ukuran Pinggang Mengecil

Membentuk otot perut berarti membakar lemak yang ada di tubuh, terutama di bagian pinggang. Otomatis, ukuran pinggang pun menjadi lebih rampung sehingga celana lama bisa muat kembali saat dipakai. Tidak harus memiliki badan seperti jam pasir, setidaknya berbagai kebiasaan baru yang dilakukan sudah berhasil mengurangi lemak di perut.

2. Postur Tubuh Lebih Tegak

Tidak hanya perut yang mulai rata, beberapa olahraga untuk membentuk otot perut juga bisa membuat postur tubuh jadi lebih tegak. Rutinitas olahraga yang dilakukan bisa membentuk otot inti dan otot punggung pula. Risiko sakit punggung pun berkurang, juga dengan bonus tubuh semakin ramping saat dilihat.

Baca Juga: 5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

3. Keseimbangan Tubuh Lebih Baik

Keseimbangan tubuh yang lebih baik juga merupakan tanda pembentukan otot perut. Perut yang lebih kuat akan mempengaruhi koordinasi antara bagian tubuh atas dan bawah sehingga tetap seimbang. Melakukan plank atau berdiri di atas satu kaki saat pemanasan jadi lebih mudah dilakukan.

4. Kaki Tidak Sakit Saat Berjalan

Keseimbangan yang bagus dan otot inti yang kuat juga membuat kaki kita tetap tahan berjalan sejauh manapun. Apabila tidak ada keseimbangan tubuh, kaki malah merasa sakit karena harus menahan beban yang lebih besar. Otot inti yang kuat bisa membantu mengurangi risiko nyeri sendi pada kaki karena bisa menjaga keseimbangan tubuh.

5. Mulai Terlihat Garis di Daerah Perut

Lemak tubuh yang mulai berkurang akan diganti dengan terbentuknya beberapa garis di daerah abdomen. Garis-garis ini biasanya terlihat di bagian sisinya, jadi tidak terlalu tampak di tengah. Kita bisa melihat pembentukannya di bagian bawah tulang rusuk.

Baca Juga: 5 Macam Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur

6. Tubuh Lebih Ramping

Tidak hanya perut, hampir semua tubuh pun mulai menjadi ramping ketika melakukan olahraga yang membentuk otot perut. Memang butuh waktu yang lama agar otot perut terbentuk, karena lemak pada tubuh juga butuh proses panjang agar bisa hilang. Setidaknya, tubuh kita mulai bekerja untuk mengelola lemak tersebut agar tidak terlihat lagi.

Tanda-tanda atau ciri-ciri otot perut mulai terbentuk di atas tentunya berbeda-beda tiap orang, tergantung pada jumlah kadar lemak yang dimiliki. Lakukan rangkaian olahraga pembentuk otot perut yang tepat di aplikasi STRONGBEE, niscaya semua tanda tersebut pasti muncul. STRONGBEE juga dilengkapi dengan personal trainer yang bisa membantu mengarahkan pola diet dan olahraga yang tepat, sehingga Anda bisa mendapatkan otot perut dalam waktu yang ideal. Segera download aplikasinya dan rasakan keuntungan hidup sehat bersama kami.

Sumber:

https://www.all4women.co.za/2217719/health-and-wellness/weight-loss-tips/3-unusual-signs-that-your-six-pack-is-loading 

https://lafitness.wordpress.com/2015/07/13/7-signs-youre-on-track-to-getting-six-pack-abs/ 

https://greatist.com/health/how-long-does-it-take-to-get-abs

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.