9 Cara Membentuk Otot Perut untuk Pemula

Bagi kamu yang sangat ingin memiliki otot perut yang six pack, ternyata melakukan banyak kegiatan dan aktivitas olahraga untuk mendapatkan bentuk otot perut yang six pack masih belum cukup. Untuk membentuk otot perut yang six pack, kamu juga perlu melakukan serta memerhatikan banyak hal lainnya. Karena sebenarnya masih ada banyak cara membentuk otot perut yang baik untuk pemula.

Jika kamu sendiri memang memiliki komitmen yang kuat untuk bisa mendapatkan otot perut hingga six pack, kamu memang harus bisa menunjukkan kerja keras dan dedikasi. Tidak hanya melakukan latihan yang berat, namun juga harus mengubah gaya hidup secara menyeluruh. Itulah mengapa menu makanan juga menjadi bagian dalam cara membentuk otot perut hingga six pack yang harus kamu perhatikan.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk membentuk otot perut? STRONGBEE memiliki beberapa cara yang dapat kamu ikuti di bawah ini.

Pilihan Cara Membentuk Otot Perut yang Baik untuk Pemula

Ada berbagai pilihan cara untuk kamu ikuti di dalam program membentuk otot perut. Beberapa cara ini sendiri memang ditujukan bagi pemula. Jadi kalau kamu terhitung masih pemula, jangan ragu untuk mencobanya. Tapi kalau kamu memang sedang dalam program membentuk otot perut, sebenarnya juga tetap bisa mengikuti cara-cara dari STRONGBEE.

1. Lakukan Gerakan Kardio

Kardio memang lebih sering dikenal sebagai olahraga aerobik karena fokus kepada membakar kalori dan lemak di dalam tubuh kamu. Walaupun memang terkesan bahwa kardio untuk seluruh bagian tubuh, tetap saja gerakan-gerakan kardio ini juga sangat efektif untuk membentuk otot perut di rumah maupun di Gym.

Kardio dinilai mampu menghilangkan lemak di bagian perut. Itulah mengapa otot abdominal dapat lebih mudah terlihat. Beberapa latihan kardio yang dapat kamu pilih, seperti running, berjalan, berenang, hingga bersepeda.

2. Fokus ke Otot Perut

Otot perut atau otot abdominal menjadi bagian penting untuk kamu latih terus agar makin terbentuk. Beberapa latihan yang dapat dicoba agar fokus ke otot abdominal adalah sit-up dan planks. Kamu perlu melakukan latihan itu setiap hari. Tapi tetap harus melakukan beberapa latihan lainnya agar otot perut dapat semakin terbentuk dengan maksimal.

Masalahnya, banyak yang salah kaprah bahwa hanya dengan sit-up dan planks saja sudah cukup membentuk otot perut. Sudah jelas itu merupakan anggapan yang salah besar.

3. Konsumsi Protein Lebih Banyak

Makanan yang memiliki protein tinggi memang patut untuk kamu konsumsi setiap hari. Ada berbagai jenis makanan yang dapat kamu pilih dengan protein tinggi. Dimulai dari daging sapi, babi, domba, ayam, kalkun, bebek, tuna, salmon, sarden, mackerel, telur, susu, keju, keju cottage, quark, yogurt, tahu, lentil, hingga kacang-kacangan.

Biasanya, ketika kamu makan protein dalam jumlah lebih banyak, lemak dan berat badan akan menurun. Namun hal ini pertanda bagus karena dapat membantu proses membentuk otot perut menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Cara Melakukan Kardio Di Rumah Untuk Pemula

4. Coba HIIT

HIIT atau High-Intensity Interval Training adalah salah satu bentuk latihan olahraga yang mengandalkan intensitas gerakan dalam jangka waktu pendek. HIIT dinilai mampu meningkatkan proses pembakaran lemak di tubuh.

Jika kamu memasukkan HIIT sebagai salah satu program untuk membentuk otot perut, maka menjadi jauh lebih mudah lagi lagi. Salah satu cara paling mudah dalam melakukan HIIT adalah kombinasi berjalan-lari setiap 20-30 detik. Lakukan ini selama 30 menit setiap hari agar semakin membuat proses pembentukan otot perut berjalan lancar. Selain itu, kamu juga bisa mencoba kombinasi jumping jacks-mountain climbers-burpees dalam jangka waktu seperti yang di atas.

5. Jangan Lupa Minum Air Putih

Air putih selalu menjadi minuman yang harus kamu minum setiap hari dengan jumlah mencukupi. Dengan tetap terhidrasi, proses metabolisme tubuh dalam membakar lemak di perut menjadi lebih mudah. Apalagi setelah melakukan olahraga.

Namun kamu jangan sampai salah. Kebutuhan air putih selalu berbeda, sesuai dengan usia, berat badan, dan level aktivitas Anda. Paling standar adalah minum 2 liter per hari agar tetap terhidrasi dengan baik.

6. Hindari Makanan yang Diproses

Saat ini banyak sekali makanan yang diproses dan dapat kamu beli dengan mudah. Rasa yang dihadirkan juga cukup enak sehingga kamu sering mengonsumsinya. Contohnya seperti cookies, sereal, bagel, pizza, sosis, makanan beku, hingga fruit bars.

Memang, dengan memasak atau memakan makanan di atas, kamu bisa lebih cepat kenyang dengan rasa nikmat. Namun efek yang dihadirkan dalam program membentuk otot perut sungguh jelek. Makanan seperti itu sangat kurang dari sisi serat, vitamin, protein, dan mineral. Lemak di perut juga dapat muncul lebih banyak lagi.

7. Buat Tubuh Tetap Terhidrasi dengan Baik

Air mineral merupakan salah satu unsur paling penting yang harus dipenuhi setiap individu. Konsumsi air mineral memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena dapat memenuhi kebutuhan cairan serta membuat tubuh tetap terhidrasi. Selain itu air mineral juga memiliki manfaat yang baik dalam upaya kamu dalam membentuk otot perut.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik karena rutin mengkonsumsi air mineral yang cukup, dapat membantu meningkatkan metabolisme, membakar lemak di dalam perut, serta dapat membantu kamu untuk lebih mudah dalam mendapatkan dan membentuk otot perut yang ideal.

Selain dapat membantu kamu dalam membentuk otot perut yang ideal, konsumsi air mineral juga dapat membantu kamu untuk dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan efektivitas penurunan berat badan. Sebaiknya kamu mengkonsumsi air mineral dengan rata-rata 1,5 sampai 2,5 liter setiap harinya agar membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

8. Lakukan Gerakan Mountain Climber

Salah satu aktivitas untuk membentuk otot perut di rumah adalah dengan melakukan gerakan mountain climber. Gerakan ini termasuk kedalam gerakan latihan otot, karena dapat melatih kekuatan otot bagian perut, tangan, dan juga kaki. Kamu bisa memulai gerakan ini dalam posisi push-up, lengan lurus dengan satu lutut di antara siku, dan kaki berada di belakang. Angkat kedua kaki secara bergantian dengan malakukan gerakan seperti memanjat dengan telapak tangan sebagai tumpuan.

Nantinya dengan melakukan latihan otot mountain climber ini, otot perut akan terasa seperti ditarik. Seiring berjalannya waktu pun, bentuk perut juga akan berubah. Untuk mengubah bentuk perut dengan melakukan gerakan mountain climber ini pun tidak instan, jadi lakukan gerakan ini dengan penuh konsisten.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Yoga dan Pilates yang Jarang Orang Pahami

9. Banyak Makan Serat

Semakin banyak makan serat, maka akan memberikan keuntungan besar dalam membuat perut lebih kurus dan berbentuk. Beberapa makanan yang banyak serat adalah selada, lobak, wortel mentah, bengkoang, bayam, jamur, pepaya, jeruk, kiwi, pisang, apel, buah pir, mangga, dan buah nangka.

Kamu dapat melihat bahwa makanan yang banyak serat memang hanya buah-buahan dan sayur-sayuran. Itulah mengapa kamu jangan sampai meninggalkan makanan penuh serat ini.

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara membentuk otot perut yang baik untuk pemula. Selain mengikuti cara-cara di atas, kamu juga harus sabar agar proses pembentukan otot perut berjalan sempurna.

Jika saat ini kamu sedang mencari cara berolahraga yang seru, mudah, dan aman, telah hadir STRONGBEE yang dapat memberikan kamu dukungan Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk merasakan pola olahraga yang efektif. Yuk kunjungi STRONGBEE sekarang juga!

Recommended For You

Serotonin Serenity: How to Naturally Elevate Your Mood

7 Key to Workout Motivation in 2024

social-media-break

The Power of Taking a Social Media Break

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.