5 Pantangan Makanan untuk Membentuk Otot

Home » Healthy Tips » 5 Pantangan Makanan untuk Membentuk Otot

Ada beberapa pantangan makanan untuk membentuk otot yang harus kamu perhatikan. Tidak cukup hanya sekedar melakukan latihan fisik seperti angkat beban ataupun olahraga berat lainnya, makanan dan diet yang terstruktur dapat membantu kamu membentuk badan yang fit dan berotot. Asupan nutrisi seimbang adalah kuncinya. Berikut ini adalah informasi mengenai berbagai pantangan makanan yang harus dihindari ketika ingin membentuk otot. Tentu kita tidak ingin usaha yang dilakukan akan menjadi sia-sia karena salah mengkonsumsi makanan.

Pantangan Makanan untuk Membentuk Otot

Latihan yang rutin, tidur yang cukup, dan asupan nutrisi yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan badan yang bagus dan memiliki otot. Jika salah satunya tidak bisa dipenuhi maka hasil akhir yang didapatkan tidak akan maksimal. Makanan ini akan berperan dalam pembentukan massa otot, salah satu hal yang akan mempengaruhi besar kecilnya tenaga yang dikeluarkan ketika beraktivitas.

Nutrisi Untuk Membangun Otot

Untuk membentuk otot, tubuh akan memerlukan beberapa nutrisi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Protein mengandung asam amino yang diproduksi dan tidak diproduksi oleh tubuh. Itulah mengapa penting untuk memiliki mengkonsumsi protein pasca-latihan untuk memulihkan makronutrien pembentuk otot ini.

2. Kalsium

Kalsium tidak hanya membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Namun menjadi salah satu mineral bertanggung jawab untuk memicu kontraksi otot. Sehingga nutrisi ini menjadi salah satu bahan bakar agar otot bisa bekerja dengan baik.

3. Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu bahan pembangun otot terbaik. Ini adalah nutrisi utama untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot. Menjadi sumber glikogen terbaik, karbohidrat membantu memicu latihan Anda dan membangun kembali otot secara lebih efektif setelah latihan.

Baca Juga: 6 Cara Membentuk Otot Tricep Anda dengan Peralatan Gym

4. Zat Besi

Zat besi menjadi mineral yang akan membawa oksigen ke jaringan otot, sekaligus membantu mengatur metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tanpa zat besi yang cukup, sel darah merah tidak dapat membawa oksigen ke otot dan jaringan yang membutuhkannya.

5. Magnesium

Kekurangan magnesium bisa jadi penyebab mengapa kamu sering lelah. Sebagai salah satu mineral penghilang stres terbaik, magnesium juga sangat penting untuk relaksasi otot dan mencegah kram. Sehingga sangat bagus mengkonsumsi makanan yang kaya akan elektrolit ini.

7. Kalium

Kalium adalah elektrolit kunci dalam proses kontraksi otot, sekaligus berperan penting dalam membawa nutrisi lain ke otot. Kalium akan membawa air, bersama dengan nutrisi lain, ke dalam sel otot.

Nah itulah berbagai nutrisi yang akan dibutuhkan oleh otot agar bisa terbentuk dan berfungsi dengan baik. Usahakan jika makanan harian yang kamu konsumsi memiliki berbagai kandungan di atas.

Baca Juga: 5 Macam Makanan yang Menyehatkan Jantung

Makanan yang Harus Dhindari Agar Massa Otot tidak Berkurang

Jika kita sudah membahas berbagai nutrisi yang dibutuhkan, maka kini saatnya membahas makanan apa saja yang harus bisa dihindari agar massa otot tidak berkurang. Makanan-makanan tersebut adalah seperti berikut ini.

1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara teratur dapat memberikan lebih banyak tekanan pada tubuh, meningkatkan tuntutan antioksidan agar bekerja lebih keras dalam mengeluarkan alkohol dari tubuh. Antioksidan yang biasanya digunakan untuk membantu pemulihan otot malah digunakan untuk membantu memetabolisme alkohol.

2. Pemanis buatan

Tanpa nilai gizi apa pun, pemanis ini jauh lebih manis daripada gula membuat lidah kamu terbiasa dengan makanan yang lebih manis. Mereka tidak berkontribusi apa pun untuk mendapatkan otot dan harus dihindari karena berbagai alasan kesehatan lainnya.

3. Gorengan Berminyak

Walaupun lezat di lidah, makanan ini mengandung banyak lemak jahat yang tentunya sangat buruk bagi pembentukan otot. Ada banyak efek buruk lainnya untuk kesehatan yang membuatnya sebagai makanan yang harus kita kurangi konsumsinya.

Baca Juga: 10 Macam Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan

4. Es krim

Kandungan kalori, gula, dan lemak es krim yang tinggi menjadikannya pilihan makanan penutup yang tidak baik saat kamu ingin membentuk otot dan mendapatkan tubuh yang sehat. Menggunakan gula sintetis seperti sirup jagung sebagai bahan membuatnya juga ide yang buruk.

5. Makanan dari Tepung Serbaguna

Roti, kue, bahkan pasta yang dibuat dari tepung serbaguna ini adalah makanan yang memiliki kalori yang nilainya 0. Sehingga tidak ada gunanya bagi kamu yang sedang membangun otot untuk mengkonsumsinya. Akan lebih baik menghindarinya dan menggantinya dengan bahan yang lebih baik untuk otot kamu.

Makanan yang Baik Untuk Otot Anda

Ada banyak bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi agar proses menambahkan massa otot bisa berjalan dengan lancar. Mulai dari steak sirloin, daging giling, tenderloin dada ayam, salmon, nila, yogurt, keju, susu rendah lemak, kentang, jagung, kacang hijau, almond, kenari, buah-buahan dan masih banyak lagi.

Itulah informasi mengenai pantangan makanan untuk membentuk otot yang bisa kamu ikuti. Mari jaga pola makan dan latihan agar bisa mendapatkan badan yang diimpikan. Asal kita bisa serius dan konsisten, maka tidak ada hal yang sulit. STRONGBEE dapat memberikan kamu dukungan dalam bentuk Private Trainer, Health Practitioner, Sports Facilities (Studio, Gyms, Courts, dan lainnya) untuk bisa mendapatkan pola olahraga yang efektif dan efisien.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/bodybuilding-meal-plan#foods-to-eat-and-avoid

https://jovee.id/cegah-penurunan-massa-otot-dengan-pola-makan-sehat-ini/

https://www.mensjournal.com/food-drink/20-worst-foods-your-muscles/

 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Trending now

Yuk Olahraga di Akhir Pekan!

Wing Chun, Bela Diri “Lembut” Namun Berbahaya

Why you need to exercise (more)

Recently Posted

tags

Recommended For You

berapa kalori yang dibutuhkan saat diet

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet agar Cepat Kurus?

manfaat sepeda statis untuk perut

Manfaat Sepeda Statis untuk Perut serta Tips Efektifnya

waktu yang tepat untuk bersepeda

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bersepeda agar Tetap Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Stay in the loop

The workouts that you’ll be doing tomorrow, delivered to your inbox.
Group 81

Copyright 2021, STRONGBEE.


PT. Strongbee Bakti Indonesia. All Rights Reserved

Sign up and start shopping!
STRONGBEE Store provides nothing but the best products for your health and wellness needs.