Kenali Berbagai Manfaat HIIT Cardio bagi Tubuh Berikut Ini

Home » Fitness » Kenali Berbagai Manfaat HIIT Cardio bagi Tubuh Berikut Ini

Mengenali manfaat HIIT cardio akan bisa membantu kamu memahami hasil apa yang bisa didapatkan nantinya. Dalam menjaga kesehatan tubuh, ada banyak bentuk aktivitas fisik yang bisa dilakukan. Latihan HIIT cardio menjadi salah satu bentuk olahraga yang banyak dipilih sebagai cara untuk bisa mendapatkan tubuh yang bugar dengan efektif dan juga cepat. Bagi kamu yang belum tahu mengenai olahraga yang satu ini, mungkin berbagai informasi di bawah ini akan bisa membantu. Siapa tahu kamu juga tertarik untuk mencobanya.

Manfaat HIIT Cardio bagi Tubuh

HIIT adalah sebuah bentuk latihan yang terdiri latihan intens dalam waktu yang sangat singkat sebelum masuk ke latihan intensitas ringan ataupun istirahat. Periode latihan intens ini bisa bervariasi, namun secara umum akan kurang dari 45 detik hingga beberapa menit. Setelah melakukan HIIT Orang-orang kemudian beristirahat atau melakukan latihan ringan untuk jangka waktu yang sama sebelum mengulangi urutannya kembali. Seluruh latihan HIIT bila dijumlahkan hanya akan berlangsung dengan singkat, sekitar 15-20 menit, tetapi memberikan berbagai manfaat. Durasinya yang singkat dapat menjadikannya pilihan yang sangat praktis dan efektif bagi orang-orang yang merasa sulit untuk berkomitmen pada sesi latihan yang lebih lama. Jenis latihan ini juga tidak memerlukan peralatan ruangan khusus, sehingga orang dapat melakukannya di mana saja pada waktu yang bisa disesuaikan.

Beberapa manfaat yang akan bisa Anda rasakan setelah melaksanakan latihan ini adalah sebagai berikut.

1. Membakar Banyak Kalori dalam Waktu Singkat

Anda dapat membakar kalori dengan cepat menggunakan latihan yang intens ini. Dalam sebuah studi, peneliti membandingkan kalori yang terbakar selama 30 menit setiap HIIT, latihan beban, lari dan bersepeda. HIIT diketahui dapat membakar 25-30% lebih banyak kalori daripada bentuk olahraga lainnya. Olahraga ini memungkinkan kamu untuk membakar jumlah kalori yang sama, tetapi menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berolahraga.

2. Tingkat Metabolisme yang Tinggi Setelah Berolahraga

Kemampuan HIIT untuk meningkatkan metabolisme jauh lebih baik dibandingkan jogging ataupun latihan angkat beban. Hal ini dipengaruhi karena latihan intens yang dilakukan dengan jeda istirahat yang tidak terlalu lama. Kalori akan tetap terbakar beberapa saat walaupun latihan sudah selesai dilakukan.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Harus Cobain Pilates

3. Membantu Dalam Mengurangi Lemak dan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang mencari bentuk olahraga yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat, maka HIIT adalah sesuatu yang harus kamu coba. British Journal of Sports Medicine menganalisis 77 studi ilmiah. Dari hal tersebut ditemukan bahwa orang yang melakukan latihan HIIT akan bisa kehilangan 28,5% lebih banyak lemak daripada orang yang melakukan latihan terus menerus dengan intensitas sedang, seperti berlari. Lemak dan kalori di dalam tubuh akan bisa dikurangi dengan cepat melalui serangkaian latihan intens yang cepat ini.

Baca Juga: 4 Zat Aditif yang Perlu Dihindari

4. Bangun Banyak Otot Melalui HIIT

HIIT akan menggunakan banyak macam gerakan untuk bisa membakar kalori dalam tubuh. Hal ini memungkinkan kamu untuk melatih kelompok otot yang berbeda secara bersamaan dalam satu sesi olahraga. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di Endocrine Connections mendapatkan hasil bahwa program HIIT yang dilakukan selama enam minggu mampu meningkatkan kekuatan otot pada pria. Hal ini diukur dengan output daya puncak/peak power output (PPO). Sebelum program HIIT, rata-rata PPO absolut pria adalah 799 watt, dan setelah latihan menjadi 865 watt, meningkat sekitar 8%. Hal ini tentu akan bisa membantu kamu menghemat waktu latihan berbagai bagian otot yang lain karena bisa dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Tentang Gula

5. Menurunkan Tekanan Darah dan Gula Darah

Ini menjadi salah satu dampak jangka panjang yang akan bisa didapatkan setelah menjalani latihan intens ini. HIIT akan bisa membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah, yang mana keduanya adalah faktor risiko penyakit jantung. Berbagai studi menyebutkan jika kita menjalankan latihan ini dengan teratur, maka secara efektif akan bisa membantu menurunkan kedua hal tersebut.

Contoh Latihan HIIT

Berikut adalah beberapa contoh sederhana dari latihan HIIT yang bisa Anda coba:

Bila memiliki sepeda stasioner, mengayuhlah sekuat dan secepat mungkin selama 30 detik. Kemudian, kayuh dengan kecepatan yang lambat dan santai selama dua hingga empat menit. Ulangi pola ini selama 15 hingga 30 menit.

Sprint secepat mungkin selama 15 detik. Kemudian, berjalan atau jogging dengan kecepatan lambat selama satu hingga dua menit. Ulangi pola ini selama 10 hingga 20 menit. Lakukan pemanasan dengan benar agar tidak kram ketika melakukan latihan ini.

Lakukan lompatan jongkok/squat secepat mungkin dalam waktu 30 hingga 90 detik. Kemudian, berdiri atau berjalan selama 30 hingga 90 detik. Ulangi pola ini selama 10 hingga 20 menit.

Itulah manfaat HIIT cardio bagi tubuh. Latihan intens ini sangat cocok buat kamu yang hanya punya waktu singkat untuk beristirahat atau kurang nyaman dengan latihan yang berdurasi lama. Semoga informasi ini bisa berguna dalam membentuk tubuh yang sehat. STRONGBEE juga dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sumber: 

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-hiit#TOC_TITLE_HDR_10

https://www.insider.com/benefits-of-hiit

https://www.medicalnewstoday.com/articles/327474#benefits

 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.