Mengapa Otot Perlu Kelenturan dan Tipsnya

Pernahkah kamu mengalami sakit pada telapak kaki setelah bangun dari posisi duduk dalam waktu yang cukup lama? Jika pernah, ini berarti otot kamu tidak lagi berada pada kelenturan yang seharusnya. Apalagi dengan adanya pandemi yang mengharuskan kita melakukan semua kegiatan dari rumah, kita jadi terus duduk di depan layar komputer atau laptop kita seharian penuh. Kita hanya bangun saat jam istirahat atau untuk pergi ke toilet. Inilah yang menjadi alasan mengapa otot kita menjadi kaku. Meskipun kita tidak berolahraga, namun kelenturan otot kita tetap harus dijaga supaya saat kita sedang berjalan, duduk dan melakukan kegiatan ringan lainnya, otot kita tetap dapat digunakan dengan baik.

Alasan Otot Perlu Dijaga Kelenturannya

Menjaga kelenturan otot kita tidak hanya perlu dilakukan oleh atlet-atlet olahraga saja, tetapi setiap manusia yang ada di dunia ini harus sadar mengenai pentingnya menjaga kelenturan otot mereka. Berikut beberapa alasan mengapa kelenturan otot perlu dijaga.

1. Untuk Mempertahankan Rentang Gerak Persendian (ROM)

Rentang gerak persendian atau range of motion adalah jangkauan atau jumlah maksimum yang mungkin dilakukan oleh persendian kita. Menjaga kelenturan akan membantu menjaga jangkauan maksimal yang dapat dilakukan oleh sendi. Jika otot kita mulai kaku maka jangkauan gerak dari persendian kita semakin sedikit. Jika semakin sedikit, maka pergerakan atau aktivitas yang bisa kita lakukan juga semakin sedikit.

2. Untuk Menghindari Cedera

Menjaga kelenturan juga akan menghindarkan kita dari cedera yang diakibatkan dari adanya ROM yang semakin sedikit. Selain itu dengan adanya pergerakan yang tiba-tiba juga dapat membuat kita cedera. Saat kita melakukan pemanasan tanpa peregangan secara perlahan, hal ini juga dapat mengakibatkan cedera yang tidak kita inginkan. Cedera ini diakibatkan dari jangkauan gerak persendian yang telah melebihi jangkauannya. 

Baca Juga: 10 Gerakan Yoga untuk Sakit Pinggang

3. Untuk Menjaga Keseimbangan Tubuh

Tahukah kamu bahwa kelenturan otot kita juga menentukan keseimbangan tubuh kita? Setiap sendi yang ada dalam tubuh kita penting untuk membantu kita memiliki keseimbangan tubuh seperti berdiri, duduk, mengangkat suatu barang dengan tangan, dan lain sebagainya. Bayangkan jika kita tidak memiliki kelenturan otot, apa yang akan terjadi pada kita? Kelenturan otot yang hilang akan membuat kita tidak bisa berdiri, berjalan atau melakukan hal sederhana dan penting yang harus kita lakukan sehari-hari.

Dengan menjaga fleksibilitas dari otot kita, berarti kita juga sedang menjaga kesehatan mental kita. Why? Saat kamu melakukan suatu gerakan atau olahraga, kamu akan mengeluarkan tenaga sebagai cara untuk mengurangi stres, jadi hal ini akan membantu menjernihkan pikiranmu Bahkan menjaga kelenturan otot kita saat kita melakukan peregangan membantu kita untuk bernapas dengan lebih efektif. 

Tips Menjaga Kelenturan Otot

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelenturan otot-otot kamu.

1. Rutin Melakukan Peregangan

Tidak bisa tidak dan tidak ada jalan pintas, kamu harus melakukan peregangan secara rutin agar kelenturan otot dapat terjamin. Namun kamu perlu mengingat bahwa saat kamu melakukan peregangan rutin, hasil yang diinginkan tidak akan langsung terlihat. Setelah beberapa hari kamu melakukan peregangan, kamu tidak akan langsung jadi fleksibel. Prosesnya bergantung pada persendian setiap orang. Ada yang membutuhkan waktu yang sebentar tapi ada juga yang membutuhkan waktu lama sampai otot mereka menjadi lentur.

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Menjalankan Tugasnya

2. Peregangan Dinamis, Bukan Statis

Melakukan peregangan dinamis seperti high knees dan front swings akan membantu kamu lebih banyak mengendurkan otot-otot yang mulai kaku. Meskipun peregangan statis juga dapat mengendurkan otot, namun dengan banyak pergerakan dari gerakan dinamis, maka peregangan otot nantinya akan lebih efektif.

3. Dengarkan Tubuhmu

Saat kamu melakukan peregangan, pastikan kamu mendengarkan sinyal-sinyal yang telah dikeluarkan oleh tubuhmu. Jika saat kamu melakukan peregangan kamu merasakan kesakitan, maka kamu bisa berhenti melakukannya. Jangan sampai peregangan yang kamu lakukan justru membuat kamu menderita kesakitan yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Tips Diet Defisit Kalori yang Benar agar Tetap Sehat

4. Jaga Kelenturan Seluruh Tubuh

Saat kamu melakukan peregangan, pastikan seluruh bagian dari tubuh kamu juga ikut merasakan peregangan yang ada. Hal ini karena semua bagian dalam tubuh kita sangat penting. Meskipun tidak terlihat oleh mata kita, bukan berarti persendian dari tubuh kita tidak penting. Justru yang terlihat paling tidak penting, merupakan bagian yang paling penting dalam tubuh kita.

5. Mengatur Pernafasan

Dalam melakukan peregangan, jangan lupa untuk mengatur pernapasan kita. Menguasai pernapasan kita akan membantu kita bernapas secara efektif, sehingga dalam kehidupan kita setiap harinya kita dapat bernapas dengan lebih baik. Hal ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan untuk menjaga seluruh keseimbangan tubuh kita.

Jadi apakah kamu sudah mengerti mengapa menjaga kelenturan otot sangat penting dalam hidup kita? Semoga kamu jadi dapat lebih menghargai persendian yang tidak terlihat ini, sehingga kamu jadi lebih sadar untuk menjaga kesehatanmu. Melakukan beberapa tips di atas akan membantu kamu untuk menjaga kelenturan tubuhmu. Jika kamu ingin melakukan setiap latihan dengan benar agar tidak terjadi cedera dan hal lain yang tidak diinginkan, kamu dapat memilih personal trainer yang sudah sangat mengerti bagaimana cara melakukan gerakan peregangan dengan benar. Gunakan STRONGBEE untuk menemukan personal trainer yang tepat dan kunjungi  website kami sekarang di sini.

Sumber:

The importance of stretching – Harvard Health

Why is Flexibility Important? – Yoga Rove

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.