Mengapa Renang Baik Untuk Kesehatan? Ini Dia Jawabannya

Kita sudah lama tahu bahwa renang merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk dilakukan. Olahraga renang menjadi pilihan banyak orang yang tidak ingin berolahraga ke gym, basket, lari, dan lain sebagainya. Olahraga renang menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan, yang bisa dilakukan oleh berbagai usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa atau bahkan yang berusia lanjut. Olahraga renang juga tidak berhenti saat kita berenang dari ujung yang satu ke ujung yang lain. Namun dalam olahraga renang terdapat olahraga lain yang dapat dimainkan saat kita masih berada di dalam air, seperti polo air. 

Olahraga renang memang berbeda dengan olahraga lainnya yang dilakukan di darat. Renang termasuk olahraga yang memerlukan air, sehingga kita tidak akan merasa kepanasan atau pun mengeluarkan keringat. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa begitu banyak orang yang memilih melakukan olahraga renang. Akan tetapi sebenarnya olahraga renang juga bagus untuk kesehatan kita, loh! Penasaran mengapa renang baik untuk kesehatan? Yuk langsung saja simak penjelasannya.

Alasan Berenang Baik Untuk Kesehatan

Olahraga renang memang merupakan olahraga yang ringan, berbeda dengan olahraga angkat beban atau sepak bola. Akan tetapi manfaat yang dibawa dari olahraga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kita. Inilah beberapa alasan mengapa berenang baik untuk kesehatan kita.

1. Menggerakkan Seluruh Badan

Melakukan olahraga renang seperti kita mendapatkan semua manfaat dari keseluruhan paket namun hanya membayar 1x saja. Hal ini karena dengan berenang kita menggerakkan seluruh anggota tubuh kita. Dari kepala sampai kaki, semua ikut bergerak saat kita berenang. Berbeda dengan olahraga angkat beban misalnya, bagian badan yang paling banyak bergerak adalah tangan, perut dan kaki saja. Meskipun terlihat seperti bermain-main karena berenang adalah olahraga yang menyenangkan, namun berenang juga dapat mengencangkan otot-otot kamu. Selain itu berenang juga membantu membangun kekuatan dan ketahanan. Hal ini karena media air juga memberikan resistensi yang lembut, yang akan membuat seluruh otot kamu bergerak untuk menggerakkan tubuhmu dalam air.

2. Menyehatkan Sistem Cardiovascular

Tidak hanya menyehatkan tubuh bagian luar, berenang juga menyehatkan tubuh atau organ bagian dalam. Berenang membantu meningkatkan detak jantung kamu tanpa membuat tubuh merasa stres. Berenang juga membantu menguatkan fungsi hati dan paru-paru kamu. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa berenang membantu mengurangi risiko kematian. Selain itu berenang juga membantu mengontrol gula darah dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Alat Olahraga dan Fungsinya

3. Merupakan Olahraga Ringan

Oleh karena renang tergolong olahraga yang ringan, olahraga ini cocok dilakukan oleh orang-orang yang mengalami cedera. Bahkan tidak jarang dokter menyarankan pasiennya untuk berolahraga renang saat mereka sedang cedera. Misalnya orang dengan radang sendi yang sulit untuk bergerak dan tidak diperbolehkan melakukan olahraga yang berat. Mereka dengan keterbatasan dan cedera lainnya juga dianjurkan untuk melakukan olahraga renang karena berenang dapat membantu pemulihan seseorang dari cedera. 

Masih ingat bahwa olahraga renang membantu menguatkan paru-paru? Benar, orang yang memiliki asma menjadi terbantu saat mereka harus melakukan olahraga renang. Adanya latihan pernapasan dalam berenang seperti menahan napas dapat membantu memperluas kapasitas paru-paru dan memberikan kendali atas pernapasan kamu. 

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan untuk kamu yang mengalami asma. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bubuk kimia untuk merawat kolam (yaitu klorin) akan berpotensi meningkatkan risiko asma. Jadi ada baiknya sebelum kamu berenang konsultasikanlah kepada dokter atau kamu dapat mencari kolam renang yang menggunakan air asin sebagai pengganti dari klorin.

Baca Juga: 10 Jenis Olahraga yang Dapat Membakar Banyak Kalori

4. Menjaga Kesehatan Mental

Selain menjaga bagian-bagian tubuh fisik, berenang juga membantu menjaga kesehatan mental kamu, loh. Para peneliti melakukan survei kepada 101 orang dari kelompok perenang di Taiwan. Survei dilakukan sebelum dan sesudah mereka berenang dengan menanyakan perasaan depresi dan stres yang mereka alami, yang berkaitan dengan kehidupan mereka yang serba cepat. Sebelum berenang, ada 44 orang melaporkan bahwa mereka mengalami perasaan depresi dan stres. Namun setelah mereka berenang, orang yang merasakannya berkurang menjadi 8 orang saja. Selain itu olahraga renang juga dapat meningkatkan mood seseorang. Tidak hanya bagi mereka yang menderita berbagai penyakit namun juga bagi orang biasa. 

Baca Juga: Mengenal Vinyasa Flow Yoga yang Cocok untuk Pemula

5. Membakar Kalori

Dalam membakar kalori, olahraga renang tidak kalah dari olahraga yang lainnya, kok. Seseorang yang memiliki berat 80 kg dapat membakar kalorinya hingga 423 kalori per jam dengan kecepatan yang rendah atau sedang. Pada kecepatan yang lebih tinggi, orang dengan berat yang sama dapat membakar sebanyak 715 kalori per jam. Jika kita bandingkan dengan orang yang berat sama berjalan dengan kecepatan 3,5 mil per jam selama 60 menit, orang tersebut hanya membakar kalori sebanyak 314. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya olahraga renang yang kamu lakukan juga efektif untuk membakar kalori dalam tubuh kamu. 

Bagaimana? Apakah kamu jadi tertarik untuk beralih ke olahraga renang? Selain menyenangkan, dampak yang dihasilkan juga sangat bermanfaat dan baik bagi kesehatan fisik maupun mental kita. Apabila kamu membutuhkan bantuan lainnya terkait kesehatan mental kamu dan olahraga lainnya yang ingin kamu coba lakukan, STRONGBEE dapat menjadi pilihan yang tepat. Sudah banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya STRONGBEE. Lebih dari 10.000 orang telah menggunakan STRONGBEE sebagai pilihan mereka dalam membangun kesehatan dan ini saatnya kamu untuk menjadi bagian dari kami. Kunjungi websitenya di sini atau kamu bisa download aplikasinya di Hp kamu, klik di sini

Sumber :

12 Benefits of Swimming: Weight Loss, Health, and More (healthline.com)

Public Health Professionals | Healthy Swimming | Healthy Water | CDC

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.