7 Manfaat Senam Aerobik Setiap Hari dengan Konsisten

Home » Fitness » 7 Manfaat Senam Aerobik Setiap Hari dengan Konsisten

Salah satu olahraga yang digemari oleh seluruh kalangan usia adalah senam aerobik. Gerakan yang sederhana dan mudah diikuti dan iringan musik yang catchy membuat banyak orang senang melakukan olahraga ini. Ada pula manfaat senam aerobik yang bisa dirasakan jika dilakukan dengan konsisten.

Di Indonesia, senam aerobik sudah ada sejak tahun 1980-an dan dikenal dengan istilah fit aerobics kala itu. Popularitas senam aerobik mulai meningkat, bahkan menjadi rutinitas di sekolah atau perusahaan untuk meningkatkan kebugaran. Baik anak-anak maupun orang dewasa, hampir semua orang melakukan senam aerobik untuk menjaga kesehatan tubuhnya. 

Manfaat Senam Aerobik Setiap Hari yang Bisa Dirasakan

Sesuai namanya, senam aerobik berarti senam dengan menggunakan kontrol oksigen. Saat anggota tubuhnya bergerak, sistem pernafasan akan mengontrol oksigen yang masuk dan membantu otot-otot di tubuh juga bekerja. 

Jenis senam ini termasuk juga dalam latihan kardio karena melibatkan kinerja jantung dan paru-paru. Kinerja kedua organ tubuh tersebut akan meningkat dan terus bekerja dalam waktu yang lama. Senam aerobik cocok dilakukan bagi yang ingin mencari alternatif latihan kardio,  di samping berenang, jogging, bersepeda, dan lain-lain.

Banyak sekali manfaat senam aerobik setiap hari yang bisa didapatkan, meskipun hanya menggerakkan bagian tubuh sesuai dengan irama. Manfaat kesehatannya tidak terbatas di fisik, tapi juga berpengaruh pada kesehatan mental kita. Simak penjelasan dari STRONGBEE berikut mengenai manfaat senam aerobik jika dilakukan dengan rutin dan teratur.

1. Mengurangi Stress

Di zaman yang semakin mengutamakan kesehatan mental ini, tidak ada salahnya melakukan senam aerobik untuk menghilangkan stress. Ini adalah manfaat tersembunyi dari senam aerobik, yaitu menjaga kesehatan mental kita. Tidak hanya stress, orang yang mengalami anxiety, depresi, dan beberapa masalah mental lainnya bisa mengalihkan pikiran mereka dengan melakukan senam aerobik.

Senam aerobik membantu otak mengeluarkan hormon dopamin dalam tubuh kita. Hormon dopamin bisa meningkatkan emosi manusia menjadi lebih bahagia dan puas, salah satu cara mengeluarkannya adalah melakukan aktivitas fisik seperti senam ini. Penderita anxiety dan depresi bisa mengurangi gejala kesehatan mentalnya dengan melakukan senam aerobik. 

Kepercayaan diri manusia pun meningkat dengan adanya hormon ini. Mereka akan merasa lebih baik secara emosional dan lebih bugar secara fisik. Sesuai dengan peribahasa sambil menyelam minum air, bukan?

Baca Juga: Beberapa Jenis Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil

2. Mengontrol Berat Badan

Senam aerobik juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk mengontrol berat berat badan yang efektif. Kalau Anda ingin menurunkan berat badan tapi tidak punya waktu luang yang banyak, coba saja lakukan olahraga ini selama 30-60 menit setiap harinya. Jumlah kalori yang terbakar juga cukup besar, karena kinerja jantung juga semakin meningkat.

Tentunya, jangan lupakan pola makan dan gaya hidup yang benar jika ingin berhasil menurunkan berat badan. Apabila hanya mengandalkan senam aerobik, bukan tidak mungkin masalah kesehatan akan muncul nantinya.

3. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan karena lemahnya kinerja jantung yang lemah. Senam aerobik bisa meningkatkan kinerja jantung sehingga bisa mengurangi tekanan darah di dalamnya. Jantung juga bekerja seperti otot, jadi senam aerobik akan melatih kekuatan jantung tersebut. Semakin dilatih, jantung pun semakin kuat dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa membawa masalah yang lebih besar, salah satunya adalah serangan jantung. Penderita hipertensi setidaknya harus melakukan senam aerobik selama 150 menit per minggunya. Hasilnya bisa dilihat jika rutin melakukan olahraga ini selama 6 minggu.

Baca Juga: Mencoba Berbagai Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung

4. Meningkatkan Sistem Imun

Olahraga setiap hari bisa mengurangi resiko terjangkitnya penyakit, termasuk pula melakukan senam aerobik. Saat melakukan senam aerobik, sistem pernafasan kita semakin meningkat. Alhasil, paru-paru kita aman dari bakteri dan virus yang bisa menyebabkan penyakit.

Suhu tubuh kita juga meningkat saat melakukan senam aerobik. Ini juga menjadi sistem imun yang mampu melawan bakteri penyebab penyakit. Kinerja jantung dan aliran darah yang meningkat akan mengeluarkan sel darah putih atau antibodi. Sel darah putih ini juga berguna untuk melawan virus dalam tubuh kita.

Yang paling penting adalah, hormon penyebab stress pun bisa berkurang dengan melakukan senam aerobik. Saat sedang stress, tubuh kita tidak mampu melawan infeksi yang masuk sehingga mudah terkena penyakit. Jadi, melakukan senam aerobik setiap hari bisa mengurangi stress sekaligus penyakit dalam tubuh kita.

5. Meningkatkan Metabolisme

Senam aerobik juga bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita. Jumlah kalori yang terbakar menentukan tingkat metabolisme tubuh, apakah semakin berkurang atau semakin bertambah. Kalori yang tidak digunakan bisa menjadi lemak di beberapa bagian tubuh.

Fungsi metabolis tubuh juga semakin bekerja dengan baik jika melakukan senam aerobik tiap harinya. Semakin cepat kalorinya terbakar, lemak dalam tubuh kita berkurang sehingga mampu mencapai berat badan ideal.

Baca Juga: Mari Coba Ikuti Olahraga untuk Pemula Di Rumah Berikut Ini

6. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol dalam tubuh ada dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL). Senam aerobik akan meningkatkan kadar HDL yang bisa membantu kinerja jantung kita serta menjaga kebersihan pembuluh arteri.

LDL akan menyumbat pembuluh darah arteri dan bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke atau serangan jantung. Olahraga aerobik yang teratur akan mengimbangi kedua kadar kolesterol tersebut dan tentunya meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Terakhir, kesehatan tulang dalam tubuh juga terjaga jika melakukan senam aerobik. Itulah alasan kita tidak jarang melihat lansia melakukan senam aerobik, supaya tulang mereka tetap kuat dan tidak keropos.

Senam aerobik menghasilkan massa tulang yang membuatnya tidak mudah keropos. Cara kerjanya sama dengan melatih otot, semakin rajin latihannya, massanya juga semakin besar. Massa tulang yang lebih banyak akan membuat tulang semakin kuat, sehingga terbebas dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

Setelah mengetahui manfaat senam aerobik setiap hari, Anda jadi semakin tertarik untuk melakukannya bukan? Jika ingin mengetahui panduan gerakan untuk senam aerobik, Anda bisa men-download aplikasi STRONGBEE di PlayStore yang memiliki fitur kesehatan terlengkap.

 

Sumber:

https://www.fitandme.com/benefits-of-aerobic-exercise/

https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7050-aerobic-exercise 

https://refit.co.id/sejarah-senam-aerobik/

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.